eFUS 3.1 Buatan Samsung 2X Lebih Kencang dari Memori PC

Telset.id, Jakarta – Usai mengembangkan prosesor dan RAM dengan kecepatan serta performa tinggi, Samsung dilaporkan tengah menggarap memori penyimpanan untuk smartphone terbaru, yakni eUFS 3.1.

Menurut VP Memory Sales & Marketing di Samsung, Cheol Choi, media penyimpanan mobile baru ini akan menghilangkan kekhawatiran tentang bottleneck yang dihadapi pengguna dengan media penyimpanan konvensional.

Diklaim, eUFS 3.1 punya kecepatan write data jauh lebih kencang daripada eUFS 3.0 dengan kecepatan 480 Mbps. Storage untuk smartphone terbaru itu memiliki kecepatan hingga 1,2 GBps atau 1.200 MBps.

{Baca Juga: Tren HP Terbaru di 2020: RAM LPDDR5 Berkapasitas Besar}

Samsung mengklaim, memori eUFS 3.1 hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit untuk transfer data berukuran 100GB. Jauh lebih cepat daripada eUFS 3.0 yang hanya mampu melakukannya dalam waktu 4 menit.

Samsung memori eUFS 3.1

Bila dibandingkan dengan storage berjenis SATA untuk PC, eUFS 3.1 buatan Samsung dua kali lebih cepat. SATA hanya memiliki kecepatan write 540 MBps.

Dengan kecepatan tulis yang sangat tinggi, tentu akan sangat mendukung smartphone di masa mendatang untuk memiliki kemampuan perekaman video 8K dengan sangat lancar. Samsung sendiri sudah menghadirkan kemampuan perekaman video 8K di smartphone flagship terbarunya yaitu Samsung Galaxy S20 Series.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Samsung sendiri hanya akan memproduksi eFUS 3.1 dengan kapasitas 512GB. Pastinya, jenis storage tersebut akan disiapkan untuk smartphone flagship Samsung terbaru yang akan meluncur di masa mendatang.

Sayangnya belum dapat dipastikan kapan teknologi memori eUFS 3.1 dari Samsung akan mulai diimplementasikan. Kemungkinan, bakal di gunakan untuk seri Galaxy Note terbaru Samsung yang akan meluncur di akhir tahun 2020, atau bisa juga baru akan digunakan pada perangkat smartphone di tahun 2021 mendatang. (IR/MF)

SourceSamsung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -