Review Samsung Galaxy Tab S7: Tablet “PC-like” dengan Kinerja Tinggi

 

S Pen

Review Samsung Galaxy Tab S7 Review Samsung Galaxy Tab S7 berlanjut membahas S Pen. S Pen menjadi fitur penting pada Samsung Galaxy Tab S7.

Selain membuat kami merasa bisa meningkatkan produktivitas saat bekerja di rumah, S Pen juga bikin kami sebagai pengguna rajin menulis maupun menggambar untuk menambah daya ingat dan kreativitas sepanjang hari. 

Jujur saja nih, S Pen di Samsung Galaxy Tab S7 bikin kami nagih coret-coret, menggambar, atau menulis sesuatu. Sebab, pensil pintar ini memberikan pengalaman yang hampir sama dengan mengguratkan pensil di atas kertas.

S Pen didesain dengan form factor membulat dan ujung yang memanjang sehingga menawarkan pengalaman menulis dan menggambar yang lebih alami. 

Pensil pintar ini juga punya latency hanya 9ms serta sensitivitas tekanan yang mencapai 4.096 level, berkat kombinasi dengan layar berkualitas dari Tab S7 yang punya refresh rate 120Hz.

Masih sama dengan generasi terdahulu, S Pen juga mendukung Quick Actions dari jarak jauh via Bluetooth berdaya rendah. Pengguna bisa mengambil selfie, mengontrol presentasi, dan lainnya dalam jaran sampai 10 meter.

{Baca juga: Review Realme C11: Spek Low-end dengan Baterai Super Irit}

Tadi sempat kami sebutkan kalau S Pen bisa diisi dayanya ketika ditempel di body belakang tablet. Nah, dengan baterai berkapasitas 0,35 mAh, baterainya bisa terisi penuh dalam 10 menit saja.

Fitur (Samsung Notes)

Review Samsung Galaxy Tab S7

S Pen kurang lengkap tanpa Samsung Notes, setuju? Untungnya, Samsung tidak cuma meningkatkan kemampuan hardware (dalam hal ini S Pen) saja, tapi juga software lewat Samsung Notes. 

Samsung menghadirkan dua fitur anyar pada aplikasinya, yakni Audio Bookmark dan Audio Timestamp. Kedua fitur ini memberikan opsi baru untuk mencatat ketika rapat, bekerja, maupun belajar secara online.

Sebab, pengguna seperti kami untuk menyinkronkan rekaman suara dengan catatan yang tentu saja sangat memudahkan terutama saat lupa bagian pembicaraan mana yang penting dan harus dicatat lebih lengkap lagi.

Fitur lainnya, catatan di Samsung Notes bisa dikonversikan menjadi format PPT, Word, maupun PDF. Selain itu, Samsung Notes juga bisa disinkronasi antar perangkat yang mendukung.

Samsung DeX

Review Samsung Galaxy Tab S7

Sudah sejak lama Samsung mengembangkan DeX. Namun menurut kami, fitur ini lebih maksimal kalau digunakan pada seri tablet seperti Samsung Galaxy Tab S7.

Selama review Samsung Galaxy Tab S7, kami tidak menggunakan Book Cover Keyboard, dan bikin setup sendiri biar lebih nyaman. Kami pakai keyboard wireless yang terhubung via Bluetoth, dan mouse wireless yang dihubungkan via konektor pada port USB-C. 

Hasilnya, kami tetap mendapatkan pengalaman bak menggunakan laptop berlayar kecil dengan performa kelas atas alias PC-like berkat fitur Samsung DeX ini.

Kami bisa bebas menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan dengan ukuran window yang berbeda-beda. 

Kami bisa menulis berita dan review sambil mengatur dan mengedit gambar, chatting-an via WhatsApp dan Line, dan bahkan sembari mendengarkan alunan musik via Spotify. Semuanya dilakukan sekaligus.

Menurut kami, Samsung DeX ini menghadirkan pengalaman PC-like yang maksimal untuk meningkatkan produktivitas kerja, sekaligus membuat kami merasa nyaman saat kerja secara online.

Apalagi, Samsung DeX kini memiliki taskbar yang lebih efisien. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur screen zoom dan opsi ukuran font yang memudahkan untuk bekerja.

{Baca juga: Samsung DeX di Galaxy Note20, Perjalanan Inovasi Tiada Henti}

Selain Samsung DeX, Galaxy Tab S7 juga mendukung Wireless DeX. Mode ini sangat bermanfaat apabila pengguna ingin menghubungkan tablet ke TV yang kompatibel secara wireless

Secara fungsi, masih sama dengan Samsung DeX. Bedanya, DeX akan ditampilkan di layar yang jauh lebih besar dan Galaxy Tab S7 “hanya” bertugas sebagai otak untuk memproses berbagai pekerjaan yang dijalankan pengguna. 

Dengan fitur ini, kami sebagai pengguna bisa menampilkan presentasi atau pekerjaan lebih mudah, karena hanya perlu masukkan file presentasi di tablet, hubungkan ke Smart TV di ruang rapat melalui Wi-Fi, dan luncurkan DeX. 

Bukan cuma itu, bagi para kreator konten Wireless DeX juga sangat berguna. Apabila mereka merasa layar 11 inci masih kurang untuk menyelesaikan tugas, mereka bisa memanfaatkan mode ini untuk bekerja di layar yang jauh lebih besar. Keren!

Kamera

Review Samsung Galaxy Tab S7

Review Samsung Galaxy Tab S7 masuk ke bagian kamera. Galaxy Tab S7 dilengkapi dengan tiga kamera yang terdiri dari dua kamera belakang dan satu kamera depan. 

Konfigurasinya, kamera utama 13MP dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3M5 yang dipadukan dengan kamera ultrawide 5MP. Sementara kamera depan, 8MP saja berjenis fixed focus.

Fitur kamera pada tablet ini tidak selengkap smartphone flagship Samsung. Hanya saja, tetap ada beberapa fitur penting, seperti Scene Optimizer berbasis AI atau artificial intelligence, Auto HDR, Night Mode, sampai Portrait Mode.

Meski sudah ditenagai Snapdragon 865+, fitur video juga tergolong pas-pasan. Kamera Tab S7 hanya sanggup merekam video 4K, 1080p, dan 720p di 30 FPS saja. Begitu juga untuk kamera depan yang hanya bisa mengambil gambar di 1080p dan 720p di 30 FPS saja.

Berbicara soal kualitasnya, kamera dari Samsung Galaxy Tab S7 memiliki kualitas yang standar tapi tidak “malu-maluin”.

Kamera tablet premium tersebut masih mampu menghasilkan foto dengan detail dan kualitas warna yang baik berkat bantuan Scene Optimizer dan Auto HDR.

{Baca juga: Review Redmi Note 9 Pro: Perfoma Top di Kelas Menengah} Scene

Optimizer mampu menyesuaikan pengaturan kamera secara otomatis tergantung skenario foto yang diambil. Misalnya, ketika memotret pada lingkungan dengan kondisi backlight, landscape, memotret bunga, dan lainnya. 

Sedangkan untuk Night Mode atau mode malam, mode ini tidak cukup membantu kami untuk menangkap foto malam yang berkualitas bagus. Foto yang dihasilkan cenderung masih memiliki noise, terutama pada titik yang lebih gelap.  Samsung Galaxy Tab S7 Memang bukan apple to apple kalau membandingkan kamera Samsung Galaxy Tab S7 dengan kamera smartphone. Smartphone dengan harga terjangkau saja sudah memakai kamera utama dengan resolusi lebih besar dibandingkan tablet ini.

Tapi setidaknya kamera tablet ini bisa dimanfaatkan pengguna seperti kami dalam hal yang berkaitan dengan produktivitas. Misalnya, saat video conference, rapat online, belajar online, dan lainnya.

Kesimpulan

Review Samsung Galaxy Tab S7

Review Samsung Galaxy Tab S7 kami tutup dengan kesimpulan. Setelah membahas berbagai aspek utama pada tablet ini, kami akhirnya mendapatkan satu konklusi yang benar-benar menggambarkan tablet premium dari Samsung tersebut.

Di harga kisaran Rp 12,9 jutaan, Samsung Galaxy Tab S7 sebenarnya bisa menggantikan laptop kami sebagai perangkat utama dalam bekerja di rumah.

Meski kami tidak menggunakan Book Cover Keyboard dan memilih menggunakan keyboard dan mouse wireless, tablet ini tetap memberikan pengalaman PC-like yang bikin nyaman saat bekerja. 

Kurang lebih 2 minggu kami bekerja menggunakan Samsung Galaxy Tab S7 di rumah. Selama itu juga, tablet ini berhasil membantu kami untuk meningkatkan produktivitas lewat Samsung DeX dan daya ingat dan kreativitas via S Pen.

Bukan cuma itu, kami pun mendapatkan pengalaman hiburan maksimal berkat kinerja mumpuni yang bikin main game makin asyik kapanpun dan di manapun.

Jangan lupakan empat speaker dari AKG dengan dukungan Dolby Atmos yang menghadirkan kualitas suara jernih dan efek surround saat nonton Netflix, YouTube, atau mendengarkan musik di Spotify. (MF)

Kelebihan

+ Build quality bagus

Layar LTPS LCD beresolusi tinggi dan berkualitas

Layar mendukung refresh rate 120Hz

+ Performa maksimal dengan Snapdragon 865+

+ Baterai tahan lama

Fitur gaming lengkap

+ Quad Speaker AKG dengan dukungan Dolby Atmos

+ Samsung DeX

+ Perpaduan Samsung Notes dan S Pen yang maksimal

Kekurangan

Charger bawaan hanya 15W

Kamera standar

TELSET RATING: 8.5/10

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0