telset

Review Xiaomi Redmi 9T: Powerful untuk Kelas Entry Level

Telset.id – Xiaomi kembali menggebrak segmen entry level di awal tahun 2021 ini dengan meluncurkan Redmi 9T. Buat Anda yang tengah mencari referensi mengenai kemampuan dari smartphone ini, Anda bisa langsung menyimak review Xiaomi Redmi 9T berikut ini.

Redmi 9T hadir dengan diiringi slogan “Jawaranya Batre Gede”. Ini merujuk pada penggunaan baterai dengan kapasitas sebesar 6.000 mAh.

Selain punya kapasitas baterai yang besar, Redmi 9T juga datang dengan spesifikasi yang tergolong menarik. Pastinya, banderol harga yang disematkan juga tak kalah menggiurkan.

So, untuk bisa tahu bagaimana performanya dan apa saja fitur yang dibawanya, langsung saja disimak review Xiaomi Redmi 9T dari tim Telset berikut ini. Enjoy!

Desain

Cover Belakang Redmi 9T
Cover Belakang Redmi 9T (Surya/Telset.id)

Redmi 9T yang masuk dapur pengujian kami memiliki balutan warna Ocean Green. Rasanya ini menjadi pilihan yang pas buat Anda yang menginginkan smartphone dengan warna colorful.

Selain Ocean Green, HP Xiaomi terbaru ini juga tersedia dalam warna Twilight Blue atau Sunrise Orange yang juga tampil ceria, atau pilihan warna Carbon Gray yang lebih gelap dan terlihat tegas.

Cover belakangnya dibuat dari material polikarbonat bertekstur dan disertai dengan desain siluet layaknya sinar yang terpancar dari frame kameranya. Tersemat juga tulisan “Redmi” yang semakin mempertegas branding-nya.

review redmi 9t
Cover Belakang Redmi 9T (Surya/Telset.id)

Meski masuk ke segmen entry level, namun Redmi 9T sama sekali jauh dari kesan smartphone murahan. Build quality dari ponsel ini juga tergolong cukup solid dan terlihat kokoh.

Smartphone ini juga sudah dibekali dengan fitur fingerprint scanner yang terintegrasi dengan tombol power di bagian sisi kanan perangkat. 

Tertanam Dual Speaker di sisi atas dan bawah, yang siap memberikan pengalaman lebih nikmat untuk pengguna saat mendengarkan lagu dan menonton video atau film di smartphone ini.

Redmi 9T
Sisi Bawah Redmi 9T (Surya/Telset.id)

Selain speaker, di sisi bawahnya juga berjajar mic dan port USB Type C. Di sisi kiri ada slot SIM tray yang bisa menampung dua SIM dan satu microSD hingga kapasitas 512 GB.

Layar

review Redmi 9T
Layar Redmi 9T (Surya/Telset.id)

Untuk memproyeksikan beragam konten pada pengguna, Redmi 9T memiliki layar dengan ukuran 6,53 inci. Menariknya, resolusi layarnya sudah Full HD+, pastinya cocok buat Anda yang doyan streaming film atau serial melalui smartphone.

Layarnya juga memiliki sertifikasi L1 Widevine, yang berarti membuat pengguna bisa menikmati berbagai tayangan yang ada di Netflix dengan resolusi HD.

{Baca Juga: Ponsel Entry-level, Redmi 9T Resmi Tiba di Indonesia}

Layarnya juga sudah dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 3, sehingga membuatnya tidak akan rentan tergores.

Tidak ketinggalan ada juga sertifikasi TUV Rheinland yang berarti layar smartphone ini rendah paparan cahaya biru. Sehingga membuat mata pengguna tidak akan cepat lelah saat menggunakan ponsel dalam waktu lama.

Spesifikasi dan Performa

Gaming di Redmi 9T
Gaming di Redmi 9T

Redmi 9T dimotori chipset Qualcomm Snapdragon 662. Kinerja dari chipset-nya ini turut didukung dengan RAM 6 GB dan memori internal seluas 128 GB.

Ada juga varian lain yang berada di bawahnya, yakni dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. 

Berikut ini hasil pengujian benchmark yang sudah kami lakukan di review Redmi 9T menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, PC Mark dan juga 3D Mark.

Hasil Benchmark Redmi 9T. AnTuTu, PC Mark dan 3D Mark
Hasil Benchmark Redmi 9T. AnTuTu, PC Mark dan 3D Mark

Penggunaan sehari-hari dengan Redmi 9T, kami sama sekali tidak menemukan kendala. Semua dapat dilakukan dengan sangat lancar.

Untuk bermain game, kami telah mencoba memainkan game PUBG Mobile di Redmi 9T. Grafik maksimal yang bisa didapatkan adalah Balanced dengan frame rate maksimal terdapat di Medium.

{Baca Juga: Redmi 9T Laris Manis di Indonesia, 15 Ribu Unit Terjual Habis}

Untuk menopang dayanya, Xiaomi membenamkan baterai dengan kapasitas 6.000 mAh. Jelas kapasitas baterai yang cukup besar dan siap menemani pengguna selama seharian penuh.

