Review realme Pad Mini, Paling Powerfull Dikelasnya

Review – realme Pad mini resmi menapakan kakinya di pasar tablet PC Indonesia. Produk yang membawa slogan mighty in mini ini meluncur pada tanggal 18 Agustus 2022 dan di klaim sebagai “The Most Powerful Mini Tablet in 2022“.

Pertanyaannya, apa yang membuat realme begitu percaya diri terhadap tablet terbarunya ini? Apakah karena realme Pad mini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau? Atau lantaran punya performa yang melebihi produk lain di kategori yang sama?

Well, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kami coba review realme Pad mini secara lebih mendalam. Tapi tidak dengan memacunya di lintasan balap, melainkan coba “mengendarainya” di jalan umum, atau sesuai dengan peruntukannya. Check this out!

Bagian Belakang Realme Pad Mini Review Indonesia

Look and Feel

Ada pertanyaan tentang kenapa kita butuh sebuah tablet PC dengan layar 8,7 inchi sementara rata-rata layar HP sudah berukuran 6,7 inchi. Well, beda 2 inchi pada diagonal layar, pengaruhnya cukup signifikan, baik secara look maupun feel. Sebagai gambaran, dengan layar 8,7 inchi, Anda bisa menonton sepakbola dari jarak 1 meter sambil duduk bersandar dengan nyaman. Atau bagi anak-anak yang ingin belajar dan bermain di Google Kids Space, bentang layar 8,7 inchi akan membuat mereka lebih mudah belajar dan bermain. Belum lagi jika kita bicara tentang aktifitas kelas online ataupun belajar online secara mandiri.

Inilah alasan kenapa tablet PC masih dibutuhkan. Karena untuk beberapa aktifitas tertentu, Tablet PC terbukti mampu mengawinkan protabilitas dan kenyamanan.

So, untuk poin di atas, realme Pad mini yang membawa layar berukuran 8,7 inchi dengan body to screen ratio mencapai  84,59%, kami nilai punya dimensi yang cukup proporsional. Tidak terlalu besar sehingga mengurangi portabilitas, ataupun terlalu kecil hingga mengurangi kenyaman dalam melihat layar. Nice!

Satu hal yang juga layak untuk diapresiasi adalah terkait material yang digunakan. Yup, realme Pad mini tidak seperti sebuah tablet PC yang dibandrol dengan harga Rp 2 jutaan. Desain dan body nya cukup berkelas. Pada body menggunakan material Aluminum Alloy dengan 2 pilihan warna yaitu mate blue dan mate gray yang tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Sementara dari sisi desain, ketebalan 7,6mm dan bobot 372 gram menjadikan sisi portabilitasnya semakin tinggi. Tablet PC ini juga enak dilihat. Modelnya simple dengan ketebalan frame yang dibuat rata. Pada sisi kanan frame, ada tombol volume dan tombol power. Di sisi kiri, tertanam slot sim card (versi yang kami review support LTE). Sementara pada sisi atas dan bawah, terdapat lubang speaker stereo, jack audio 3,5mm (atas) dan microphone serta port USB Type C (bawah).

Pada bagian belakang, realme menanamkan lensa kamera yang dibingkai frame kotak bersudut tumpul berwarna glossy yang senada dengan penampangnya. Sementara untuk kamera depan, diletakkan di atas layar dengan posisi persis di tengah.

Overall, secara tampilan, realme Pad mini berhasil membuat kami terkesan. Good Job!

Audio Video

Ceruk pasar tablet PC tak lepas dari kebutuhan akan perangkat portable yang mampu menampilkan konten multimedia dengan pengalaman yang imersif. Istilah bigger is better berlaku disini. Layar 8,7 inchi milik realme Pad mini lebih mampu menghadirkan kenyamanan saat nonton video jika dibanding layar HP. Pun faktanya, resolusi layarnya masih sebatas 1340×800 piksel dengan teknologi WXGA+ (Wide Extended Graphics Array). Video Youtube yang bisa diputar pun mentok di resolusi 1080p.

But hey, ini adalah tablet PC Rp 2 jutaan. Layar WXGA+ kami nilai cukup sebanding. Toh memutar video dengan kualitas 1080p di layar 8,7 inchi, kami nilai sudah lebih dari cukup untuk bisa menyuguhkan tampilan visual yang tajam dan imersif. Sebagai perbandingan, konten Full HD yang ada di Netflix saja terlihat cukup tajam di layar TV berukuran 55 inchi.

Well, meski kualitas layarnya tidak bisa dibilang istimewa, tapi ada satu hal yang membuat pengalaman menonton video jadi lebih menyenangkan yaitu kualitas audionya. Speaker stereo-nya gak bohong. Output suaranya powerfull tapi gak cempreng. Suaranya terdengar bening dan nyaman di telinga. Masuk akal, karena realme Pad mini memang sudah mengantongi sertifikasi Dirac. Apalagi dengan dukungan Adaptive Surround Sound, mendengarkan musik atau menonton video jadi lebih memuaskan.

Kids Friendly

Sebagian dari orang tua mungkin tidak setuju dengan istilah Kids Friendly disematkan pada perangkat digital. Tapi disini kami coba melihat tablet PC sebagai media belajar dan bermain anak yang digunakan secara proporsional dan berada di bawah kontrol orang tua.

Dalam konteks tersebut, realme Pad mini kami nilai cukup Kids Friendly. Yup, user interface-nya relatif mudah digunakan. Hadir dengan UI realme baru yang dirancang khusus untuk Pad berbasis Android 11.

Khusus untuk penggunaan perangkat digital yang sehat bagi anak, realme bahkan secara default sudah menanamkan Google Kids Space. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, realme Pad mini bisa disulap menjadi perangkat digital yang ramah untuk anak. Baik secara konten maupun user interface nya.

Google Kids Space Review Pad Mini IndonesiaSo, jika Anda ingin “menghadiahi” realme Pad mini untuk anak, maka pada saat setting awal Anda bisa memilih opsi “perangkat untuk anak”. Setelah memilih opsi tersebut, Anda akan diarahkan untuk membuat akun anak. Selanjutnya user interface Pad mini akan menggunakan UI Google Kids Space. Dimana, baik tampilan maupun konten yang ada di dalamnya akan ramah digunakan oleh anak. Sehingga Anda tak perlu lagi khawatir anak Anda mengakses konten yang tidak sesuai dengan umurnya.

Sekadar informasi, User Interface dan fitur realme Pad mini yang kids friendly ini tak lantas menjadikannya sebagai tablet khusus anak. Karena lazimnya tablet pada umumnya, Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan orang dewasa. Mulai dari untuk menikmati konten multimedia, bermain games, bekerja, hingga online meeting. Anda bahkan bisa melakukan beberapa aktifitas dalam satu layar. Thanks to multi-window mode.

Masih terkait dengan interface, realme juga menghadirkan beragam fitur perlindungan untuk mata penggunanya. Mulai dari Dark Mode (Mode Gelap) untuk menyesuaikan kecerahan layar minimal 2 nits yang mampu mengurangi kelelahan mata Anda saat lampu padam. Reading Mode yang memungkinkan pengguna untuk membolak-balik buku kertas dengan mensimulasikan tekstur halaman buku dengan jarak sedekat mungkin. Hingga Sunlight Mode yang akan mengatur kecerahan maksimum layar sehingga Anda dapat melihat konten dengan jelas saat berada di luar ruangan.

Harga dan Spesfikasi

realme Pad mini hadir dalam dua varian konektifitas yaitu WiFi only dan LTE. Masing-masing varian tersebut hadir dalam pilihan memori 3GB RAM+32GB ROM dan 4GB RAM+64GB ROM. Varian yang kami review adalah varian tertinggi yaitu versi 4GB RAM+64GB ROM dengan konektifitas LTE.

realme Pad mini versi WiFi (3+32GB) dibanderol dengan harga khusus selama masa flash sale dari tanggal tanggal 23 – 31 Agustus 2022, setiap jam 10:00 WIB melalui official e-commerce partner realme di Shopee dan Tokopedia yaitu Rp1.999.000. Sedangkan realme Pad mini versi WiFi (4GB+64GB) dilepas dengan harga khusus yaitu Rp2.499.000 dengan periode flash sale yang sama di official e-commerce partner realme di Lazada dan Tokopedia.

Selain official e-commerce partner realme, semua varian realme Pad mini WiFi sudah tersedia secara online di situs resmi realme Indonesia.

Untuk realme Pad mini versi LTE (3GB+32GB) dipasarkan dengan harga Rp2.699.000. Sementara versi Pad mini versi LTE (4GB+64GB) dijual dengan harga Rp2.999.000. Keduanya bisa didapatkan secara offline di seluruh realme Brand Store mulai tanggal 26 Agustus 2022.

Selain opsi memori dan konektifitas, semua varian tersebut dilengkapi fitur yang sama persis. Pada sektor dapur pacu misalnya, realme mengandalkan chipset Unisoc T616 dengan prosesor octa-core yang memiliki clock speed hingga 2.0 GHz. Sementara untuk pemrosesan grafis, Pad mini mengandalkan GPU Mali G51 yang memiliki clock speed hingga 750MHz.

Untuk hitung-hitungan performa, perpaduan CPU dan GPU yang tertanam di Pad mini kami nilai sepadan dengan harganya. Antutu bahkan memberikannya nilai 222.114, angka yang terbilang tinggi atau bahkan bisa dibilang tertinggi di kategorinya.

Tapi jika bicara performa, kami lebih terkesan dengan daya tahan baterainya. Yup, bermodalkan baterai berkapasitas 6400 mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W, Pad mini benar benar bisa bikin hati kami tenang. Terlebih jika hanya digunakan sebagai perangkat kedua setelah HP. Daya tahannya Luaamaa. Pad mini bahkan bisa difungsikan sebagai power bank melalui fasilitas reverse charging-nya. Jadi cukup sambungkan kabel USB Type C ke HP, maka Pad mini akan berbagi daya dengan HP Anda.

Lalu bagaimana dengan performa kameranya? Well, bicara kamera, standar kami sudah terlalu tinggi. Kamera utama dengan spesifikasi 8MP AI HD tidak cukup untuk membuat kami tertarik menjadikannya sebagai perangkat untuk mengabadikan momen penting. Kami justru lebih sering menggunakan kamera selfie-nya yang hanya beresolusi 5MP HD. Setidaknya kamera tersebut lebih bagus ketimbang webcam di laptop kami. Sehingga untuk keperluan online meeting, kamera Pad mini lebih bisa untuk diandalkan.

Untuk informasi lebih detail terkait dengan hasil pengujian kamera, performa, dan cara memaksimalkan Google Kids Space di realme Pad mini bisa Anda baca di artikel berikutnya. Begitu pula dengan spesifikasi realme Pad mini, lengkap dengan harga dan link pembelian di beberapa online store yang ada di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0