Review Redmi 7 : Harga Murah Fitur Wah!

Telset.id, Jakarta – Beberapa waktu lalu Xiaomi secara resmi meluncurkan Redmi 7. Ponsel yang dikhususkan untuk pengguna di segmentasi entry-level. Dibandrol dengan harga Rp 1.599 juta, Redmi 7 ini memang bikin banyak pengguna kepincut.

Menyandang status entry-level, namun untuk soal tampilan luar dari Redmi 7 ini sangat elegan seperti ponsel flagship. Hal itu tak lepas dari konsep desain baru yang diusung Xiaomi. Ponsel ini juga memiliki chipset yang lebih baik, baterai yang lebih besar, kamera yang lebih baik.

Dengan begitu maka tak heran jika nantinya ponsel yang mengusung nama Redmi 7 ini bakal jadi salah satu perangkat yang banyak dicari oleh para calon konsumen. Tapi apakah harga yang ditawarkan sesuai? Untuk mengetahui jawabannya. Simak review Telset.id berikut ini.

{Baca juga : Redmi 7 Resmi Mendarat di Indonesia}

Desain

Foto : Helmi / Telset.id

Konsep fisik dari Redmi 7 ini memang mengadopsi gaya desain khas flagship premium. Bukan tanpa sebab dengan berat 180 gram dan ketebalan 8.47mm. Sepertinya ponsel ini memang dirancang dengan gaya elegan. Sayangnya saat kami menggunakan dirasakan bobotnya yang berat, apalagi saat kami letakan di saku ketika berjalan-jalan.

Kalau secara material Redmi 7 berbeda, kenapa? Xiaomi membuat tampilan Ponsel ini tampak lebih mahal. meskipun tidak ada kaca di panel belakang. Ponsel ini menggunakan bodi plastik dengan bingkai logam. Panal belakang telah menganut plastik mengkilap multi-warna seperti yang dimiliki banyak pesaingnya. Ada tiga warna untuk dipilih – Eclipse Black, Lunar Red dan produk yang kami review berwarna Comet Blue.

Pada warna Comet Blue, kami melihat tampilan dua gradien warna pada panel belakang. Xiaomi menyebut ini tampilan ‘Aura Smoke’. menampilkan ungu tua yang menyatu menjadi biru cerah. Meskipun tidak semua orang akan menyukai ini, efek keseluruhannya sedikit lebih halus. Akan tetapi jika Anda kurang menyukainya dapat menggunakan softcast yang ada di dalam kotak pembelian.

Sekarang kami coba memberikan gambaran pada bagian belakang ponsel ini. Material seperti sudah dijelaskan menggunakan plastik yang telah diproses menggunakan “finished with a nano-spray”. Itu kenapa unit biru yang kami ulas mengkilap dan sangat reflektif, dan tidak memiliki tekstur yang terlihat. Paling-paling kendala yang sering dialami ketika sedang tidak menggunakan softcash adalah bodi menjadi sangat kotor dengan sidik jari dan noda pada saat-saat kita menggunakannya. Kami juga memperhatikan bahwa debu dan serat-serat kecil cenderung menempel di belakang.

Letak sensor sidik jari di bagian belakang dan tombol daya dan volume di sebelah kanan mudah dijangkau. Ada lubang suara yang sangat tipis tepat di atas notch kamera depan, dan sensornya tersembunyi. LED putih mungil yang tertanam di dagu di bawah layar menyala ketika telepon ini sedang diisi. Ada dual-kamera belakang hanya sedikit menonjol dan tidak tidak mengurangi konsep desain secara keseluruhan.

{Baca juga : Redmi Note 7 128GB Resmi Hadir di Indonesia, Segini Harganya}

Di bagian atas ponsel ini, Anda akan menemukan  port headset 3,5 mm dan inframerah untuk membantu penggunaan aplikasi remote kontrol. Sedangkan diposisi kiri ada tempat penyimpanan SIM card dan slot microSD. Dari dua kisi-kisi di bagian bawah, hanya satu yang benar-benar untuk berbicara. Sayangnya Redmi 7 belum menggunakan port USB Type-C, tetapi kami tidak dapat mengeluh tentang penggunaan standar Micro-USB.

Layar

Foto : Helmi / Telset.id

Redmi 7 menampilkan layar IPS LCD 6,26 inci dengan desain kekinian yakni tambahan desain setetes air(notch). Selain bezel yang sedikit lebih lebar, ponsel ini terlihat hampir identik dengan Redmi Note 7 ketika dilihat dari depan. Layar atasnya juga sudah dilapisi Gorilla Glass 5 Corning yang merupakan sentuhan yang bagus untuk melindungi menurut kami.

