Begini Cara Bikin Browser Mozilla Firefox Bisa ‘Ngebut’

Telset.id, Jakarta – Mozilla Firefox merupakan salah satu peramban atau browser yang banyak digunakan, selain Chrome dan Opera. Browser Mozilla Firefox disukai karena dapat digunakan pada laptop atau komputer spesifikasi rendah, tidak seperti Chrome atau Opera yang membutuhkan komputer atau laptop dengan RAM yang cukup besar.

Akan tetapi, Mozilla Firefox punya kelemahan dibanding dua pesaingnya itu. Ya, setelah menggunakannya, pengguna akan merasakan performa dari peramban tersebut akan menurun.

Eitss.. tapi jangan buru-buru mencopot pemasangan Mozilla Firefox Anda, karena tim Telset.id punya tips untuk membuat peramban ini bisa ‘ngebut’ saat digunakan berseluncur di Internet.

[Baca juga: Terkuak! Developer iOS Bocorkan Nama iPhone 8]

Nah, silahkan simak tips buat browser Mozilla Firefox bisa ngebut, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Percepat Membuka Firefox

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pengguna Firefox lawas adalah lambatnya saat ingin membuka peramban tersebut. Meskipun telah mengunduh versi terbaru, namun masih belum ada perubahan.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat membuka Firefox adalah dengan melakukan pengaturan halaman awal. Caranya adalah dengan mengklik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas peramban, dan pilih Options.

Firefox Options (telset.id | nur chandra)

Setelah itu, laman pengaturan akan terbuka. Di tab General, perhatikan bagian Startup. Untuk memperingan waktu pembukaan peramban, pilih pengaturan Show a Blank Page.

Firefox Blank Page (telset.id | nur chandra)

2. Jalankan Firefox Tanpa Add-on dan Extension

Sama seperti peramban lain, Firefox juga memiliki aplikasi Add-on dan Extension untuk menambahkan fungsi dari peramban tersebut. Namun terkadang, para pengguna terlalu banyak memasang aplikasi tersebut dan memperlambat kinerja peramban.

Salah satu solusinya adalah dengan menonaktifkan seluruh aplikasi Add-on dan Extesion. Namun ada cara yang lebih mudah dari menghapus aplikasi tersebut satu per satu.

Caranya adalah dengan masuk ke laman pengaturan dengan mengklik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan dan memilih Options. Setelah masuk, di bagian bawah menu ada ikon tanda tanya, klik ikon tersebut.

Firefox Options (telset.id | nur chandra)

Kemudian, menu baru akan muncul. Cari pilihan Restart with Add-ons Disabled.

Firefox Add-on (telset.id | nur chandra)

Setelah di pilih, Firefox akan menampilkan dua pilihan, yakni Start in Save Mode atau Refresh Firefox. Pilih Start in Save Mode. Secara otomatis, seluruh Add-on dan Extension akan dinonaktifkan.

3. Akselarasi Kemampuan Firefox

Secara default, peramban Firefox di setting untuk berjalan dengan lancar di komputer atau laptop dengan spesifikasi rendah. Namun, jika Anda memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi mumpuni, dimana terdapat VGA eksternal dan RAM lebih dari 8GB, maka Anda bisa membuat peramban ini jauh lebih cepat.

Caranya adalah dengan membuka menu Options dengan mengklik ikon tiga garis di bagian pojok kanan atas.

Firefox Options (telset.id | nur chandra)

Setelah terbuka, lihat bagian General. Di bagian bawah ada menu Performance. Hilangkan centang di pilihan Use Recomended Setting. Setelah itu, akan muncul menu baru, centang Use Acceleration When Avaible. Selanjutnya, pilih Conten Process Limit lebih dari 4 (empat).

Firefox Boost Performance (telset.id | nur chandra)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Harga Apple AirPods Pro “Lite” Cuma Rp 2 Jutaan?

Telset.id, Jakarta - Apple dilaporkan tengah mempersiapkan model "lite" dari AirPods Pro. Kabarnya, earphone TWS Apple tersebut bakal dijual dengan harga...

Robot Koki Ini Memasak untuk Pasien Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Teknologi robot digunakan demi menjaga logisitik pasien Virus Corona. Informasi terbaru menyebut jika ada 2 robot...

Pabrik Samsung Galaxy Z Flip Tutup Akibat Terinfeksi Corona

Telset.id, Jakarta - Beberapa waktu lalu, dilaporkan bahwa pabrik Samsung yang berada di Gumi, Korea Selatan ditutup sementara akibat...

Fatal! Kecanduan Gadget Bisa Mengubah Bentuk Otak manusia

Telset.id, Jakarta - Kecanduan gadget terbukti memberikan dampak buruk bagi fisik manusia. Penelitian terbaru menyebut jika kecanduan HP pintar...

Pendukung Bumi Datar Tewas Saat Ingin Buktikan Teorinya

Telset.id, Jakarta - Pendukung teori Bumi datar, Mike Hughes tewas pada Sabtu (22/02) di usia 64 tahun. Pria yang...
- Advertisement -