Uji Performa Oppo Reno4 F: Kinerja Oke dengan Helio P95

Spesifikasi Performa Oppo Reno4 F

Telset.id – Oppo Reno4 F menjadi ponsel terbaru dengan spesifikasi kelas menengah yang beredar di Indonesia. Dalam kesempatan kali ini, kami ingin melakukan uji performa keseluruhan dari Oppo Reno4 F. Penasaran?

Oppo Reno4 F merupakan smartphone kelas menengah dengan spesifikasi yang tergolong cukup bagus. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor octa-core MediaTek Helio P95. Prosesor tersebut juga digunakan pada seri Reno lainnya, tepatnya Oppo Reno3 Pro.

MediaTek Helio P95 merupakan suksesor dari Helio P90. Prosesor ini menjanjikan peningkatan kinerja hingga 10 persen lebih baik dibanding seri sebelumnya, beserta beragam kelebihan lainnya.

Salah satu fitur menarik yang dibenamkan MediaTek pada Helio P95 adalah HyperEngine. Fitur ini akan mampu “menggenjot” performa smartphone saat digunakan untuk bermain game.

MediaTek Helio P95 juga punya performa artificial intelligence atau AI yang tinggi. Berdasarkan pengujian AI benchmark yang dilakukan MediaTek, Helio P95 jauh lebih baik dibandingkan Snapdragon 845 dan Kirin 980.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Dipadukan dengan RAM 8GB, memori penyimpanan 128GB yang dapat diperluas hingga 512GB melalui keberadaan 3 slot kartu, serta baterai 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 18W.

Oppo Reno4 F telah berjalan di sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Sistem operasi ini akan memberikan pengalaman yang baru berkat adanya Infinite Edge Design, OSIE atau Oppo Screen Image Engine, dan fitur-fitur terbaru lainnya.

Uji Performa Oppo Reno4 F

Spesifikasi Performa Oppo Reno4 F

Dalam melakukan uji performa Oppo Reno4 F, kami menggunakan tiga aplikasi benchmark, yaitu AnTuTu Benchmark, PCMark, dan 3DMark. Selain itu, kami menguji performa smartphone ini dengan kondisi menggunakan mode “High Performance”.

Mode ini bisa diaktifkan melalui pengaturan baterai, dan pilih High Performance Mode. Tapi perlu diingat, ketika mode ini diaktifkan, konsumsi baterai akan jauh lebih boros dibandingkan mode normal.

AnTuTu Benchmark

Ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio P95, performa Oppo Reno4 F masih terbilang cukup tinggi untuk sebuah smartphone kelas menengah. Berdasarkan pengujian kami menggunakan AnTuTu Benchmark, smartphone ini meraih skor 216 ribuan poin.

Berdasarkan menu ranking di aplikasi, perolehan benchmark Oppo Reno4 F lebih baik dari Realme 3 Pro (215.561), Redmi Note 7 Pro (213.709), sampai Samsung Galaxy A51 (192.383). Namun, skornya masih kalah jauh dari Xiaomi Mi Note 10 (270.469) sampai Redmi Note 9 Pro (278.312).

3DMark

Performa GPU dari smartphone ini tergolong cukup bagus. Berdasarkan 3DMark, Oppo Reno4 F memperoleh skor 2.357 poin untuk Sling Shot dan 1.291 poin untuk Sling Shot Extreme.

Menurut 3DMark, 69% ponsel yang pernah diuji menggunakan aplikasi ini tidak lebih baik performa GPU-nya dibandingkan Oppo Reno4 F.

PCMark

Reno4 F juga asyik diajak untuk urusan multitasking maupun pekerjaan normal, seperti chattingbrowsinglive streaming, dan lainnya.

Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark, smartphone ini memperoleh skor 8.840 poin. Skor benchmark ini pun memang terbukti, karena selama kami menggunakan Reno4 F, kami menjalankan lebih dari satu aplikasi bergantian atau dua aplikasi bersamaan dengan lancar.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 F yang Meluncur di Indonesia}

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 F

Spesifikasi Performa Oppo Reno4 F

Reno4 F dibekali layar Super AMOLED berukuran besar, tepatnya 6,43 inci. Resolusi layarnya Full HD+ dengan aspek rasio cinematic 20 : 9.

Layarnya pun dirancang dengan desain Dual Punch Hole alias lubang kamera. Oppo mengklaim, lubang kamera tersebut punya diameter 3,7mm yang memastikan pengguna mendapatkan layar yang lapang.

Smartphone ini sudah ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio P95, dipadukan dengan RAM 8GB, memori penyimpanan 128GB, serta baterai 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 18W.

Ke sektor spesifikasi kamera, Reno4 F dilengkapi total enam kamera dengan spesifikasi dan konfigurasi yang diklaim bisa memenuhi kebutuhan anak-anak muda untuk berkreasi dan tampil dinamis.

{Baca juga: Perbedaan Oppo Reno4 dan Reno4 F, Bagus Mana?}

Smartphone ini punya dua kamera depan yang disisipkan pada dual punch-hole pada sudut kiri atas layarnya yang berjenis Super AMOLED. Konfigurasinya berupa 16MP lensa utama f/2.4 dan kamera depth 2MP f2.4.

Kamera depan Reno4 F sudah mendukung fitur Ultra Steady berkat kombinasi teknologi EIS atau electronic image stabilization dan sensor gyroscope.

Sementara kamera belakang, terdiri dari kamera utama 48MP f/1.8, ultrawide 8MP f/2.2, makro 2MP f/2.4, dan depth 2MP f/2.4. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here