12 Tips Belanja Online Murah dan Hemat untuk Persiapan Lebaran

Telset.id – Bulan Ramadan dan lebaran kerap dimanfaatkan e-commerce dan marketplace untuk menawarkan berbagai program promo belanja yang menarik. Agar tidak kalap, kami akan membagikan tips belanja online yang murah dan hemat.

Dari beragam promo yang ditawarkan, tentunya para online shopper harus bijak dan cermat untuk mendapatkan harga terbaik serta mendapatkan manfaat dari program promo tersebut.

Namun tentu saja tidak bijak jika Anda mengumbar “nafsu belanja” saat melihat program-program diskon yang menggoda itu. Hal paling penting yang harus diingat saat berbelanja online adalah harus lebih waspada pada modus penipuan.

BACA JUGA: 

12 Tips Belanja Online Murah dan Hemat

Selain waspada akan bahaya penipuan, Anda juga dianjurkan untuk bisa lebih manahan diri. Belanjalah sesuai kebutuhan, karena biasanya harga produk yang murah serta diskon besar memicu perilaku impulsif dalam berbelanja online.

Well, kali ini tim Telset.id akan memberikan beberapa cara belanja online yang hemat selama ramadan dan menyambut lebaran.

1. Pilih Toko yang Sudah Terautorisasi

cara belanja onlineTakut akan produk yang palsu atau penipuan menjadi salah satu alasan mengapa masih ada beberapa orang masih enggan untuk berbelanja online. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda lebih teliti memilih toko-toko yang ada di platfrom marketplace, seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee.

Biasanya platform marketplace memberikan tanda atau simbol toko mana yang sudah terautorisasi, dan mana yang belum. Toko online yang telah mendapatkan tanda autorisasi ini sudah terjamin keaslian dan pelayanannya.

2. Lihat Rating dan Kolom Ulasan Produk

tips berbelanja online

Jika Anda masih tetap ragu akan keaslian produk walaupun sudah mengunjungi toko yang sudah terautorisasi.

Sempatkan waktu untuk melihat rating serta membaca setiap review atau ulasan produk dari pelanggan sebelumnya. Dari ulasan tersebut, Anda bisa memperkirakan kualitas dari barang tersebut.

3. Aktifkan Push Notification Aplikasi Belanja Online

tips belanja online
Ilustrasi Push Notification

Bagi Anda yang tidak suka menerima newsletter, karena akan membuat kotak masuk surel penuh, tidak ada salahnya aktifkan push notification aplikasi belanja online yang Anda miliki.

Push Notification dapat berfungsi sebagai pengingat, jadi Anda tidak ketinggalan jika ada promo flashsale selama bulan Ramadan dari platform e-commerce favorite Anda.

4. Cermati Promo dengan Bijak dan Sesuai Kebutuhan

Hasil gambar untuk online store promo ramadhan

Tidak dipungkri promo dan diskon selalu menjadi pemikat konsumen untuk berbelanja di platform e-commerce. Memanfaatkan promo ini juga menjadi salah satu cara belanja online yang hemat.

Berdasarkan data terbaru dari Accenture, hampir ¾ digital buyers di Indonesia mengaku harga produk yang murah serta diskon besar memicu perilaku impulsif dalam berbelanja online.

Selama Ramadan ini, banyak platform belanja online yang memberikan beragam program diskon, bahkan ada yang sampai memberikan potongan harga hingga 90%. Namun, tentunya konsumen jangan terbuai dengan promo yang diberikan. Konsumen harus cermat dan teliti memilih platform mana yang mampu memberikan harga terbaik.

5. Manfaatkan Jam “Ngabuburit” dan Sahur

Berdasarkan studi terbaru Shopback, masyarakat Indonesia lebih banyak mengunjungi platform e-commerce pada pukul 16.00 -17.00 WIB, jam-jam dimana masyarakat menunggu waktu berbuka puasa.

Waktu ini turut dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk menggaet lebih banyak lagi konsumen. Salah satunya dengan memberikan promo menarik atau kuis spesial Ramadan yang memberikan voucher belanja hingga ratusan ribu rupiah

Begitu pun halnya dengan waktu Sahur, ada beberapa e-commerce yang menawarkan promo khusus saat sahut. Seperti Tokopedia dengan Promo Sahur serta Shopee yang menyelenggarakan flashsale di setiap sahur.

6. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Saat ini platrom e-commerce memberikan beragam pilihan metode pembayaran untuk mempermudah konsumen untuk melakukan transaksi. Platform e-commerce bahkan bekerja sama dengan berbagai bank besar di Indonesia untuk memberikan potongan harga serta program cicilan dengan bunga rendah.

Bahkan ada platform e-commerce yang menyediakan program cicilan tanpa harus memiliki kartu kredit dari bank rekanan. Kuncinya, perhatikan platform belanja online yang memberikan diskon seuai dengan kartu yag dimiliki. Jika masih ragu akan keamanan kartu bank, Kamu bisa memilih metode pembayaran di tempat atau Cash on Delivery (COD).

7. Cari Gratis Ongkir

tips belanja online

Saat ini banyak e-commerce yang menyediakan promo gratis ongkir. Penggunaan promo gratis ongkir ini merupakan cara belanja online sangat berguna dan menghemat budget yang Anda keluarkan.

Promo gratis ongkir ini biasanya tersedia dalam bentuk potongan biaya dari total ongkir, atau gratis ongkir sepenuhnya. Tentu ini merupakan penawaran yang akan sangat sayang dilewatkan begitu saja.

8. Manfaatkan Cashback

tips belanja online

Selain menyediakan gratis ongkir, beberapa e-commerce juga menyediakan fitur cashback untuk para penggunanya. Dengan ini konsumen bisa memperoleh “uang kembalian” dari total belanja.

Biasanya cashback yang diberikan dengan jumlah persenan. Meski nominal cashbacknya mungkin tidak besar, namun jika sering digunakan lama-lama jumlah cashback juga akan semakin banyak.

9. Bandingkan Harga

Tips Belanja Online Murah dan Hemat untuk Persiapan Lebaran

Tips belanja murah berikutnya, bandingkan harga antar produk yang ingin Anda beli. Perbandingan bisa Anda lakukan di platform e-commerce yang sama atau dari beberapa e-commerce yane berbeda.

Biasanya, produk di suatu e-commerce bisa berbeda dengan e-commerce lainnya. Setelah membandingkan, Anda bisa membeli produk dengan harga termurah.

10. Beli Produk yang Dibutuhkan

Tips belanja online murah saat ramadan berikutnya adalah, jangan selalui tergiur dengan promo yang diberikan oleh e-commerce. Hanya beli produk yang Anda butuhkan.

Dengan membeli produk yang dibutuhkan sesuai tips belanja online hemat ini, pengeluaran Anda tidak akan membengkak dan menjadi aman karena membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

11. Perhatian Gambar Produk

Berbagai marketplace memperlihatkan menyediakan produk beserta gambarnya, namun beberapa toko menggunakan foto yang sama. Jadinya, Anda perlu memerhatikan berbagai gambar produk tersebut.

Hal ini juga berkaitan dengan keaslian dan kondisi produk yang ingin Anda beli, agar Anda tidak salah membeli dan menghindari penipuan tips ini perlu diikut aga belanja online menjadi aman. Selain itu, Anda juga tidak perlu segan menghubungi penjual untuk mengirim gambar produk sedetail mungkin.

12. Riset Produk Terlebih Dahulu

Riset produk yang Anda cari merupakan tips belanja online aman. Tips belanja ini juga upaya Anda untuk menghindari penipuan, karena kalian sudah mengetahui setiap detail dari produk yang dicari.

Untuk mengetahui detail spesifikasi produk yang kalian cari, biasanya brand menyediakannya di website resminya. Jadinya, pada saat Anda menguasai informasi, kemungkinan besar penipuan dan hal buruk lainnya bisa dihindari, serta bisa berhemat karena bisa mengetahui harga termurah di pasaran.

BACA JUGA:

Dengan mengikuti 12 tips belanja hemat ini, Anda tidak perlu khawatir akan over spending saat berbelanja online. Cermat dalam memilih serta bijak dalam membuat keputusan menjadi kunci untuk mendapatkan keuntungan saat berbelanja di bulan yang penuh berkah ini. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI