Genap 24 Tahun, Telkomsel Ingin Wujudkan “Indonesia Digital”

Telset.id, JakartaTelkomsel optimis dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di industri telekomunikasi untuk terus menjadi pemimpin di industri dan ingin mewujudkan “Indonesia digital“.

Penegasan itu disampaikan Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah saat merayakan ulang tahun Telkomsel yang ke-24 tahun. Dengan mengambil tema ‘Terus Bergerak Maju’, ia menyatakan komitmen Telkomsel untuk melanjutkan transformasi perusahaan menjadi digital telco company.

“Kami bersyukur kepada Tuhan YME dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat, khususnya pelanggan serta para pemangku kepentingan yang telah memberikan kepercayaan dengan setia menggunakan produk dan layanan Telkomsel,” kata Ririek Adriansyah dalam keterangannya, Minggu (26/5/2019).

{Baca juga: Telkomsel Hadirkan Tiga Pilar Inovasi Digital}

Dia mengungkapkan rasa bangganya karena pihaknya dapat terus melayani ratusan juta pengguna layanan selular di tanah air melalui jaringan serta ragam produk dan layanan digital.

“Hal ini mendorong kami untuk terus mewujudkan komitmen dalam menyediakan solusi terbaik bagi kebutuhan masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air,” imbuhnya.

Hingga saat ini Telkomsel telah melayani 168 juta pelanggan dan menggelar infrastruktur jaringan lebih dari 197.000 BTS yang menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi Indonesia, termasuk pelanggan di pelosok negeri hingga ke daerah perbatasan.

Anak usaha Telkom Grup ini juga menggelar lebih 147.000 BTS broadband (3G/4G) dari total BTS tersebut. 4G LTE Telkomsel sendiri telah menjangkau lebih dari 500 Ibu Kota/Kabupaten dimana 97% telah menjangkau Ibu Kota Kecamatan, sehingga 93% populasi di Indonesia telah terlayani 4G LTE Telkomsel.

Pada kuartal awal 2019 perusahaan plat mereah ini juga telah menambah lebih dari 8.000 BTS dengan menggunakan teknologi mutakhir Massive MIMO untuk menyediakan jaringan 4.9G di Indonesia.

Selain itu, Telkomsel merupakan operator pertama yang menghadirkan pengalaman 5G di Indonesia, melalui 5G Experience di kompleks Gelora Bung Karno, selama perhelatan Asian Games 2018.

Ririek mengungkapkan, bahwa strategi perusahaan dalam mengembangkan bisnis digital yang meliputi layanan data dan layanan digital, ditandai dengan meningkatnya kontribusi bisnis digital pada pendapatan perusahaan menjadi 61,4% dari tahun sebelumnya sebesar 48.0% YoY.

{Baca juga: Lewat TMI, Telkomsel akan Investasi untuk Startup}

Pendapatan dari layanan data sendiri meningkat sebesar 29,7% YoY dengan peningkatan data payload sebesar 56,6% YoY. Sedangkan layanan digital juga menguat dengan pertumbuhan sebesar 28,6% YoY.

“Hasil yang terlihat dari performa bisnis perusahaan telah sejalan dengan upaya transformasi kami baik dari segi bisnis maupun organisasi,” sebut pria yang baru saja diangkat sebagai Dirut Telkom itu.

Telkomsel juga menggelar sejumlah layanan berbasis digital, seperti Digital Lifestyle, Mobile Financial Services, Digital Advertising, Digital Banking, Big Data dan Internet of Things (IoT), serta terus mendorong pengembangan startup seperti The NextDev, Telkomsel Innovation Center (TINC) dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

Ia menyebutkan bahwa industri telekomunikasi seluler di Indonesia saat ini sangat dinamis dengan berbagai tantangan, seperti pergeseran yang sangat cepat di industri telekomunikasi khususnya transisi dari layanan Legacy ke Data.

Selain itu, lanjut Ririek, kompetisi yang ketat, dan regulasi registrasi kartu prabayar. Namun, menurutnya, perusahaan percaya keseluruhan bisnis industri telekomunikasi di Indonesia akan menuju kondisi yang lebih sehat dan lebih rasional.

“Dinamika pasar saat ini semakin mengukuhkan keyakinan kami sebagai pemimpin pasar dalam memimpin pergesaran industri ke perilaku yang lebih sehat,” tandasnya.

Ririek kemudian mengatakan bahwa perjalanan panjang Telkomsel selama tiga windu dengan pencapaian dan tantangan yang dijalani mendorong Telkomsel untuk terus bergerak maju mengakselerasi negeri melalui pembangunan ekosistem digital Indonesia.

{Baca juga: Telkomsel Siap Manfaatkan Palapa Ring}

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan setia serta stakeholder lainnya seperti pemerintah, mitra kerja, dan sahabat media atas kepercayaan dan dukungannya kepada Telkomsel selama ini,” tutup Ririek.

Well, genap di usianya yang ke-24 tahun, semoga layanannya Telkomsel semakin baik, dan harganya juga semakin terjangkau. Selamat ulang tahun, Telkomsel!. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI