3 Trik Hasilkan Foto Keren Pakai Smartphone

Telset.id – Saat ini teknologi kamera pada smartphone bisa dibilang makin canggih. Bagaimana tidak, sejumlah brand smartphone tak hanya memperbarui kualitas dari sensor kamera yang digunakan saja, tapi juga menyematkan sistem berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan kualitas foto.

Misalnya saja AI yang mampu menyesuaikan pengaturan kamera sesuai skenario foto, sampai AI yang secara otomatis memberikan efek bokeh pada foto. Dengan perkembangan tersebut, tentu para pengguna smartphone makin gampang untuk hasilkan foto keren berkualitas tinggi hanya dengan menggunakan kamera smartphone.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menambah Followers di Instagram

Meski demikian, sebenarnya ada beberapa hal lainnya yang bisa digunakan untuk mendapatkan foto keren pakai smartphone. Karenanya, dalam tulisan kali ini Tim Telset.id akan membagikan tips bagi Anda, agar dapat menangkap momen berkesan di dalam foto yang berkualitas.

Gunakan Smartphone dengan Kamera Berkualitas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan tentu saja kualitas kamera smartphone. Untuk menghasilkan foto yang keren, tentu membutuhkan kamera yang mumpuni untuk menangkap setiap momen yang dirasa menarik.

Salah satu smartphone dengan kamera berkualitas rekomendasi dari kami adalah Oppo F9. Smartphone dengan harga Rp 4,2 jutaan tersebut menawarkan kehandalan di kamera belakang maupun kamera depannya.

Oppo F9 mengusung kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi 16MP aperture f/1.85 dan 2MP aperture f/2.4 yang juga didukung teknologi berbasis AI. Kamera tersebut mampu mendeteksi 16 skenario foto berbeda yang dapat menyesuaikan pengaturan kamera sesuai skenario foto.

Sementara kamera depannya, beresolusi 25MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX578. Kamera ini juga didukung dengan teknologi berbasis Artificial Intelligence terbaru, yakni AI Beauty Technology 2.1 dan juga fitur AR Sticker.

Nah, Oppo F9 juga memiliki layar berukuran besar, tepatnya 6,3 inci resolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel) dengan aspek rasio 19,5 : 9. Dengan layar sebesar itu, Anda dapat melihat hasil potret Anda dengan sangat baik.

Jangan Gunakan Digital Zoom

Untuk menghasilkan gambar berkualitas, kami sarankan Anda untuk tidak pernah menggunakan fitur digital zoom. Sebab, ketika Anda memperbesar tampilan gambar pada aplikasi kamera, sebenarnya sistem hanya memangkas output dari sensor kamera, sebelum foto tersebut diambil.

Sehingga, foto akan kehilangan kualitas aslinya dan menyebabkan foto yang Anda ambil cenderung pecah dan tidak menarik untuk dipandang, apalagi untuk dipamerkan di media sosial.

Baca Juga: Berkualitas, Ini Hasil Jepretan Kamera Oppo F9

Tapi apabila Anda memiliki smartphone yang sudah disematkan teknologi kamera ganda dengan konfigurasi lensa normal dan telephoto dengan 2x optical zoom, Anda bisa menggunakan fitur optical zoom untuk memperbesar gambar. Kualitasnya tidak akan menurun seperti digital zoom, dan cocok digunakan untuk mengambil foto macro.

Jangan Lupa, Edit!

Hal terakhir demi menghasilkan foto yang keren adalah, edit. Ya, Anda tidak boleh “pasrah” begitu saja dengan foto yang dihasilkan oleh kamera smartphone.

Untuk membuatnya tampak lebih berkualitas, Anda harus mengedit foto tersebut menggunakan aplikasi yang kredibel. Jika Anda jago edit foto, tentu Anda familiar dengan aplikasi seperti Photoshop ataupun Lightroom.

Namun, jika Anda tidak ingin repot atau kurang menguasai dua aplikasi tadi, sebaiknya Anda gunakan saja aplikasi seperti Snapseed buatan Google yang mampu mengubah foto dari smartphone menjadi jauh lebih berkualitas.

Baca Juga: Canon: Kamera Smartphone Cuma Jago di Software

Aplikasi tersebut mampu menyesuaikan tampilan foto secara otomatis, memberikan kedalaman detail yang lebih baik, bahkan memungkinkan para penggunanya untuk memilih skenario foto sesuai keinginan. Seperti Black & White, Noir, Grainy Film, Retrolux, sampai HDR Scape. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI