telset

Uji Performa Redmi 8: Smartphone Rp 1,5 Jutaan, Spek Tak Biasa

Gaming

Redmi 8
Foto: Aditya Helmi/Telset.id

Siapa bilang smartphone low-end tidak bisa diajak main game berat? Lihat saja Redmi 8. Kombinasi antara Snapdragon 439 dengan GPU Adreno 505, RAM berkapasitas besar, baterai jumbo, serta fitur gaming bernama “Game Turbo”, membuatnya mampu menjalankan game ringan sampai berat.

Game Turbo mampu mengangkat performa smartphone ketika menjalankan game yang telah didaftarkan. Lewat mode bernama “Performance Mode”, bandwidth internet akan dimaksimalkan dan diprioritaskan untuk game, kemudian performa smartphone pun akan ditingkatkan dengan baik. 

Game Turbo juga mampu memberikan informasi secara real-time saat main game, seperti fps counter, kualitas jaringan, dan lainnya. Fitur gaming yang tergolong lengkap, meskipun tidak menyandang gelar sebagai smartphone gaming

Dalam pengujian gaming, kami mengkategorikan game yang dimainkan menjadi 3 bagian. Game low yang berisi Angry Birds, Subway Surfers, dan Clash of Clans. Kemudian game mid, yang berisi Mobile Legends, AoV, serta Free Fire. Lalu game high, yakni COD Mobile, F1 Mobile, dan PUBG Mobile. 

{Baca juga: Review Redmi Note 8 Pro: Comeback Sempurna dari Xiaomi}

Dari ketiga kategori tersebut, hanya kategori game high yang membuat Redmi 8 keteteran. Cukup terasa lag ketika memainkan ketiga game di kategori ini, khususnya F1 Mobile. 

Beruntung, untuk COD Mobile dan PUBG Mobile, kedua game tersebut bisa diatur kualitas grafisnya sehingga rasa “ngelag” bisa teratasi.

Ketika kami menurutkan kualitasnya menjadi Low dan Very High untuk COD Mobile, serta Smooth dan Medium untuk PUBG Mobile, kami bisa mendapatkan rata-rata 50 – 60fps untuk COD Mobile dan 20 – 25fps bagi PUBG Mobile. 

Kesimpulan

Redmi 8
Foto: Aditya Helmi/Telset.id

Apabila ditarik satu kesimpulan dari uji performa sekaligus gaming test ini, kami menilai Redmi 8 masih sangat layak untuk dibeli di tahun ini. Ada dua alasan mengambil kesimpulan tersebut.

Pertama, smartphone ini dibanderol dengan harga yang murah. Kedua, meski dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan, tapi Redmi 8 tidak mengusung spesifikasi yang pas-pasan. Padahal biasanya, smartphone dengan harga Rp 1 jutaan memiliki spesifikasi “serba terbatas”.

Redmi 8 memiliki spesifikasi yang mampu diajak main game dan multi-tasking. Juga, smartphone ini memiliki baterai berkapasitas besar dengan kemampuan fast charging 18W. Meski demikian, semua keputusan tetap ada pada diri Anda ya, sob! (MF/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0