Untuk ponsel dalam kisaran harga ini, resolusi HD+ (720 x 1520) memang sudah menjadi hal biasa! Akan tetapi kami sebenarnya berharap menggunakan layar dengan resolusi Full HD+. Akan tetapi apa yang sudah ditawarkan buat kami sangat wajar mengingat bandrol harganya.

Layar menjadi cukup cerah, dan ketika kami mengeluarkannya di bawah sinar matahari Jakarta yang sangat keras, visibilitas bukanlah masalah. Penyesuaian warna cukup akurat untuk ponsel entry-level dan sedikit peningkatan saturasi yang telah kita lihat pada perangkat Redmi lainnya. Sudut pandangnya baik karena memiliki rasio-to-body 84 % dan tingkat kecerahannya 450 nit, bagus dan saya tidak melihat adanya perubahan warna. Menonton film dan melihat foto tidak ada sesuatu yang terlalu berbeda, ya.. cukup bagus.

Performa

Foto : Helmi / Telset.id

Saya harus memberi kredit kepada Xiaomi untuk membawa chipset seri Snapdragon 600 ke ponsel di harga Rp 1,5 jutaan. Redmi 7 ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 632 yang dipasangkan dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Ponsel ini juga dilengkapi dengan slot penyimpanan ekternal yang dapat diperluas. Untuk diingat, tahun lalu Redmi 6 hanya hadir dengan prosesor octo-core 12nm Helio P22 yang clock hingga 2.0GHz.

Kami menggunakan Redmi 7 sebagai ponsel utama selama seminggu dan percaya itu cukup mampu untuk menangani tugas sehari-hari dengan mudah. Namun, ponsel memang menunjukkan tanda-tanda gagap saat membuka aplikasi, beralih di antara dua aplikasi, terutama ketika terlalu banyak aplikasi terbuka di latar belakang.

{Baca juga : Redmi Note 7 Dicap “Ponsel Gaib“, Ini Komentar Xiaomi}

Dengan kombinasi spesifikasi ini, kinerja Redmi 7 terbilang standart yang bisa kami buktikan lewat benchmark via AnTuTu Benchmark versi 7. Berdasarkan benchmark yang kami gunakan, smartphone ini memperoleh skor 103339 poin, dan itu merupakan skor yang tinggi sekali untuk smartphone dengan harga Rp 1,5 jutaan.

Sejauh menyangkut game, Redmi 7 menangani game dasar seperti Subway Surfers, Candy Crush juga. Ponsel ini juga mampu menjalankan PUBG dan Temple Run dengan kinerja yang biasa-biasa saja. Untuk PUBG mampu menghasilkan Graphics maksimal ‘Balanced’ dan Frame rate ‘Medium’. Yups..ini bukan ponsel terbaik untuk Anda mainkan PUBG Mobile, awal berjalan paling baik pada pengaturan rendah dan bahkan setelah itu banyak leg yang terjadi.

Secara keseluruhan, kami merasa bahwa kinerja Redmi 7 adalah campuran. Ponsel ini bagus untuk penggunaan dasar tetapi jelas bukan untuk penggunaan yang berat. Orang suka gamenya banyak, atau jika Anda ingin kinerja lebih halus, sebaiknya Anda memilih ponsel dengan spesifikasi yang lebih dari Redmi 7.

Baterai

Foto : Maul / Telset.id

Redmi 7 hadir dengan kapasitas baterai 4000mAh, ini termasuk yang sangat besar. Dan tidak heran masa pakai baterai yang fantastis. Bagi kami, Redmi 7 bertahan lebih dari satu setengah hari dengan sekali pengisian daya.

Saat mengulas tentang Redmi 7, kami menggunakannya sebagai perangkat utama dan kami sangat kagum dengan daya tahan baterai yang ditawarkannya. Sayangnya tidak dilengkapi dengan pengisian cepat, dan kami percaya bisa dimengerti karena harganya.

Redmi 7 dibundel dengan kepala charge dengan output 5V2A di dalam kotak dan dibutuhkan hampir 2 jam 41 menit untuk mengisi daya dari 2 persen hingga 100 persen. Redmi 7 hadir dengan dukungan USB mikro dan bukan Tipe C.

Kamera

Foto : Helmi / Telset.id

Redmi 7 hadir dengan pengaturan dua kamera di bagian belakang, yang mencakup sensor utama 12 megapiksel 1,25μm pixel dengan aperture f/2.2 dan memiliki sensor bokeh dengan resolusi 2 megapiksel. Di depan, Anda mendapatkan sensor 8 megapiksel 1,12μm piksel dengan aperture f/2.0, yang merupakan peningkatan dari Redmi 6 yang hanya menggunakan sensor 5 megapiksel.

Foto : Helmi / Telset.id

Baik kamera depan dan belakang didukung oleh AI yang dapat mengenali 27 suasana saat Anda mengambil foto dan membantu Anda mendapatkan foto yang lebih baik. Sedangkan untuk kamera depan juga dibekali dengan Al Beautify 4.0.

Pasalnya dengan kelebihan ini, Anda tidak perlu melakukan pekerjaan yang fantastis saat memfoto cukup menggunakan AI yang membantu meningkatkan kualitas foto secara keseluruhan.

Selain mode Photo  dan Portrait, ponsel ini juga dibekali dengan mode Short Video, Video, Square dan Pro. Untuk opsi tambahan pada kamera depan terdapat Timer, Group Selfie, Time-lapse, dan Google Lens, Straigten, Beautify dan Slow-mo.

Kami sangat menyukai sampel foto yang dibuat. Bidikan yang kami ambil di bawah sinar matahari cerah memiliki fokus yang tajam dan detail halus di dalam area fokus, meskipun jaraknya beberapa meter. Redmi 7 menangani eksposur dengan baik dalam kondisi cahaya terang.

Kami juga dikejutkan oleh hasil pemotretan cahaya redup yang menghasilkan foto cukup terang, dan bahkan warna pun relatif terjaga. Namun, ada banyak noise dan foto-foto ini benar-benar tidak fokus  ketika kami perbesar (zoom).

Ketika menggunakan kamera depan hasilnya cukup memadai meski warna terlihat agak terang banget. kami juga mode Potrait yang kami nilai bokehnya cukup rapih.

Sedangkan untuk video dapat merekam pada 1080p 60fps dan Anda dapat memilih antara codec H.264 yang lebih kompatibel luas dan lebih efisien atau memilih H.265 yang mengandalkan performa. Meski tanpa stabilisasi apa pun hasil yang kami peroleh cukup baik meski dalam kondisi malam sangat tidak maksimal.

{Baca juga : Dirilis 24 April, Redmi Y3 Fokus ke Kamera Selfie}

Kesimpulan

Xiaomi telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan seri Redmi, dan Redmi 7 yang baru diluncurkan ini menawarkan fitur dan spesifikasi yang lebih baik serta tampilan yang lebih kekinian daripada Redmi 6.

Harga Rp 1,5 jutaan, Redmi 7 menghadirkan desain serba baru dengan performa efisien dan baterai yang besar. Layar adalah salah satu yang terbaik menurut kami dan merupakan pilihan bagus untuk mengkonsumsi konten. Sementara kami melihat beberapa kekurangan di sana-sini, selama kami gunakan kegiatan sehari-hari dapat dijalankan dengan baik kecuali untuk bermain games, jelas tidak senyaman dengan ponsel yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. Satu hal lagi, yang membuat kami memang tidak nyaman menggunakan ponsel keluaran Xiaomi karena kehadiran iklan yang mengganggu di interface.

So..kalau untuk penggunaan sehari-hari tanpa beban penggunaan yang berat, ponsel ini  kami masih bisa rekomdasikannya buat Anda.

 

Kelebihan Kekurangan
  • Desain baru yang menarik
  • Kinerja bagus untuk ponsel Entry-level
  • Daya tahan baterai yang lama
  • Infrared
  • Masih MicroUSB
  • Tidak ada NFC
  • Iklan di MIUI
  • Kamera bisa lebih baik

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Smartfren Luncurkan Paket Terbaru Super 4G Unlimited Lite

Telset.id, Jakarta – Setelah mendapat respon positif saat meluncurkan Paket Super 4G Unlimited pada tahun 2018 lalu, Smartfren kembali...

Pengguna Internet Indonesia Akses Medsos 3,5 Jam per Hari

Telset.id, Jakarta - Menurut laporan terbaru Indonesia Mobile Ecosystem Report 2019, bahwa netizen atau pengguna Internet Indonesia rata-rata menghabiskan...

Indonesia Negara Adidaya Smartphone di Tahun 2025

Telset.id, Jakarta  - Laporan terbaru Indonesia Mobile Ecosystem Report 2019 mengungkap, bahwa Indonesia akan menjadi negara adidaya smartphone di...

Ini Produk Paling Diburu Pelanggan Blibli di Harbolnas 12.12

Telset.id, Jakarta  – Blibli mencatat pertumbuhan yang positif di pesta Harbolnas 12.12 tahun ini. Perusahaan e-commerce ini berhasil membukukan...

Hari Ini Samsung Buka Pre Order Kedua Galaxy Fold

Telset.id, Jakarta – Pre order Samsung Galaxy Fold pada Jumat (13/12) langsung ludes dalam hitungan menit. Kini Samsung akan...
- Advertisement -