Review Samsung Galaxy A51: Upgrade Desain, Spek “Nanggung”

Telset.id – Samsung Galaxy A51 bisa dibilang merupakan salah satu bukti kalau Samsung mulai “terinspirasi” strategi bisnis dari merek-merek smartphone asal China. Bagaimana tidak, produsen asal Korea Selatan ini menghadirkan smartphone baru yang punya spesifikasi hampir tak jauh beda dengan seri sebelumnya. Mau bukti? Sebaiknya lihat review Samsung Galaxy A51.

Sekadar informasi, Galaxy A51 merupakan suksesor dari Samsung Galaxy A50s. Alih-alih memberikan peningkatan yang signifikan, Samsung malah hanya memberikan sedikit penambahan fitur saja.

Ya, strategi Samsung menghadirkan Galaxy A51 mirip-mirip dengan taktik yang dilancarkan produsen smartphone China. Sejumlah merek asal China merilis smartphone baru dengan embel-embel penamaan baru, tapi sebenarnya hanya menyematkan sedikit peningkatan saja dibandingkan seri sebelumnya.

{Baca juga: Review Realme X2 Pro: Ngebut Berkat Snapdragon 855+ & SuperVOOC}

Memangnya, seperti apa sih smartphone ini? Well, kami akan mengulasnya secara lengkap, dari sektor desain, spesifikasi, kamera, dan lainnya dalam review Samsung Galaxy A51. Yuk simak!

Desain

Review Samsung Galaxy A51
Foto: Aditya Helmi/Telset.id

Review Samsung Galaxy A51 kita mulai dari sektor desain terlebih dahulu. Desain merupakan salah satu sektor yang mendapatkan peningkatan cukup signifikan. Smartphone ini tampil lebih kekinian, dengan konsep desain baru dan original dibandingkan Samsung Galaxy A50s, sang pendahulunya.

Smartphone ini tampil dengan desain Infinity-O, mirip Samsung Galaxy Note 10. Desain tersebut membuat layar Super AMOLED berukuran 6,5 inci beresolusi Full HD miliknya “berlubang” di bagian tengah atas.

Faedahnya apa? Well, lubang ini punya dua faedah menurut kami. Pertama, lubang alias punch-hole tersebut berfungsi sebagai tempat bagi kamera depan 32MP milik A51. Kemudian kedua, Infinity-O membuatnya tampil beda dan tampak seperti smartphone flagship, dibanding smartphone sekelas, bahkan Galaxy A50s sekalipun.

Review Samsung Galaxy A51

Kalau bagian depan benar-benar mengusung desain baru, bagaimana bagian belakangnya? Menurut kami, satu-satunya pembeda Galaxy A51 yang kami temukan dibanding Galaxy A50s adalah bentuk frame kameranya. Sisanya, semuanya sama! Termasuk juga dengan konsep pewarnaan yang memadukan warna gradasi dan efek cahaya bergaris berbentuk prisma.

Frame kameranya berukuran besar, cenderung berbentuk persegi panjang. Kami memprediksi, bisa jadi frame kamera seperti Galaxy A51 bakal populer di tahun ini. 

Alasannya satu, kini vendor smartphone berlomba-lomba untuk menambah jumlah lensa kamera belakang pada smartphone buatan mereka. Logikanya, daripada membuat frame kamera yang memanjang sampai ke bawah, lebih baik memperbesar frame kamera dan menyesuaikannya dengan estetika body secara keseluruhan.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Review Samsung Galaxy A51

Terbukti, sejumlah smartphone baru Samsung (termasuk yang akan datang), sudah mengadopsi desain ini. Samsung Galaxy A71, Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Note 10 Lite, sampai Samsung Galaxy S20 yang akan datang pun menggunakan desain ini. 

Samsung Galaxy A51 dibangun menggunakan bahan dasar yang sama dengan A50s. Frame serta body belakangnya terbuat dari bahan plastik atau polycarbonate berkualitas. Bukan cuma itu, letak tombol volume dan power, sampai posisi SIM tray pun sama dengan pendahulunya. 

Selesai membahas soal desain, review desain Samsung Galaxy A51 dilanjutkan dengan bahas soal kenyamanan ketika menggunakannya sebagai daily driver. Kesan pertama kami ketika menggunakannya adalah “Ini Hape 6,5 inci, tapi kok tipis dan enak dipegang ya?”. Begitulah kira-kira.

Review Samsung Galaxy A51

Ya, smartphone ini tergolong tipis dengan ketebalan 7,9 mm saja. Nyaman digunakan? Not bad untuk sebuah smartphone berlayar 6 inci ke atas. Namun satu catatan buat Samsung dalam hal kenyamanan. Tolong bikin tombol yang lebih clicky. Sebab, tombol smartphone ini kurang memuaskan ketika menekannya, kurang enak pokoknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Berapa Kuota yang Dihabiskan untuk Jalan-jalan Virtual?

Telset.id, Jakarta - Mengakses situs jalan-jalan virtual menjadi alternatif untuk liburan bersama keluarga. Namun Anda harus menyiapkan kuota yang...

Siap Hengkang dari Hong Kong, TikTok Juga Dicekal AS?

Telset.id, Jakarta  - Tak hanya bersiap hengkang dari Hong Kong, aplikasi video pendek TikTok kabarnya juga bakal dicekal di...

Jaringan Group Facebook Serang Gerakan Black Lives Matter

Telset.id, Jakarta  - Jaringan grup Facebook yang berakar di seluruh dunia melancarkan serangan terhadap gerakan Black Lives Matter. Kelompok...

Update iOS 13 Bikin Baterai iPhone Cepat Rusak?

Telset.id, Jakarta - Update iOS 13 kabarnya bikin baterai iPhone cepat rusak. Para pengguna perangkat Apple mengeluh melalui situs...

Bidik Anak Millenial, Adira Insurance Fokus Transformasi Digital

Telset.id, Jakarta – Sejak 2014, PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) telah fokus pada transformasi digital. Hasilnya kini sudah...
- Advertisement -