Review Oppo Reno3: Kamera Maksimal untuk Semua Mode

Telset.id – Oppo meluncurkan produk terbarunya yaitu Reno3 di bulan Maret 2020 kemarin. Sebagaimana yang kita ketahui, seri Reno dari Oppo selalu mengunggulkan fitur kamera yang canggih, begitu pula pada perangkat Reno3 kali ini.

Datang dengan tagline Clear in Every Shot, Reno3 menjanjikan kemampuan kamera yang mumpuni pada semua mode fotografi. Dimana perangkat ini dibekali dengan dengan empat sensor kamera utama yang diusung, serta kamera selfie 44MP.

Namun, Oppo Reno3 ini sendiri bukan penerus dari Oppo Reno2 yang dirilis di tahun 2019 lalu. Oppo Reno3 justru menjadi penerus dari seri Oppo Reno2 F, yang juga pengganti dari Oppo F Series.

Kali ini Tim Telset.id akan menghadirkan review lengkap smartphone Oppo Reno3. Pastinya kami tak hanya mengulas kamera yang menjadi keunggulan Reno3, kami juga akan melakukan pengujian lengkap di semua aspek.  Penasaran dengan kemampuan keseluruhan dari perangkat ini? Simak review Oppo Reno3 berikut ini!

Desain

Desain Reno3 mungkin terlihat lebih konvensional dibandingkan seri sebelumnya yaitu Reno2 F. Tidak seperti generasi sebelumnya yang memiliki desain futuristik dengan dengan pop-up kamera selfie dan juga warna gradasi yang sangat memukau, Reno3 justru terlihat jauh lebih sederhana dari itu.

Reno3 hanya mengusung desain punch-hole pada bagian layar dan kamera selfie, mengesampingkan desain kamera selfie mekanikal dari generasi sebelumnya.

Reno3 sendiri sebenarnya mengusung konsep desain tema kilauan cahaya langit, dengan tiga pilihan warna yang dihadirkan yaitu Midnight Black, Sky White dan Auroral Blue. Untuk unit Oppo Reno3 yang kami review memiliki yaitu warna Midnight Black.

Warna yang ditampilkan benar-benar sederhana, hanya terlihat hitam glossy tanpa ada bentuk refeleksi cahaya yang biasanya dihadirkan oleh berbagai brand smartphone saat ini. Sehingga ini membuat Oppo Reno3 terlihat seperti smartphone warna-warna smartphone yang simple tiga tahun yang lalu.

 

Secara visual mungkin tidak begitu isimewa, namun yang jelas untuk urusan ergonomi, smartphone ini layak diapresiasi. Sebab Reno3 memiliki body yang terbilang sangat ramping untuk ukuran layar yang ditawarkan. Hal tersebut dapat dirasakan sejak pertama kali menggenggam perangkat ini.

Reno3 terasa sangat pas di genggaman, dimana perangkat ini memiliki ukuran dimensi 160,2×73,3 dengan ketebalan yang juga terbilang minim yaitu 7,9mm. Ini tentu lebih ramping dibandingkan dengan seri Reno2.

Dan body ramping ini tampaknya menjadi alasan mengapa Oppo tidak lagi menghadirkan konsep kamera selfie dengan sistem mekanikal. Karena sistem kamera mekanikal membutuhkan ruang yang lebih pada perangkat, yang tentunya bakal menambah ukuran dimensi perangkat itu sendiri.

Membahas desain tentu tak lengkap kalau tidak membahas soal layar. Sebab layar juga menjadi aspek yang dapat dilihat dari luar secara langsung. Untuk layarnya, Reno3 menggunakan panel AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FullHD+. Ini tentunya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Reno2 F yang menggunakan layar 6,5 inci.

Namun untuk rasio layarnya sudah lebih besar dari seri sebelumnya, dimana Reno3 mengusung rasio layar cinematic yaitu 20:9. Rasio Screen-to-Body-nya juga telah meningkat menjadi sekitar 90%, dari sebelumnya yaitu 85%. Ini juga membuat bezel pada smartphone lebh tipis.

Layar AMOLED ini juga tentunya memberikan visual yang memanjakan mata. Di lingkup Outdoor dengan pencahayaan yang terang, layar smartphone dengan tingkat kecerahan sangat tinggi ini dapat memberikan visibilitas yang sangat baik.

Tentunya warna yang dihasilkan terlihat sangat tajam. Layar smartphone ini juga sudah dibekali dengan fitur fingerprint under display, yang dapat membuka layar dengan hitungan 0,34 detik.

Sedangkan untuk penampang bagian belakang, seperti yang dibahas di awal, Reno3 terlihat sangat simpel. Hanya ada empat kamera yang tersusun di sudut kiri atas, dengan lampu LED flash berukuran besar di sisinya, serta logo OPPO yang terpasang di sudut kanan bawah. Pada bagian pinggir body perangkat melengkung ke bagian frame, sehingga membuat smartphone ini pas di buku-buku jari pengguna.

Beralih ke bagian slot dan tombol, Reno3 tetap menggunakan power di sisi sebelah kanan dan tombol volume di sebelah kiri. Di sisi kiri juga terdapat slot SIMcard dan MicroSD yang tersedia secara dedicated.

Lalu di sisi bagian bawah, ada lubang jack audio 3,5mm, Port USB Type C, microphone dan juga grill speaker. Di bagian atas terdapat pula microphone kedua, memastikan agar suara pengguna tidak terhalang saat melakukan panggilan telepon.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa desain dari Oppo Reno3 tidak lagi menonjolkan sisi estetika seperti seri sebelumnya. Tetapi Oppo Reno3 lebih menonjolkan sisi ergonomi atau kenyamanan pakai bagi penggunanya.

Apalagi Oppo memang ingin menawarkan pengalaman fotografi mobile yang mumpuni lewat smartphone barunya ini, maka kenyamanan pakai akan sangat berarti bagi pengguna saat melakukan aktivitas fotografi.

Oh iya, untuk paket penjualannya, Oppo Reno3 memiliki kelengkapan diantaranya seperti Buku Panduan & Kartu Garansi, Jelly Case, Adaptor Charger VOOC3.0 30W, Kabel USB Type-C, SIM ejectro dan juga headset.

BERIKUTNYA: SPESIFIKASI & PERFORMA ⇒

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Main Game dengan Realme Buds Q Diklaim Anti Delay

Telset.id, Jakarta - Realme baru saja meluncurkan perangkat TWS yang dinamai Realme Buds Q. Menariknya, Realme Buds Q telah...

Honor 30 Lite Debut dengan Chipset Dimensity 800

Telset.id - Honor barus saja merilis Honor 30 Lite, yang merupakan versi terbaru dari Honor 30 series. Smartphone ini...

Cara Merekam Layar PC Windows Pakai PowerPoint

Telset.id - Mungkin ada aplikasi-aplikasi khusus yang menawarkan fitur perekaman layar. Akan tetapi tentu kita perlu usaha mencari dan...

Masuki New Normal, Pengguna Telkomsel Makin Rajin Internetan

Telset.id, Jakarta – Masuki New Normal, penggunaan layanan internet atau payload pelanggan Telkomsel di wilayah operasional Jabotabek Jabar selama...

Realme 6i Bakal Meluncur di India, “Kloningan” Realme 6s

Telset.id, Jakarta  - Realme telah merilis produk realme 6i pada Maret lalu. Uniknya, produk tersebut dipasarkan di India dengan...
- Advertisement -