Review Realme Narzo 20: Performa Gaming Puas untuk Harga 2 Jutaan

Telset.id – Realme terus membanjiri pasar Indonesia dengan smartphone buatannya. Terbaru mereka meluncurkan HP Realme Narzo 20 series, yang sudah masuk ke meja redaksi Telset. Untuk mengetahui performanya, simak hasil review Realme Narzo 20.

Realme menjadi salah satu brand yang begitu agresif menghadirkan produk terbaru. Tidak heran jika mereka dinobatkan sebagai merek dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Pada Q3 2020 saja misalnya, mereka mencatatkan pertumbuhan sebesar 132% dan berhasil mengirimkan 20 juta unit ponsel sejak pertama kali diluncurkan.

Di bulan ini, Realme meluncurkan produk baru dari keluarga Narzo series. HP Realme yang mengusung slogan “Boost the Power” ini diklaim menawarkan performa yang powerful untuk rentang harga Rp 2 jutaan.

Setangguh apa kinerja dari Realme Narzo 20? Sebelum Anda membelinya, cari tahu dulu kelebihan dan kekurangannya melalui artikel review Realme Narzo 20 berikut ini.

Desain

Realme Narzo 20 review
Tampak Belakang Realme Narzo 20 (Foto: Helmi Reinaldi/Telset.id)

Berbicara mengenai tampilannya, Realme Narzo 20 memiliki desain bagian belakang yang cukup menarik. Mereka menyebutnya sebagai isyarat Victory (kemenangan), yang mana Anda akan melihat siluet V besar di bagian belakangnya.

Desain ini menggunakan teknik tekstur khusus untuk mendapatkan nuansa dan sentuhan yang premium di bagian belakang ponsel. Menariknya lagi, efek visual pada bagian belakang juga akan berubah saat tertimpa cahaya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Realme Terbaru}

Bodinya dibuat dari material plastik dengan finishing doff. Kombinasi ini bikin body ponsel tidak mudah dekil karena noda-noda sidik jari yang tertinggal. Berbeda dengan material kaca yang bikin kita harus rajin membersihkannya.

Ada dua varian warna yang bisa dipilih oleh konsumen yang ingin meminang Realme Narzo 20, yakni Blue Blade dan Silver Sword.

Smartphone ini agak terasa tebal dan berat saat berada di genggaman tangan. Bisa jadi karena penggunaan baterai yang juga besar, yakni memiliki kapasitas 6.000 mAh. Realme Narzo 20 ini memiliki bobot sekitar 209 gram.

Realme Narzo 20 review
Realme Narzo 20 saat digenggam terasa berat dan besar (Foto: Helmi Reinaldi/Telset.id)

Terkait posisi tombol dan port, seperti biasa tombol power dan volume berada di sisi kanan. Sementara sisi kiri dihuni oleh slot SIM Tray yang sanggup menampung dua SIM Card dan sebuah microSD.

Sedangkan pada bagian bawah diisi oleh jack audio 3,5, port USB Type C, mic dan juga lubang speaker. Sensor pemindai sidik jari diletakkan di bagian belakang.

Selain menggunakan sidik jari, Anda juga bisa menggunakan sensor pemindai wajah untuk membuka kunci layar di Narzo 20 dengan mudah.

Layar

Review Realme Narzo 20
Layar Realme Narzo 20 (Foto: Helmi Reinaldi/ Telset.id)

 

Realme memilih mengadopsi layar dengan notch berbentuk waterdrop yang terselip di bagian atas. Desain ini juga memperbesar rasio layar ke bodi hingga mencapai 88,7 persen.

Layarnya sendiri memiliki ukuran 6,7 inci dengan resolusi yang masih HD+. Guna melindungi layar agar tidak mudah tergores dan rentan menjadi lecet, Realme melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 3.

Secara proyeksi gambar mungkin kurang begitu maksimal karena resolusi yang masih HD+. Bukannya jelek, hanya saja mungkin kurang maksimal bagi Anda yang mendambakan tampilan jernih yang memanjakan mata saat digunakan untuk menonton video atau film di smartphone.

Namun ini bukan masalah berarti, karena sektor lain di Realme Narzo 20 masih menawarkan banyak kelebihan yang bisa dinikmati oleh pengguna.

Spesifikasi dan Performa

Pada sektor dapur pacunya, Realme Narzo 20 dimotori dengan chipset gaming yang lumayan bertenaga untuk smartphone mid end saat ini yaitu, MediaTek Helio G85. Chipset ini menggunakan konfigurasi prosesor delapan inti dengan dua inti berkecepatan tinggi clockspeed 2.0 GHz, dan enam inti dengan clockspeed 1.8 GHz.

Pengolahan grafisnya juga mengandalkan GPU yang juga lebih tinggi, yaitu ARM Mali-G52 yang memiliki kecepatan 1 GHz. Ini lebih tinggi dibandingkan dengan Helio G70 dengan GPU 820MHz dan Helio G80 dengan GPU 950MHz.

Menariknya lagi, chipset Helio G85 juga dilengkapi dengan fitur bernama HyperEngine. Fitur ini disebut dapat meningkatkan performa smartphone saat bermain game.

{Baca Juga: 8 Fitur Chipset Smartphone Gaming Menengah, MediaTek Helio G85}

Kinerja dari Helio G85 bakal ikut ditopang dengan keberadaan RAM berjenis LPDDR4x dual channel berkapasitas 4 GB. Sementara memori penyimpanannya menawarkan ruang seluas 64 GB.

Tak ketinggalan adanya slot memori eksternal yang sanggup menampung microSD hingga kapasitas 256 GB. Jadi tak perlu khawatir jika ingin menyimpan banya file di smartphone karena ketersediaan ruang penyimpanan yang cukup lapang.

Guna melihat seberapa tinggi performa yang ditawarkan Realme Narzo 20, seperti biasa kami sudah melakukan serangkaian pengujian dengan bantuan beberapa aplikasi benchmark. Berikut detail pengujian di review Realme Narzo 20.

AnTuTu Benchmark

Pengujian pertama kami lakukan dengan menggunakan aplikasi benchmark “wajib”, AnTuTu yang kini tidak lagi dapat ditemui di Google Play Store.

Dari pengujian yang kami lakukan, Realme Narzo 20 mendapatkan skor sebesar 204.718. Skor rata-rata smartphone menengah saat ini dan sudah pasti bisa menjalankan game-game terkini dengan lancar.

3D Mark

Berikutnya adalah pengujian grafis pada Realme Narzo 20 dengan memanfaatkan aplikasi 3D Mark. Pengujian kami lakukan di mode Sling Shot, guna mengukur kinerja dari GPU Mali G52.

Hasilnya kami mendapatkan skor sebesar 1.816 untuk pengujian Sling Shot dan 1.390 untuk pengujian di mode Sling Shot Extreme.

PC Mark

PC Mark
PC Mark Realme Narzo 20

Pengujian benchmark terakhir yang kami lakukan menggunakan aplikasi PC Mark. Buat Anda yang belum tahu, tes dengan PC Mark ini untuk melihat performa smartphone untuk menjalankan tugas harian, seperti browsing, sosial media dan lain sebagainya.

Pada uji menggunakan aplikasi PC Mark, Realme Narzo 20 berhasil meraih skor sebesar 8.751. Angka ini sedikit lebih besar dibanding pencapaian Galaxy M51 yang kami uji dan “hanya” mendapatkan skor sebesar 7.766.

Secara keseluruhan, kami sama sekali tidak menemukan kendala dari segi performa saat menggunakan Realme Narzo 20 sebagai daily driver.

{Baca Juga: Realme Narzo 20 di Indonesia Harga Mulai Rp 2 Jutaan}

Nah, tidak ketinggalan pastinya kami juga sudah menggeber Realme Narzo 20 untuk memainkan game. Dua game kami mainkan, yakni PUBG Mobile dan League of Legends Wild Rift.

Pada game PUBG Mobile, kami dapat bermain game battle royale tersebut dengan cukup lancar. Pengaturan grafik tertinggi yang bisa didapat adalah HD, sementara frame ratenya berada di opsi High.

Beralih ke game League of Legends Wild Rift, pengalaman bermain yang didapat juga lumayan lancar. Untuk pengaturan grafiknya, kualitas grafik tertinggi yang bisa diperoleh adalah high definition. Cukup sedap dipandang selama permainan.

Tes Baterai

Bagian satu ini menjadi salah satu nilai jual utama dari Realme Narzo 20. Bagaimana tidak, smartphone ini sudah menggendong baterai dengan kapasitas daya 6.000 mAh dan didukung pengisian daya 18W.

Pastinya Anda tidak perlu khawatir baterai smartphone akan cepat habis saat digunakan dengan intens.

Kami juga menguji ketahanan baterai dari Realme Narzo 20. Menggunakan aplikasi PC Mark, kami memanfaatkan mode battery test untuk mengetahui screen on time yang bisa didapat.

Dari pengujian tersebut, terlihat bahwa Realme Narzo 20 mampu digunakan secara non stop selama 18 jam 51 menit, atau nyaris 19 jam. Indikator baterai juga menunjukkan bahwa masih ada daya sisa sekitar 10 persen.

battery test realme narzo 20
Battery Test Realme Narzo 20

Daya tahan yang lumayan lama ini ternyata juga didukung dengan beberapa fitur optimasi baterai. Mulai dari App Quick Freeze yang dapat secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Kemudian ada Screen Battery Optimization yang akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai. Anda juga dapat mengaktifkan Sleep Standby Mode untuk menghemat daya ketika tidur.

