GPU NVIDIA dan AMD Bisa Tingkatkan Kualitas Video di Microsoft Edge

Telset.id, Jakarta – Laporan terbaru saat ini mengungkapkan bahwa GPU NVIDIA dan AMD bisa tingkatkan kualitas video web yang kurang baik di browser Microsoft Edge.

Sebelumnya, para pengguna GPU NVIDIA sudah bisa memanfaatkan kartu grafisnya untuk meningkatkan kualitas video di Chrome dan Edge. Kini, fitur tersebut semakin diperluas dengan kartus grafis AMD yang bisa dimanfaatkan di Edge.

Dilansir Telset dari Engadget, Microsoft sedang melakukan pengujian Video Super Resolution di browser Edge Canary untuk tingkatkan kualitas video dan menghapus gambar buram di video web dengan resolusi di bawah 720p dengan GPU dari AMD dan NVIDIA.

BACA JUGA:

Untuk memanfaatkan fitur ini, setidaknya pengguna harus memiliki NVIDIA GeForce RTX seri 20 atau AMD Radeon RX5700, namun fitur ini tidak dapat membantu jika pengguna ingin menonton video YouTube yang sudah lama atau ingin menghemat kuota paket data seluler.

Selain itu, ada beberapa syarat sebagai permulaan, yaitu fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Windows. Pengguna harus menyambungkannya jika menggunakan laptop dan video.

Pengguna juga harus memaksa browser Edge menggunakan GPU khusus jika laptopnya tidak memiliki pengaturan grafis hybird. Dukungan video hybrid otomatis sedang dikembangkan oleh Microsoft.

Teknologi untuk meningkatkan kualitas video ini bergantung pada algoritma agnostik GPU. Microsoft harus menambahkan DirectX 12 ke mesin Google Chromium, yang biasanya menggunakan DirectX 11.

BACA JUGA:

Hal tersebut membuat kerangka pembelajaran mesin dapat berinteraksi dengan browser, dan membantu menjaga beban komputasi komputer menjadi ringan.

Saat ini, Video Super Resolution hanya tersedia untuk segelintir pengguna Edge Canary, namun Microsoft mengatakan ini akan tersedia untuk lebih banyak pengguna dalam minggu-minggu mendatang.

Microsoft juga berencana untuk menambah daftar GPU yang mendukung fitur ini agar menjadi lebih banyak. [FY/HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI