Review Realme 2 Pro: Spesifikasinya Gak Nyantai!

Telset.id – Setelah Xiaomi dengan sub-brand bernama Pocophone yang telah merilis Pocophone F1 di Indonesia, kini giliran Oppo yang menetaskan sub-brand mereka, yakni Realme untuk para konsumen di Tanah Air.

Di Indonesia, Realme meluncurkan dua model, yaitu Realme 2 sebagai versi standar, dan Realme 2 Pro yang didapuk sebagai versi paling tinggi.

Nah, kali ini Telset.id akan mengulas secara mendalam seperti apa Realme 2 Pro, yang diklaim sebagai smartphone mumpuni dengan harga “ramah kantong”.

Baca Juga: Review Realme 2: Desain Hebat, Harga Bersahabat

Lewat review Realme 2 Pro, kami akan membahas beberapa sektor pada smartphone ini, seperti desain, spesifikasi, dan tentu saja kameranya. Check this out!!

Desain

Realme 2 Pro

Konsep desain Realme 2 Pro bisa dibilang mirip seperti Pocophone F1, sama-sama dikemas dengan desain mirip smartphone andalan dari brand utama masing-masing. Dalam hal ini, Realme 2 Pro hampir serupa dengan Oppo F9 yang juga baru dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu.

Walaupun demikian, smartphone ini memberikan kesan berbeda dibanding smartphone menengah andalan Oppo tersebut. Kesan yang paling terlihat dari Realme 2 Pro adalah desainnya yang simple.

Smartphone ini tidak mengusung desain warna gradasi dengan adanya efek bentuk berlian pada body bagian belakangnya. Cukup satu warna dengan efek cermin lumayan menggoda pada body polycarbonate yang dilapisi oleh 15 laminasi atom, yang telah dipanaskan selama 20 hingga 60 menit untuk setiap lapisannya.

Desain itu, membuat Realme 2 Pro terlihat lebih sederhana, karena menyesuaikan dengan “market” mereka, yakni anak-anak muda yang ingin mempunyai smartphone mumpuni dan berkualitas sebagai daily driver mereka.

Masih bagian belakang, Realme 2 Pro tetap memiliki kesamaan dengan Oppo F9, khususnya pada letak dan desain dari frame kamera ganda. Frame kamera ganda dan LED Flash diletakkan secara horizontal di sebelah kiri atas body smartphone. Logo Realme juga terpampang pada body-nya yang melengkapi desain smartphone itu.

Realme 2 Pro mengadopsi konsep desain Waterdrop Notch yang digunakan oleh Oppo F9. Namun untuk smartphone ini, Realme menamai konsep desainnya sebagai Dewdrop dengan bentuk menyerupai tetesan air yang menyimpan sejumlah komponen, seperti kamera depan, earpiece, dan sejumlah sensor lainnya.

Smartphone ini juga mengusung layar full screen berukuran 6,3 inci beresolusi Full HD+ (1080×2340 piksel) dan aspek rasio 19 : 9. Layar tersebut terasa besar, karena bezel di tiap sisi smartphone cukup tipis yang membuat pengalaman kami saat menggunakannya jauh lebih maksimal.

Selain itu, karena ukurannya yang tidak lebih besar dengan smartphone berlayar 5,5 inci ke atas, maka Realme 2 Pro juga nyaman untuk digunakan menggunakan satu tangan saja. Dengan catatan, pengguna yang memakainya memiliki ukuran tangan sedikit lebih besar.

Meski tampak lebih sederhana dibandingkan Oppo F9, tapi secara desain, smartphone ini berhasil memberikan kesan yang wajib untuk diapresiasi. Itu karena, Realme sukses memberikan kesan kekinian pada Realme 2 Pro yang dipadukan dengan build quality yang bagus, meski memang tampilannya “cukup sederhana”.

Spesifikasi

Siapa bilang smartphone Rp 3 jutaan tidak bisa memilih spesifikasi kelas atas? Salah satu contohnya adalah Realme 2 Pro. Smartphone ini ditenagai oleh spesifikasi mumpuni yang mampu mendukung segala aktivitas digital penggunaannya.

Realme 2 Pro yang kami gunakan berbekal prosesor octa-core 1.95 Ghz Snapdragon 660 AIE, RAM 8GB, ROM 128GB, dan baterai berkapasitas 3,500 mAh. Bisa dibilang, smartphone ini menjadi satu-satunya smartphone kelas menengah di bawah Rp 5 jutaan yang memiliki RAM 8GB dan Snapdragon 660.

Bukan sekadar “tempelan” saja, namun spesifikasi itu dapat menopang seluruh proses yang berjalan di atas sistem operasi Color OS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Kami dapat membuktikannya dengan mencoba mengujinya menggunakan aplikasi benchmark, AnTuTu Benchmark versi 7.

Berdasarkan pengujian kami, Realme 2 Pro mendapatkan skor 132,532 poin. Jika dibandingkan smartphone lainnya, Realme 2 Pro berhasil mengalahkan beberapa smartphone seperti Honor 9i (89.562 poin), dan Asus Zenfone Max Pro M1 (115.022 poin). Namun kalah dari Oppo F9 (137.577 poin).

Belum puas, kami mencoba memainkan beberapa game berat yang saat ini tengah digandrungi para pengguna smartphone Android, seperti PUBG misalnya. Realme 2 Pro dapat memainkan PUBG dengan grafis maksimal medium HD yang kami atur menjadi mode Colorful.

Saat memainkan game tersebut, PUBG dapat berjalan dengan lancar dan tanpa lag. Yang menarik, saat akan menjalankan game, sistem akan otomatis menjalankan Game Space yang dapat mengoptimalkan performa smartphone.

Namun ada satu keluhan yang kami rasakan, yakni poni dewdrop yang menutupi sedikit bagian dari tampilan PUBG. Meski demikian, dewdrop tidak terlalu berpengaruh pada jalannya permainan.

Nah, untuk ketahanan baterainya, Realme 2 Pro mempunyai baterai yang tahan lama. Berdasarkan pengujian kami menggunakan aplikasi PCMark, Realme 2 Pro sukses bertahan hingga 10 jam 14 menit.

Perlu diingat, perolehan itu dihasilkan dengan layar yang selalu aktif dan proses yang terus berjalan. Sehingga, ketika digunakan dengan pemakaian normal, hasilnya bisa jadi akan lebih lama.

Itupun terbukti ketika kami menggunakannya sebagai daily driver saat beraktivitas. Realme 2 Pro dapat menemani kami dari pagi, hingga menjelang malam saat aktivitas pekerjaan sudah selesai. Keren!!

Secara overall, Realme 2 Pro merupakan smartphone menengah yang punya kemampuan di atas rata-rata smartphone Rp 3 jutaan. Bermain game seperti PUBG dengan grafis medium? Bisa. Menemani kegiatan penggunanya hampir seharian? bisa. Membuka banyak aplikasi dalam satu waktu? Juga bisa dan tanpa lag.

Kamera

Berbicara soal kameranya, Realme 2 Pro mengandalkan kamera ganda di bagian belakangnya. Kamera ini masing-masing beresolusi 16MP lensa normal aperture f/1.7 dengan sensor Sony IMX 398, dan kamera dengan lensa depth beresolusi 2MP.

Kamera ini telah mendukung teknologi Dual Pixel Fast Focusing, serta Electronic Image Stabilization (EIS) yang bakal aktif ketika pengguna merekam video. Kamera belakang Realme 2 Pro juga sudah dibantu oleh teknologi berbasis AI, yang bisa mengenali 16 skenario foto secara otomatis.

Ketika kamera telah mengidentifikasi skenario foto tertentu, seperti Night misalnya, maka pengaturan kamera otomatis akan menyesuaikan ke kondisi saat malam hari dengan memaksimalkan cahaya yang ada untuk menghasilkan foto yang cukup baik dan minim noise.

Berbeda lagi dengan skenario Outdoor, kamera akan memberikan sentuhan berbeda untuk menghasilkan foto dengan detail dan ketepatan warna yang baik. Ketika kami memotret langit misalnya, warna biru langit dan putihnya awan masih dapat ditangkap dengan sangat baik, begitupun juga dengan objek atap rumah.

Tidak ada kesan over brightness pada foto dengan skenario ini. Hasilnya baik, natural, dan sangat pantas untuk dibagikan di media sosial, atau sekadar menjadi koleksi foto pribadi.

Sementara dengan skenario Potrait, kamera akan fokus pada objek utama dan menyamarkan latar belakang foto dengan cukup rapi. Detail dan ketepatan warna pada foto juga sangat baik, cocok untuk pengguna yang menyukai foto macro.

Berikut beberapa hasil foto kamera belakang Realme 2 Pro:

Untuk kamera depannya, Realme 2 Pro mempunyai kamera beresolusi 16MP aperture f/2.0 yang didukung oleh teknologi berbasis AI, yang juga terdapat pada Oppo F9 maupun Oppo Find X, yakni AI Beauty 2.0.

Dengan teknologi itu, kamera depan Realme 2 Pro dapat mengidentifikasi 296 titik wajah pengguna, termasuk memberikan “efek cantik” yang cenderung lebih natural dan tidak berlebihan. Foto selfie yang dihasilkan cukup berkualitas, dengan detail dan ketepatan warna yang pas.

Namun kami menemui kekurangan pada kamera depan Realme 2 Pro, khususnya ketika mode HDR aktif. Foto terasa over brightness, seperti wajah putih yang makin terlihat terang, dan terlihat seperti “muka editan”.

Kesimpulan

Tidak seperti smartphone lain yang menawarkan harga terjangkau namun tidak memperhatikan sisi kenyamanan pengguna hingga kualitasnya, Realme 2 Pro bisa dibilang berbeda.

Smartphone ini memiliki kualitas desain dan spesifikasi mumpuni, agar para pengguna bisa nyaman menggunakannya. Selain itu, Realme 2 Pro juga dibanderol dengan harga yang terjangkau, jika dibandingkan dengan smartphone di kelas yang sama.

Perpaduan antara layarnya yang berukuran besar, dengan performa mumpuni berkat Snapdragon 660 AIE, RAM 8GB dan ROM 128GB, serta daya tahan baterai yang jempolan, menjadikannya sebagai salah satu smartphone menengah dengan spesifikasi paling mumpuni di tahun ini.

Selain itu, kamera berkualitas khas smartphone menengah ke atas dari Oppo pun memberikan nilai positif bagi Realme 2 Pro. Jadi, smartphone ini memberikan beragam hal untuk penggunanya yang menginginkan smartphone berkualitas di setiap sisinya dengan harga yang ramah di kantong. (FHP)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Redmi Display 1A, Monitor PC Pertama Bikinan Redmi

Telset.id, Jakarta - Redmi menghadirkan kejutan dengan meluncurkan sebuah perangkat baru. Bukan smartphone, melainkan sebuah monitor PC yang dinamai...

Tarif Posting Miliaran Rupiah, Ini 7 Selebgram Terkaya di Dunia

Telset.id - Selebgram atau selebriti Instagram sudah menjadi profesi yang menjanjikan. Selebgram biasanya bekerja sama dengan merek-merek ternama, dan...

Penampakan Desain Elegan dari Vivo X50 Pro

Telset.id, Jakarta - Setelah mengungkap beberapa teaser terkait kemampuan kamera Vivo X50 Pro, kini Vivo menampilkan wujud desain layar...

Tips Menggunakan Shotgun di Free Fire, Biar Bisa Booyah!

Telset.id - Senjata shotgun sering dipandang sebelah mata di dalam game Free Fire. Padahal jika digunakan dengan benar, senjata...

Samsung Exynos 880 Meluncur dengan Modem 5G Terintegrasi

Telset.id, Jakarta - Samsung seperti tak mau ketinggalan untuk merilis prosesor 5G kelas menengah. Mengikuti jejak Qualcomm, MediaTek, hingga HiSilicon...
- Advertisement -