Guna mengukur seberapa lama Redmi 9T bisa digunakan, kami melakukan simulasi dengan menggunakan aplikasi PC Mark. Melalui pengujian tersebut, HP Xiaomi ini bisa tahan digunakan hingga 25 jam non stop. Bahkan baterainya masih tersisa sebanyak 19%.

Hasil Benchmark Redmi 9T AnTuTu

Agar pengisian baterai Redmi 9T bisa dilakukan lebih cepat, dilengkapi juga dengan fitur 18W fast charging. Pengisian daya yang kami lakukan dari 3% hingga 100% menghabiskan waktu sekitar 3 jam 6 menit.

Durasi pengisian dayanya memang cukup lama, namun sebanding dengan besaran kapasitas baterai dan daya tahan yang ditawarkannya.

Kamera

review redmi 9t
Kamera Redmi 9T (Surya/Telset.id)

Redmi 9T juga jadi pilihan baru untuk Anda yang menginginkan smartphone dengan empat kamera belakang. Komposisinya terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultra wide 8 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP.

Hasil kameranya bisa dibilang cukup lumayan untuk smartphone sekelasnya. Warna dari objek dapat diabadikan dengan baik dan terlihat cerah. Hanya saja pastikan untuk mengambil gambar di tempat yang cukup cahaya.

Untuk meningkatkan detail, Anda bisa mengaktifkan fitur HDR. Kameranya juga sudah mempunyai dukungan AI untuk hasil jepretan yang lebih optimal.

{Baca Juga: 5 Fitur Baru di MIUI 12.5, Lebih Hemat Daya dan Aman}

Sebab, kualitas gambar terlihat menurun dan banyak noise saat memotret di lingkungan dengan cahaya minim. Untuk mendapatkan resolusi foto yang lebih tinggi, tinggal aktifkan mode 48 MP.

Anda juga bisa berkreasi dengan berbagai mode yang disediakan, seperti ultra wide untuk sudut yang lebih luas, foto detail lebih dekat dengan mode makro hingga mengambil gambar bokeh.

Masih ada lagi fitur pendukung kamera lainnya, seperti slow motion, panorama dan juga time lapse. Tidak ketinggalan hadirnya fitur night mode untuk membantu mengabadikan momen di malam hari.

Berikut ini beberapa hasil jepretan foto yang kami abadikan dengan menggunakan kamera Redmi 9T.

Hasil Kamera Utama Redmi 9T
Hasil Kamera Utama Redmi 9T

Hasil Kamera Utama Redmi 9T
Hasil Kamera Utama Redmi 9T

Hasil Kamera Utama Redmi 9T
Hasil Kamera Utama

Hasil Kamera Night Mode Redmi 9T
Hasil Kamera Night Mode

Hasil Kamera Makro Redmi 9T
Hasil Kamera Makro

Hasil Kamera Selfie redmi 9t
Hasil Kamera Selfie

Hasil Kamera Bokeh redmi 9t
Hasil Kamera Bokeh

Kesimpulan

Redmi 9T
Redmi 9T

Awal tahun ini memang diramaikan dengan banyak smartphone entry level menarik. Xiaomi sepertinya tidak ingin ketinggalan untuk ikut berkompetisi dengan brand lainnya.

Redmi 9T jadi amunisi yang dihadirkan Xiaomi untuk bersaing dengan para kompetitornya di segmen yang sama.

Menurut review Redmi 9T yang kami lakukan, smartphone ini punya modal yang cukup untuk memikat hati konsumen. Mulai dari desain yang menarik, quad camera, dan baterai besar dengan kapasitas 6.000 mAh.

Secara keseluruhan, apa yang disajikan Redmi 9T cukup memuaskan untuk sebuah smartphone entry level. Bagi Anda yang berminat, smartphone ini dijual dengan harga Rp 1,9 juta untuk varian 4GB/64GB, dan varian 6GB/128GB yang dibanderol Rp 2,3 jutaan.

Kelebihan Redmi 9T

  • Desain cukup segar
  • Punya empat kamera
  • Kapasitas baterai besar dan daya tahan lama
  • Harga kompetitif

Kekurangan Redmi 9T

  • Hasil kamera biasa saja
  • Durasi pengisian daya agak lama

TELSET RATING: 8/10 

SPESIFIKASI REDMI 9T
Rilis Februari 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 10, MIUI 12
Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPU Adreno 610
RAM 4 GB, 6 GB
Memori 64 GB, 128 GB
Dimensi 162.3 x 77.3 x 9.6 mm, 198 g
Layar IPS LCD, 6.53 inches, 1080 x 2340 pixels, 19,5:9 ratio
Kamera Utama 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP, f/2.4, (macro), 2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Depan 8 MP, f/2.1, 27mm (wide)
Beterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 18W
Warna Carbon Gray, Twilight Blue, Ocean Green
Harga Rp 1,9 jutaan – Rp 2,3 jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0