5 Fitur iOS 12 Paling Keren yang Harus Kamu Tahu

Telset.id – Pada Juni lalu, ketika Apple menggelar acara Worldwide Developer Conference, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini memperkenalkan iOS 12. Beberapa bulan berselang, akhirnya Apple resmi merilis iOS 12 di acara Apple Special Event, yang diselenggarakan di Steve Jobs Theater, Amerika Serikat.

Ada sejumlah fitur iOS 12 terbaru dan juga peningkatan performa untuk perangkat yang mendukung iOS 12, seperti iPhone X, iPhone 8 dan 8 Plus, iPhone 7 dan 7 Plus, iPhone 6S dan 6S Plus, iPhone SE, iPhone 6 dan 6 Plus, iPhone 5S, iPad Pro (9,7 inci, 10,5 inci, dan 12,9 inci), iPad (2018, fifth-gen, Air, Air 2, Mini 2, 3, dan 4), serta iPod Touch sixth-gen.

Baca Juga: Gak Perlu Nunggu Update, Ini Cara Install iOS 12

Tentu menarik untuk mengetahui fitur-fitur baru pada iOS 12. Namun, seperti dilansir dari Digital Trends, Kamis (13/09/2018), Tim Telset.id akan memberikan fitur-fitur keren dan penting pada iOS 12 yang perlu Anda ketahui. Check this out!

Siri Shortcuts

Fitur pertama ini bisa dibilang makin membuat asisten pribadi berbasis Artificial Intelligence (AI), Siri menjadi lebih powerful dan mengerti penggunanya. Dengan Siri Shortcuts, Siri mampu melakukan lebih banyak tindakan cepat dan tepat bagi pengguna, asalkan sudah diatur terlebih dahulu melalui aplikasi SHortcuts.

Misalnya ketika pengguna menggunakan aplikasi Tile yang biasanya dipasangkan dengan kunci rumah, atau sejenisnya. Ketika pengguna membuat perintah shortcut baru pada Siri seperti “I lost my keys“, maka saat pengguna kehilangan kuncinya, Siri akan langsung mencari Tile yang terhubung dengan kunci tersebut.

Baca Juga: Apple Watch Series 4, Smartwatch Terpintar Saat Ini

Selain itu, Siri juga bakal memberikan saran aplikasi yang dapat digunakan di lockscreen iPhone. Bahkan Siri juga dapat memberikan pengingat untuk hari ulang tahun orang-orang spesial, sampai memberi saran bahwa iPhone Anda harus masuk ke mode Silent, ketika berada di kantor.

Memoji

Pada iOS 12, Apple menghadirkan lebih banyak lagi karakter Animoji, seperti Koala, Tiger, T-rex, bahkan hingga karakter Ghost. Ada fitur baru juga yang memungkinkan pengguna membuat karakter Animoji utnuk menjulurkan lidah atau mengedipkan mata.

Tapi yang menarik di iOS 12 adalah, hadirnya fitur Memoji, yang bisa dibilang merupakan respon terhadap AR Emoji milik Samsung. Pengguna dapat menciptakan karakter berbasis Augmented Reality (AR) yang menyerupai wajah mereka.

Baca Juga: iPhone Xs, Suksesor Sempurna iPhone X

Pengguna juga dapat memilih gaya rambut, warna mata, dan sejumlah efek yang menarik. Seperti Animoji, pengguna dapat menambahkan Memoji pada iMessage mereka dan juga dapat ditambahkan hal lain seperti filter, teks, hingga stiker.

Maps yang Makin Lengkap

Apple pun meningkatkan aplikasi Maps pada iOS 12. Peningkatan tersebut berupa perubahan besar dengan menambahkan lebih banyak detail rumit pada beberapa titik-titik tertentu.

Meski begitu, Maps yang lengkap baru aktif pada titik San Francisco Bay Area, dengan menampilkan tanaman hijau, bangunan sekitar, dan lainnya. Apple berjanji akan meluncurkan fitur serupa pada sejumlah titik potensial lainnya, seperti California Utara, Amerika Serikat pada tahun depan.

Baca Juga: Smartphone Murah Apple Diluncurkan, iPhone Xr

Group FaceTime

Kini pengguna Group Facetime di iOS 12 dimungkinkan untuk mengobrol hingga 32 orang secara bersamaan. Karena sekarang terintegrasi dengan iMessage, maka pengguna dapat dengan mudah mengatur panggilan Group FaceTime melalui obrolan grup di iMessage.

Menariknya, Group FaceTime juga terintegrasi dengan Memoji, sehingga pengguna dapat menyematkan Memoji ala mereka saat melakukan panggilan FaceTime. Pengguna juga dapat menambahkan stiker khusus untuk menambah keseruap Group FaceTime.

Baca Juga: iPhone Xs Diperkenalkan, Pintar Berkat Apple A12 Bionic

Sayangnya, saat pengguna memperbarui iOS 12, mereka tidak akan langsung mendapatkan fitur ini. Sebab, Apple berencana akan menghadirkannya pada musim gugur mendatang.

Respon Cepat saat Darurat

iOS 12 memiliki fitur baru yang mampu merespon dengan cepat ketika pengguna dalam keadaan darurat. Lewat fitur ini, iPhone atau perangkat iOS 12 lainnya akan secara otomatis memberikan data lokasi ke kontak terpercaya yang sebelumnya diatur oleh pengguna dan juga ke layanan 911.

Fitur ini menggabungkan teknologi Hybridized Emergency Location (HELO) milik Apple yang mampu mendapatkan lokasi pengguna iPhone berdasarkan lokasi BTS terdekat, GPS dan Wi-Fi Access Points dengan teknologi buatan RapidOS. Sehingga iOS 12 dapat memberikan informasi data lokasi pengguna ke layanan 911.

Well, manakah fitur yang paling keren menurut Anda. Kami juga sebelumnya sudah memberikan trik untuk mendapatkan iOS 12 tanpa harus menunggu penyebaran update oleh Apple. So, yuk segera update ke iOS 12. (FHP)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

MediaTek Rilis MT3729, Prosesor yang Ideal untuk Data Center

Telset.id, Jakarta - MediaTek mengumumkan ketersediaan prosesor MT3729 untuk data center. Chipset ini dirancang kebutuhan transmisi data cepat, tetapi...

Black Shark 3S Telah Diperkenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Telset.id, Jakarta - Black Shark 3S telah resmi diperkenalkan dengan membawa sejumlah peningkatan spesifikasi dari seri Black Shark 3. Ponsel gaming...

Nonton Video Klip Musisi Favorit Kini Bisa di Facebook Watch

Telset.id, Jakarta – Anda bisa menonton video klip original dari musisi internasional di Facebook Watch. Selama ini, pengguna hanya...

Biar Cuan, Twitter Kasih Fitur Khusus untuk Pengguna Premium

Telset.id, Jakarta – Ke depannya, pengguna Twitter Premium bakal punya akses ke fitur khusus. Fitur tersebut merupakan keistimewaan yang didapatkan...

Pengguna Netflix Android Bisa Atur Kecepatan Film Hingga 1,5x

Telset.id, Jakarta – Aplikasi Netflix di Android kini mendukung fitur baru. Sekarang, pengguna Netflix Android bisa atur kecepatan playback...
- Advertisement -