Tak Ingin Ketergantungan, Xiaomi Putuskan Bikin Prosesor Sendiri

Xiaomi smartphone ilustrasiJAKARTA – Setelah dikabarkan akan menggelar acara pada 13 Agustus mendatang – diduga memperkenalkan Xiaomi Redmi Note 2 – Xiaomi baru-baru ini kembali membuat berita. Perusahaan asal Tiongkok itu dikabarkan sedang bersiap untuk membuat prosesor mobile-nya sendiri.

Menurut laporan website China, CN Beta, seperti dilansir telsetNews dari Phone Arena, Rabu (5/8/2015), Xiaomi akan meluncurkan prosesor besutannya ini paling cepat pada awal 2016. Sebagai permulaan, Xiaomi akan menggunakan chipset ini pada perangkat low-end, dimulai dengan smartphone Redmi mendatang.

Xiaomi berharap dengan adanya prosesor sendiri ini – yang dikembangkan bersama pembuat chip asal China, Leadcore – dapat mengurangi ketergantungan mereka pada dua pembuat chipset ternama, Qualcomm dan MediaTek.

Seperti diketahui, saat ini kebanyakan smartphone Xiaomi ditenagai oleh CPU yang dibuat kedua perusahaan tersebut. Mulai dari Redmi 1S dan Redmi Note yang dirilis tahun lalu, Redmi 2 yang diperkenalkan awal tahun ini, hingga  Redmi Note 2 yang dijadwalkan meluncur bulan ini dengan membawa prosesor Qualcomm Snapdragon 615 di badannya. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI