Review Vivo V20 SE: Fitur Downgrade, Harga Lebih Terjangkau

Review Vivo V20 SE
Vivo V20 SE (Telset.id)

Telset.id – Vivo V20 punya varian edisi spesial yang dinamakan Vivo V20 SE. Memang apa yang membuatnya lebih spesial? Biar tahu lebih jelas, yuk simak review Vivo V20 SE berikut ini.

Sebenarnya embel-embel nama SE atau “special edition” ini ternyata tidak berarti bahwa Vivo V20 SE menawarkan sesuatu yang lebih jika dibandingkan Vivo V20. Bisa dibilang, Vivo V20 SE justru merupakan varian yang lebih terjangkau dari Vivo V20. Mirip-mirip seperti apa yang dilakukan Apple pada seri iPhone SE.

Spesifikasi Vivo V20 SE justru “di-downgrade” pada beberapa bagian bila dibandingkan dengan Vivo V20. Meski banyak juga spesifikasi yang sama dari keduanya.

Jadi, apakah Vivo V20 SE masih menarik untuk dilirik? Untuk mendapatkan gambaran lebih jelasnya, berikut pengalaman tim Telset menggunakan smartphone tersebut yang kami tuangkan dalam review Vivo V20 SE. Enjoy!

Desain

Vivo V20 SE (Telset.id)

Untungnya Vivo memberikan desain tampak belakang yang berbeda antara Vivo V20 dan V20 SE. Sehingga kita akan bisa dengan mudah membedakannya.

 

Jika Vivo V20 memiliki frame kamera belakang yang relatif kotak, Vivo V20 SE menggunakan frame berbentuk persegi panjang. Bentuk ini bisa dibilang agak membosankan, karena banyak smartphone yang rilis tahun ini mengadopsi desain serupa.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Vivo Terbaru}

Sebelumnya kami juga telah membahas mengenai perbedaan keseluruhan Vivo V20 dan Vivo V20 SE. Anda bisa menyimak lebih lengkapnya di artikel Harga Beda Sejutaan, Ini Perbedaan Vivo V20 dan V20 SE.

Finishing cover belakangnya dibalut dengan warna matte. Unit yang kami uji ini merupakan warna Oxygen Blue. Tersedia varian warna lain yakni Gravity Black.

Varian warna Oxygen Blue ini kami rasa cocok untuk pengguna yang menginginkan smartphone dengan balutan warna yang terlihat manis dan eye catchy.

 

Noda jejak sidik jari sebenarnya masih mudah tertinggal. Namun tidak begitu ketara, sehingga buat kami tidak terlalu bermasalah. Jika Anda masih risih, bisa menggunakan case tambahan yang tersedia di paket penjualan.

Lainnya yang kami suka dari Vivo V20 SE adalah dimensinya yang begitu ramping (7,83mm), membuatnya nyaman dimasukkan ke saku celana. Ditambah lagi bodinya juga cukup ringan dengan bobot hanya 171 gram saja.

Tombol power dan volume berada di sisi kanan, sedangkan di sisi kiri diisi SIM tray yang bisa menampung dua SIM Card dan microSD sekaligus. Bagian bawah diisi jack audio 3,5mm, port USB Type C dan grill speaker.

“Gak ada fingerprint?”. Tenang, fingerprint scanner sudah dibenamkan di balik layar. Anda juga sudah bisa membuka kunci layar dengan memanfaatkan wajah Anda, alias face unlock.

Layar

Vivo V20 SE (Telset.id)

Beralih ke bagian layar, Vivo V20 SE punya ukuran dan fitur yang identik dengan Vivo V20. Bisa dibilang, layarnya ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi.

Oh iya, layarnya menggunakan desain notch kecil di bagian tengah alias waterdrop. Notch mungil ini menjadi rumah bagi kamera depan.

Pada Vivo V20 SE Anda akan disuguhi layar AMOLED berukuran 6,44 inci beresolusi Full HD+. Memiliki rasio 20:9 dan dukungan fitur HDR 10, menonton video atau film di Vivo V20 SE lumayan mengasyikkan.

Patut disayangkan adalah layarnya yang baru diberikan refresh rate standar 60Hz. Padahal di kisaran harga yang sama sudah ada smartphone dengan refresh rate 90Hz atau bahkan sampai menyentuh 120Hz.

Meski demikian, rendahnya refresh rate ini tidak akan begitu banyak berpengaruh dalam menikmati konten di layar Vivo V20 SE. Kecuali bagi Anda yang gemar bermain game di smartphone, kenikmatannya mungkin agak sedikit berkurang.

Bagian layarnya ini juga sudah diproteksi Corning Gorilla Glass 3, sehingga Anda tak perlu khawatir layarnya akan rentan tergores.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here