telset

Samsung Galaxy A5

SAMSUNG CSCGalaxy A5 merupakan produk Samsung dari segment menengah. Seri ini kelanjutan dari seri Alpha yang tahun lalu diluncurkan. Kalau dilihat harganya kemungkinan ini setengah harga dari Samsung Galaxy S6 yang segera diluncurkan. Bermodalkan bingkai logam membuatnya terlihat seperti ponsel dari kelas premium. Seperti apa sih kelebihannya! Yuks simak ulasan di bawah ini;

Harga ±Rp 4.999.000

Design

Kita sudah mengetahui, mungkin beberapa dari Anda akan mengatakan: “ini tampak seperti iPhone.” Yups! Galaxy A5 adalah bukti lebih lanjut dari fokus Samsung pada kualitas desain. Perubahan material plastik yang dirubah dengan penggunaan bahan logam. Ini sebenarnya lanjutan dari beberapa produk yang diluncurkan dimulai dari Galaxy Alpha lalu Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge. Mungkin saat ini Galaxy A5 dengan material logam, merupakan ponsel Samsung yang kini didambakan sebagian dari Anda.

Perbandingan dari sisi desain dengan iPhone 5S memang tidak bisa dihindari, tetapi beberapa yang membuat Galaxy A5 unggul yakni memiliki layar lebih besar dan bodi lebih ramping 6.7mm membuatnya tampil jauh lebih menarik. Terus terang, meski ada menggunakan material plastik pada bagian belakang, Galaxy A5 tetap terlihat kokoh karena memiliki finishing yang halus. Apalagi  tampilannya cukup mewah dengan penempatan kamera yang sedikit menonjol dengan garis logam serta grill speaker logam. Sayangnya Anda harus menerima kalau Galaxy A5 merupakan desain unibody yang tidak dapat mengganti baterai secara mudah.

Yang menarik meski unibody Galaxy A5 tetap menempatkan slot memori eksternal microSD yang support hingga 64GB diposisi samping.

Kalau dilihat dari ukurannya 139.3 x 69.7 x 6.7 mm, ponsel ini sangat nyaman digunakan untuk satu tangan dan menempatkannya di saku celana jeans juaga tergolong sangat nyaman.

Sedangkan untuk penempatan tombol volume Anda bisa menggunakannya diposisi kanan dan tombol power beserta slot ada diposisi kiri. Sedangkan di bawah layar Anda akan menemukan tombol Home. Dan posisi bawah terdapat Jack audio 3.5mm dan slot MicroUSB.

Display

Samsung Galaxy A5 memiliki layar dengan ukuran 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 pixel dengan kerapatan 294ppi. Sangat ideal untuk ukuran kami, apalagi layar juga terlihat mewah. Penggunaan  layar dengan teknologi Super AMOLED yang merupakan teknologi layar tertinggi dari Samsung.

Yang membedakan dari layar IPS LCD adalah Super AMOLED memiliki kontras yang lebih unggul. Anda bisa buktikan pada saat kondisi kurang cahaya, layar akan terlihat sangat dominan dimata.

SAMSUNG CSC

AMOLED juga menampilkan warna yang sangat tajam sehingga buat Anda yang berlama-lama menggunakan ponsel ini akan merasakan kelelahan pada mata. Akan tetapi Samsung memberikan solusi agar mata Anda tidak mudah kelelahan dengan menggunakan pengaturan yang ada. Seperti pengaturan ‘Screen Mode’ dimana Anda bisa mengaturnya dengan beberapa pilihan yang ada yaitu Adaptive display, AMOLED cinema, AMOLED photo dan Basic. Untuk pengaturan adaptive bis digunakan untuk melihat hal-hal dasar seperti browsing atau bermain games. Sedangkan untuk melihat kumpulan foto di Gallery bisa menggunakan AMOLED foto karena mempengaruhi saturasi warna, sementara ketika menonton video Anda bisa menggunakan pengaturan layar AMOLED cinema.

 

Screenshot_2015-03-29-06-10-45Ukuran layar 5 inci pada Galaxy A5 cukup besar sehingga sangat layak untuk menikmati browsing, menonton video dan untuk bermain game. Ponsel ini juga memiliki pelindung goresan dengan menggunakan Gorilla Glass 4 dimana ponsel lain di kelas ini masih menggunakan Gorilla Glass 3.

Interface

Sayangnya Galaxy A5 belum menggunakan OS Android Lollipop  akan tetapi baru mengusung Android 4.4.4 Kitkat, entah kapan Samsung memberikan update OS terbaru. Samsung juga konsisten mengkombinasikan interfacenya dengan TouchWiz terbaru, yang lebih mudah dan memiliki ikon yang sangat mudah.

Untuk home screen depan Anda akan disuguhkan lockscreen yanga terdapat pilihan untuk membuka kamera atau dial pad (emergency) secara langsung. Anda juga akan melihat informasi seperti waktu dan tanggal.

Ketika Anda masuk ke homescreen, secara default Anda disuguhkan dua buah halaman, yang dapat Anda tambah sampai 7 halaman plus halaman My Magazine yang berada di paling kiri. My Magazine ini merupakan launcher dari aplikasi Flipboard.

Pada bagian dock dijejali dengan empat shortcut aplikasi dan menu drawer di sisi paling kanan yang tidak bisa Anda edit penempatannya. Untuk menampilkan pengaturan homescreen, Anda bisa tahan di bagian layar homescreen yang kosong atau mencubit layar di area homescren. Terdapat pengaturan untuk mengubah wallpaper, menambahkan widget, setting homescreen untuk mengubah transaksi efek dan menonaktifkan my magazine(Flipboard), serta pilihan untuk mengubah tema.

Untuk Bar notifikasi bisa ditarik dari atas ke bawah. Beragam pilihan akses cepat muncul di bagian paling atas. Di bawahnya ada brightness control, S finder dan Quick connect. Tak luput fitur multi window dan Smart stay yang memungkinkan layar tetap aktif saat sensor kamera mendeteksi mata Anda yang tetap menatap layar juga tersemat di Galaxy A5.

Untuk memunculkan aplikas-aplikasi yang pernah dibuka kini tidak harus menahan tombol home, karena terdapat tombol terdedikasi, Samsung juga memberikan fungsi kill all dan aplikasi task manager.

Tekan Tombol home maka fungsinya akan berubah, bila tekan sekali akan menampilkan Google Now, tekan dua kali akan menampilkan S Voice. Untuk menampilkan multi windows dengan posisi dua aplikasi berdampingan atas bawah, Anda bisa menahan tombol Back beberapa saat untuk memunculkan koleksi aplikasi. Namun, tidak semua aplikasi bisa menggunakan multi windows.

Hardware

Untuk dapur pacunya, Samsung Galaxy A5 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 quad-core 64-bit. Untuk urusan grafik Galaxy A5 menggunakan Andreno 306. Sedangkan untuk memori RAM 2GB dan memori internal 16GB terasa cukup untuk mengakomodir data Anda.

Dalam hal kinerja, Snapdragon 410 cukup mengesankan, untuk penggunaan sehari-hari terasa sebanding dengan snapdrogon 805. Membuka banyak aplikasi tidak terasa leg-nya, lalu penggunaan multitasking sangat mudah, bermain game Real Racing 3 juga mengesankan.

Sedangkan untuk baterai, Galaxy A5 menggunakan kapasitas 2300 mAh yang tidak dapat dilepas. Ini merupakan kompromi yang cukup disayangkan dikarenakan penggunaan desain unibody. Mungkin untuk beberapa orang yang tidak suka memilih tidak untuk membeli Galaxy A5 karena faktor ini. Kinerja baterai cukup baik, penggunaan seharian penuh masih mampu mengakomodir kinerja ponsel.

Camera

Samsung mengakui bahwa kamera adalah fitur penting untuk banyak pengguna dan untuk perangkat kelas menengah akan memiliki nilai tambah karena memiliki kamera berkualitas tinggi. Galaxy A5 memiliki resolusi kamera belakang 13MP dengan sensor Sony Exmor RS IMX135. Hasil yang dicapai kamera ini dalam kondisi pencahayaan yang baik hasilnya sangat cerah dan tajam, sedangkan untuk kondisi cahaya kurang, kamera Galaxy A5 juga memiliki kualitas tidak buruk.

Untuk interfacenya sangat mudah digunakan meski anak kecil sekali pun. Tetapi buat Anda yang benar-benar ingin menggunakan Anda bisa mengatur ISO, White Balance serta effect. Kamera ini juga memiliki beberapa modus yang bisa digunakan seperti Rear-cam selfie, Panorama, Night, Animated GIF, Sport , Sound & shot, Continuos shot, HDR dan Shot & more. Jika dirasakan kurang Anda bisa mendownloadnya juga.

Sedangkan kamera depan, Galaxy A5 menempatkan resolusi 5MP sayangnya tidak disertakan lampu flash. Tetapi menariknya ada modus Wide selfie yang dapat mengambil foto selfie dengan kondisi yang lebih luas.

 

selfie

wide selfieTidak itu saja penggunaan kontrol dengan melambaikan tangan, lalu secara otomatis kamera akan menjepret. Untuk mengambil foto, Anda juga bisa memanfaatkan fitur voice control. Cukup dengan mengucapkan Smile, Cheese, Capture atau Shot.

 

Video

Sedangkan untuk mengabadikan gambar bergerak, Anda dapat merekam video dengan resolusi VGA, HD dan full 1080p. Anda juga dapat memotret foto saat sedang melakukan pengambilan video.

Music

Untuk mendengarkan musik Anda diberikan dua pilihan pemutar, bawaan dari Google atau menggunakan pemutar dari Samsung. Untuk pemutar dari Samsung Anda memiliki pilihan seperti Playlish, Track, Album, Artists, Folder dan device.

Pemutar juga memberikan pilihan musik yang sesuai dengan kondisi emosi Anda saat mendengarkan. Coba saja gunakan Music Square dimana terdapat pilihan Exiting, Joyfull, Calm, dan Passionate. Anda juga mengatur SoundAlive seperti Treble, Instrument, Vocal, dan Bass ini semacam equalizer dengan pilihan Basic dan Advance.

Kelebihan

  • Penggunaan material logam
  • Kamera cepat dan tajam
  • Kinerja mumpuni
  • Layar indah

Kekurangan

  • Desain Unibody
  • Masih menggunakan OS KitKat

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0