Review Samsung Galaxy Z Flip: Desain Futuristik, Performa Ciamik

Telset.id – Sejak pertama kali dipamerkan di San Francisco, Amerika Serikat, Samsung Galaxy Z Flip terlihat sangat menggoda. Namun harga Galaxy Z Flip sangat menguras isi kantong. Lalu, apakah harganya sepadan dengan performanya? Untuk mengetahuinya, silahkan simak hasil review Samsung Galaxy Z Flip.

Desainnya yang cantik dan sangat inovatif serta futuristik menjadi daya pikat dari ponsel pintar tersebut. Bagaimana tidak, smartphone lipat dari Samsung itu menawarkan desain ponsel pintar yang jauh berbeda bila dibandingkan dengan smartphone pada umumnya.

Galaxy Z Flip seakan juga menjadi sarana bagi Samsung untuk memamerkan beragam teknologi yang selama ini mereka kembangkan untuk mewujudkan konsep smartphone lipat. Juga, banyak hal berbeda yang ditawarkan Galaxy Z Flip dibanding pendahulunya, Galaxy Fold.

{Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip Unboxing: Inovasinya Keren, Pantes Mahal!!}

Smartphone lipat ini juga berhasil menarik antusiasme masyarakat di Indonesia. Terbukti, Galaxy Z Flip langsung ludes terjual hanya dalam waktu 1 jam saja. Meski pihak Samsung Indonesia tidak membuka informasi terkait jumlah unit yang terjual.

Pengalaman kami menggunakan smartphone ini tentunya akan kami bagikan pada Anda. Tentunya disertai dengan kelebihan dan kekurangan yang kami temukan. Maka dari itu langsung saja simak review Samsung Galaxy Z Flip berikut ini. 

Desain

Review Samsung Galaxy Z Flip

Berdasarkan penjelasan Samsung, desain clampshell yang diadopsi Galaxy Z Flip terinspirasi dari kosmetik yang kerap digunakan oleh perempuan. Desain ponsel sengaja dibuat simpel agar mudah masuk ke dalam kantong celana.

Saat dilipat, Galaxy Z Flip memiliki ketebalan hanya sekitar 17,3 mm dengan dimensi 73 mm x 87 mm serta bobot 183 gram. Ini membuat Galaxy Z Flip cukup nyaman ketika harus diletakkan di saku celana dan tidak mengganggu pergerakan Anda.

Desain ini membuatnya berbeda jauh dengan smartphone lipat Samsung generasi pertama, Galaxy Fold. Seperti yang telah kami ulas dalam tulisan Hands-on Samsung Galaxy Fold, sebelumnya, Galaxy Fold terasa begitu tebal saat dalam posisi terlipat, serta kurang nyaman dan terlihat menonjol saat diletakkan di saku celana.

Pilihan warna yang digunakan juga turut menambah kesan modis dan cantik dari Galaxy Z Flip. Samsung menghadirkan tiga varian warna, Mirror Black, Mirror Purple, dan Mirror Gold. Varian warna yang tersedia berbeda-beda di setiap negara.

Di Indonesia hanya kebagian dua varian warna, Mirror Purple dan Mirror Black. Jika Anda ingin tampilan yang cantik, Anda bisa melirik Mirror Purple. Sebaliknya, jika Anda ingin tampil elegan dan maskulin, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Mirror Black.

Review Samsung Galaxy Z Flip

Dalam proses pembuatannya, Samsung menggabungkan lapisan kaca yang halus dan pemrosesan khusus yang membuat smartphone ini mampu merefleksikan warna berbeda, tergantung dari sudut mana layarnya dibuka.

Saat dalam posisi terlipat, pada bagian engselnya terukir logo Samsung yang akan memancarkan pendaran warna saat tertimpa cahaya.

Meski demikian, kecantikan desain Galaxy Z Flip sangat rentan berubah menjadi kotor akibat jejak-jejak sidik jari pengguna. Untungnya Samsung telah menyediakan case tambahan dalam paket penjualan yang bisa Anda gunakan, sekaligus menghindarinya dari goresan.

