Lewat TMI, Telkomsel akan Investasi untuk Startup

Telset.id, Jakarta Telkomsel menyediakan dana investasi bagi perusahaan rintisan atau startup yang berada di tahap pertumbuhan awal atau early-growth stage. Untuk itu, Telkomsel membentuk anak perusahaan bernama Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), yang akan melakukan aktivitas investasi bagi perusahaan rintisan.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Tim Telset.id pada Senin (13/05/2019), investasi awal yang dikeluarkan adalah sebesar USD$ 40 juta atau Rp 578 miliar. Investasi tersebut hasil kolaborasi dengan MDI Ventures Telkom dan sebuah corporate venture capital (CVC) milik Singtel, yakni Singtel Innov8.

Menurut Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah, bahwa TMI akan berinvestasi pada perusahaan baru yang menjanjikan dan memiliki potensi bekerjasama secara sinergis dalam mengakselerasi pertumbuhan perusahaan tersebut.

“Kami menyadari bahwa Asia Tenggara merupakan kawasan yang berkembang dengan sangat cepat, kolaborasi kami bersama MDI Ventures Telkom dan Singtel Innov8 melalui TMI akan memberikan Telkomsel kemampuan untuk menghadirkan engagement model yang lebih fleksibel, responsif dan dapat diandalkan bagi startup yang mencari akses ke permodalan strategis kami,” kata Ririek.

{Baca juga: Cara Telkomsel Pastikan Jaringan di Ruas Tol Utama di Sumatra dan Jawa Aman}

Hal senada juga dikatakan oleh CEO TIM, Andi Kristianto. Menurutnya, TIM bekerja sama dengan startup dalam membangun rencana strategis dan eksekusi operasional untuk memaksimalkan nilai jangka panjang.

“Kami selalu mencari cara untuk memanfaatkan aset Telkomsel dan memposisikannya untuk bisa dikembangkan dengan cara yang berbeda. Banyak market insights yang dapat kami berikan dari perspektif enterprise dan consumer di Indonesia. Kami juga dapat membantu meningkatkan corporate awareness dalam ekosistem bisnis digital,” ujar Andi.

{Baca juga: 10 Ribu BTS Multi-Band Telkomsel Perkuat RAFI 2019}

Berkolaborasi dengan startup bukanlah hal yang baru bagi Telkomsel. Sejak 2015, lebih dari 5.000 startup dari 20 kota di Indonesia telah mendapatkan akses kepada sumber daya Telkomsel melalui program The NextDev.

Pada tahun 2018, Telkomsel juga meluncurkan program inkubasi untuk internet of things (IoT) bernama Telkomsel Innovation Center (TINC), yang bertujuan untuk  membantu mereka mengeksekusi strategi go-to-market dan meningkatkan kapabilitas teknis produk mereka.[NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI