Xiaomi Meri Gunakan Chipset Buatan Sendiri?

Telset.id, Jakarta – Awal tahun ini, sebuah sumber melaporkan bahwa Xiaomi berencana akan menggunakan chipset sendiri untuk smartphone mereka yang akan dirilis akhir tahun ini. Kabarnya chipset buatan sendiri itu akan digunakan di ponsel berharga murah yang dirilis pada semester kedua tahun ini.

Rencana ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama waktu. Kalau Anda masih ingat, pada pada tahun 2014 lalu, sebuah perusahaan bernama Beijing Pinecone Electronics yang dikendalikan oleh Xiaomi menandatangani perjanjian dengan desainer chip asal China, Leadcore Technology Ltd, merancang chip 4G chip dengan multiple mode.

[Baca juga: Tak Ingin Ketergantungan, Xiaomi Putuskan Bikin Prosesor Sendiri]

Akun Weibo @Science and Technology menduga bahwa chip prosesor yang dipakai di Xiaomi Meri adalah salah satu dari chip buatan Pinecone. Dugaan ini juga diperkuat dengan informasi yang terungkap di AnTuTu tentang data EXIF dari bocoran foto screenshot Xiaomi Meri, dimana terlihat jelas kata Pinecone.

[Baca juga: Xiaomi Meri Muncul di AnTuTu dan Geekbench]

Rencana Xiaomi akan menggunakan chip buatan sendiri di produk smartphone mereka tentunya menjadi kabar buruk bagi para produsen chip, seperti Qualcomm dan MediaTek. Pasalnya kedua pabrikan chipset tersebut selama ini menjadi pemasok chip terbesar bagi semua smartphone Xiaomi.

Bisa dibayangkan bagaimana pusingnya Qualcomm dan MediaTek karena harus kehilangan jutaan dollar karena chip buatan mereka tak lagi digunakan oleh produk-produk Xiaomi yang selama ini laris manis di pasaran karena dijual dengan harga murah tapi dengan spesifikasi mumpuni.[HBS]

 

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI