Review Samsung Galaxy Note20 Ultra: Nyaris Tanpa Cela

S Pen dan Samsung Dex

galaxy note20 ultra

S Pen dan Samsung Dex menjadi gabungan fitur spesial di Galaxy Note 20 yang dijamin bisa meningkatkan produktivitas Anda. Kedua fitur ini telah dikembangkan menjadi lebih baik dan dijamin bakal semakin memudahkan Anda.

Kita bahas dari S Pen terlebih dahulu. Ini menjadi aksesoris wajib yang dimiliki Galaxy Note series. Pada Galaxy Note 20 ini, Samsung telah memberikan sejumlah peningkat kemampuan dan fitur yang bisa dinikmati para penggunanya.

Mulai dari latency yang meningkat jadi 9ms. Ini bikin pas kita menulis atau mengoperasikan S Pen di layar Galaxy Note 20 jadi gak ngerasain jeda sama sekali.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

S Pen juga mendukung berbagai gesture untuk navigasi. Berbagai gesture ini juga bisa digunakan sebagai shortcut untuk membuka aplikasi. Aplikasi yang ingin dibuka melalui shortcut tersebut juga bisa disesuaikan dengan aplikasi yang sering digunakan.

Fitur screen of writing juga bisa dinikmati di Galaxy Note 20 Ultra ini. Jadi kalo mau bikin catatan misalnya, kita tinggal ambil S Pen dari tempatnya, terus langsung bisa bikin tulisan di layar.

galaxy note20 ultra

Gak perlu tuh repot-repot mesti buka kunci layar, terus cari aplikasi untuk menulis catatan. Inttinya, bikin catatan dengan S Pen dan Galaxy Note 20 jadi lebih mudah.

Terus ada juga fitur handwriting to text. Dengan memanfaatkan fitur ini, tulisan tangan yang kita buat pake S Pen bisa langsung dikonversi jadi teks.

Kinerja S Pen juga makin maksimal ditemani sama aplikasi Samsung Notes yang juga mendapat pembaruan. Ini aplikasi yang sebenarnya juga sudah ada sih di Galaxy Note generasi sebelumnya. Cuma ada fitur baru nih yang namanya Audio Bookmark.

Fitur ini bisa berguna misalnya saat Anda lagi meeting dan mau mencatat poin-poin penting. Jadi Anda tinggal mencatat menggunakan S Pen dan smartphone bakal merekam audionya. Tulisan yang Anda buat tadi bakal disinkronisasi dengan audio yang direkam.

Jika misalnya Anda poin yang kelupaan, tinggal tekan tombol play untuk mendengarkan ulang rekaman tersebut. Intinya S Pen dan Samsung Notes ini bikin kerja juga makin asik.

Sebenarnya lebih banyak lagi fitur dari S Pen, yang bakal terlalu banyak jika kita bahas di artikel review ini. So, Anda bisa membaca sederet fitur S Pen di Galaxy Note 20 yang sudah kita bahas di artikel berikut ini.

{Baca Juga: Sederet Fitur Baru S Pen di Galaxy Note20 yang Makin Pintar}

Sekarang kita membahas mengenai Samsung Dex. Sama seperti S Pen, Samsung Dex juga sudah mendapat peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kini Samsung Dex semakin mudah untuk digunakan.

Samsung menyempurnakan teknologi Dex di seri Galaxy Note 20. Jika sebelumnya harus menggunakan dock atau adaptor tambahan untuk menggunakan Samsung Dex, kini fitur tersebut bisa dioperasikan secara wireless.

Lewat fitur Wireless DeX ini, Samsung Galaxy Note 20 maupun Galaxy Note 20 Ultra bisa terhubung ke perangkat PC, laptop, tablet, dan juga smart TV secara seamless alias tanpa kabel, untuk menampilkan berbagai konten di layar yang jauh lebih besar.

Pengguna dapat menggunakan DeX secara wireless dan menghubungkannya di perangkat Smart TV yang telah dilengkapi Miracast. Baik smartphone atau Smart TV diharuskan untuk terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Saat melakukan review Galaxy Note 20 Ultra ini kami agak kesulitan mencoba fitur ini karena tidak semua Smart TV bisa langsung dihubungkan dengan Samsung Dex. Untuk itu diharuskan untuk memiliki ekosistem pendukung lainnya untuk bisa menggunakan fitur ini.

Patut disayangkan, jika saja fitur ini bisa digunakan di semua Smart TV pastinya bakal jadi jauh lebih memudahkan. Mungkin saja kekurangan ini bisa dijadikan masukan untuk perkembangan Samsung Dex generasi selanjutnya.

Dalam mode Dex, Anda bisa menggunakan banyak aplikasi yang memudahkan segala keperluan. Mulai dari Microsoft Office, Adobe Premiere Rush, Adobe Photoshop Lightroom, Spotify, hingga bermain game seperti Vainglory dan Final Fantasy.

Ya singkatnya, dengan fitur ini, Anda bisa menggunakan perangkat setara PC dalam genggaman. Jadi makin tambah produktif kan.

 

Kesimpulan

galaxy note20 ultra

Memegang titel sebagai smartphone flagship, sudah seharusnya Galaxy Note20 Ultra mampu menjalankan beragam kebutuhan penggunanya. Terbukti, smartphone ini menjadi paket lengkap untuk berbagai keperluan, mulai dari bekerja, memotret, bermain game, atau  sekadar menjadi sarana hiburan.

Dengan banderol harga yang nyaris menyentuh Rp 20 juta, Galaxy Note20 Ultra tidak cuma menawarkan spesifikasi tinggi dan terkini, tetapi juga beragam fitur terkini yang tidak bisa kita jumpai di smartphone lain. Seperti S Pen dan Samsung Dex misalnya.

Ditambah lagi, fitur tambahan dari S Pen dan Samsung Dex telah dikembangkan menjadi jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pengguna semakin dimudahkan sekaligus dimanjakan.

Berdasarkan review Galaxy Note 20 Ultra yang kami kerjakan, rasanya smartphone ini memang cocok banget untuk para profesional yang membutuhkan smartphone guna menunjang produktivitas.

Menurut kami, Samsung sangat sukses menerapkan sejumlah inovasi di smartphone ini. Mungkin tak ada salahnya juga jika kita sebut Galaxy Note20 Ultra sebagai salah satu smartphone terbaik di tahun ini.

Memang, smartphone ini bukan untuk semua kalangan. Tetapi bagi Anda yang memutuskan untuk membelinya, dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan dibuat menyesal. (HR)

Kelebihan

+ Desain elegan

+ Teknologi layar terkini

+ Performa kencang

+ RAM LPDDR5

+ Kamera oke untuk foto dan video

+ S Pen terbaru kaya fitur

+ Wireless Samsung Dex

Kekurangan

–  Desain frame kamera agak menonjol

–  Wireless Samsung Dex yang tidak bisa terkoneksi dengan semua Smart TV

TELSET RATING: 9/10

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Dimension      164.8 x 77.2 x 8.1 mm (6.49 x 3.04 x 0.32 in)
Weight 208 g (7.34 oz)
Build Glass front (Gorilla Glass Victus), glass back (Gorilla Glass Victus), stainless steel frame
SIM Single SIM (Nano-SIM and/or eSIM) or Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)
IP68 dust/water resistant (up to 1.5m for 30 mins)
Stylus, 9ms latency (Bluetooth integration, accelerometer, gyro)
Type Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen, 16M colors
Size 6.9 inches, 116.7 cm2 (~91.7% screen-to-body ratio)
Resolution 1440 x 3088 pixels (~496 ppi density)
Protection Corning Gorilla Glass Victus
  HDR10+
Always-on display
120Hz@FHD/60Hz@QHD refresh rate
OS Android 10, One UI 2.5
Chipset Exynos 990 (7 nm+) – Global
Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+) – USA
CPU Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.50 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55) – Global
Octa-core (1×3.0 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585) – USA
GPU Mali-G77 MP11 – Global
Adreno 650 – USA
Card slot microSDXC (uses shared SIM slot)
Internal 128GB 12GB RAM, 256GB 12GB RAM, 512GB 12GB RAM
  UFS 3.0
Primary Camera 108 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.33″, 0.8µm, PDAF, Laser AF, OIS
12 MP, f/3.0, 120mm (periscope telephoto), 1.0µm, PDAF, OIS, 5x optical zoom, 50x hybrid zoom
12 MP, f/2.2, 120˚, 13mm (ultrawide), 1/2.55″, 1.4µm
Features LED flash, auto-HDR, panorama
Video 8K@24fps, 4K@30/60fps, 1080p@30/60/240fps, 720p@960fps, HDR10+, stereo sound rec., gyro-EIS & OIS
Single 10 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.2″, 1.22µm, Dual Pixel PDAF
Features Dual video call, Auto-HDR
Video 4K@30/60fps, 1080p@30fps
Loudspeaker Yes, with stereo speakers
3.5mm jack No
  32-bit/384kHz audio
Tuned by AKG
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFC Yes
Radio FM radio (Snapdragon model only; market/operator dependent)
USB 3.2, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Sensors Fingerprint (under display, ultrasonic), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
  Samsung Wireless DeX (desktop experience support)
ANT+
Bixby natural language commands and dictation
Type Battery Li-Ion 4500 mAh, non-removable
Charging Fast charging 25W
USB Power Delivery 3.0
Fast Qi/PMA wireless charging 15W
Reverse wireless charging 4.5W

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0