{Baca Juga: Teknologi Terkini di Balik Desain Unik Samsung Galaxy Z Flip}

Penggunaan case tambahan ini juga sangat kami rekomendasikan. Pasalnya jika dibiarkan dibuka begitu saja tanpa case yang menyelimuti, ponsel akan terasa licin digenggaman dan tentu akan sangat rentan terjatuh. Anda pasti tak rela ponsel seharga Rp 21 juta ini jatuh dan “ambyar” di lantai, bukan.

Samsung juga memberi perhatian khusus pada bagian engsel Galaxy Z Flip yang dbuat dengan teknologi yang disebut “Hideaway Hinge”. Engsel yang terinspirasi dari bunga teratai itu dibuat dengan sebaik mungkin dan memungkinkan ponsel dapat dibuka dengan sudut 180 derajat dan 90 derajat.

Review Samsung Galaxy Z Flip

Samsung memperkenalkan fitur bernama Flex Mode yang memungkinkan perangkat bisa dibuka dengan sudut 90 derajat, mirip dengan perangkat laptop. Flex mode ini menawarkan pengalaman baru dalam menggunakan smartphone lipat.

Mengenai daya tahan engselnya, Anda tak perlu khawatir. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini menjamin bahwa engsel dapat terus berfungsi secara normal hingga lebih dari 200.000 kali proses buka tutup.

Di bagian dalam engselnya juga telah terpasang teknologi penyapu kotoran dan debu. Teknologi ini memungkinkan celah-celah dari engsel tetap dalam keadaan bersih dan menjaga fungsi engsel tetap maksimal.

Samsung meletakkan sensor pemindai sidik jadi di bagian sisi kanan bodi dan membuatnya jadi lebih mudah diangkau ibu jari. Fingerprint tersebut digabungkan bersama dengan tombol power. Tepat di atasnya terdapat tombol volume. Sementara SIM tray berada di sisi kiri. 

Pada bagian luar juga terdapat set up dual-camera, disertai LED Flash. Disampingnya terdapat layar sekunder kecil yang berguna untuk menyajikan beragam informasi seperti tanggal, jam, status baterai, dan juga bila ada notifikasi yang masuk ke ponsel.

Review Samsung Galaxy Z Flip

Sayangnya Anda tidak akan menemukan jack audio 3,5mm. Sebagai gantinya, Samsung telah menyertakan sebuah headset AKG dalam paket penjualan yang bisa disambungkan ke ponsel melalui port USB Type C.

Desain cantik dan elegan yang dimiliki Galaxy Z Flip siap membuat Anda menjadi pusat perhatian. Baik saat ponsel digunakan, atau bahkan saat ponsel diletakkan. Kami sudah membuktikannya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Infinix Hot 9 Pro: Upgrade Signifikan di Spesifikasi Kamera

Telset.id - Setelah merilis Hot 9 di beberapa negera, termasuk Indonesia, Infinix kini punya versi lain dari seri terbaru...

Redmi Display 1A, Monitor PC Pertama Bikinan Redmi

Telset.id, Jakarta - Redmi menghadirkan kejutan dengan meluncurkan sebuah perangkat baru. Bukan smartphone, melainkan sebuah monitor PC yang dinamai...

Tarif Posting Miliaran Rupiah, Ini 7 Selebgram Terkaya di Dunia

Telset.id - Selebgram atau selebriti Instagram sudah menjadi profesi yang menjanjikan. Selebgram biasanya bekerja sama dengan merek-merek ternama, dan...

Penampakan Desain Elegan dari Vivo X50 Pro

Telset.id, Jakarta - Setelah mengungkap beberapa teaser terkait kemampuan kamera Vivo X50 Pro, kini Vivo menampilkan wujud desain layar...

Tips Menggunakan Shotgun di Free Fire, Biar Bisa Booyah!

Telset.id - Senjata shotgun sering dipandang sebelah mata di dalam game Free Fire. Padahal jika digunakan dengan benar, senjata...
- Advertisement -