Jika Anda ingin daya tahan lebih lama lagi, Anda dapat mengaktifkan Power Saving Mode yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar-mati ke 15 detik dan menonaktifkan sinkronisasi di latar untuk lebih jauh memperpanjang masa pakai baterai.

Sementara itu untuk durasi pengisian dayanya berlangsung cukup lama. Dari presentase 19% hingga 100% menghabiskan waktu sekitar 3 jam 51 menit.

Realme Narzo 20
Durasi Pengisian Daya Realme Narzo 20

Durasi pengisian dayanya memang memakan waktu yang cukup banyak, tapi rasanya masih cukup setimpal dengan screen of time yang ditawarkannya.

Kamera

review kamera Realme Narzo 20
Kamera Realme Narzo 20 (Foto: Helmi Reinaldi/Telset.id)

HP Realme terbaru ini hadir dengan tiga kamera di bagian belakang. Setup-nya terdiri dari kamera utama 48MP, kamera ultra wide 8MP dengan sudut pandang 119 derajat dan 2MP lensa makro.

Kamera utama realme narzo 20 memiliki sensor 48MP, apertur besar f/1.8, dan lensa 6P. Kamera ini menerapkan mekanisme binning piksel cerdas 4-in-1 Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi piksel besar, meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil.

Terselip juga beragam fitur optimasi kamera seperti HDR, Chroma Boost dan juga beragam filter yang bisa digunakan sesuai dengan selera Anda.

Fitur HDR bisa Anda aktifkan untuk mendapatkan hasil foto dengan detail yang lebih jelas dan tegas. Sedangkan fitur Chroma Boost berguna untuk memperoleh hasil jepretan dengan warna yang lebih bright.

Mode 48 MP bisa Anda aktifkan sangat ini mengambil gambar dengan resolusi dan kualitas yang tinggi. Hasil jepretannya menurut kami sama sekali tidak mengecewakan.

{Baca Juga: Realme Race, Smartphone Terbaru dengan Prosesor Snapdragon 888}

Untuk lensa ultra-widenya memiliki bidang pandang ultra-wide-angle 119°, yang dapat menangkap tampilan lebih luas. Sangat cocok untuk mengambil foto pemandangan, gedung, atau foto grup dengan banyak orang.

Lensa ultra makro 2MP memungkinkan pengguna lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm. Menariknya, kamera ini akan otomatis aktif begitu Anda membidik objek dari jarak yang begitu dekat.

Tidak ketinggalan, terselip juga mode Night Scape yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil foto di malam hari atau ruangan yang agak redup. Hasil foto di mode nightscape ini membuat resolusi jadi menurun. Selain itu, terlihat beberapa noise yang membuatnya kurang nyaman di mata.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8MP. Kameranya juga mendukung fungsi AI beautification, mode HDR, mode portrait, dan fitur Panoselfie yang bisa membantu Anda mengambil foto selfie dengan sudut lebih luas. Hasil foto selfie-nya juga lumayan oke.

Berikut ini beberapa hasil jepretan kamera dari HP Realme Narzo 20:

IMG20201129102612
Hasil Kamera Utama Realme Narzo 20 (Foto: Helmi/Telset.id)

IMG20201201081522
Hasil Kamera Utama Realme Narzo 20 (Foto: Helmi/Telset.id)

IMG20201201161012
Hasil kamera belakang Realme Narzo 20

IMG20201201081754
Hasil Mode Normal Realme Narzo 20

IMG20201201081802
Hasil kamera ultra wide Realme Narzo 20

IMG20201201081927
Hasil foto makro Realme Narzo 20

IMG20201201211858
Hasil foto night mode Realme Narzo 20

Kesimpulan

Realme Narzo 20
Realme Narzo 20 warna Silver Sword (Foto: Helmi Reinaldi/Telset.id)

Realme Narzo 20 resmi dijual di Indonesia dengan banderol harga Rp 2.199.000. Dari hasil review Realme Narzo 20 yang kami lakukan, HP ini layak dilirik oleh Anda yang tengah mencari smartphone di rentang harga Rp 2 jutaan.

Chipset Helio G85 menawarkan kinerja yang cukup mumpuni untuk rentang harganya. Ditambah lagi kapasitas baterai besar, yang menawarkan daya tahan lumayan lama dan cocok buat Anda yang sering menggunakan smartphone untuk beraktivitas sehari-hari.

Kami cukup puas saat menggeber performanya untuk bermain game. Realme Narzo 20 mampu mengakomodir kebutuhan bermain game Android yang terbaru dan terpopuler saat ini dengan sangat lancar.

Untuk hasil kameranya tidak begitu mengecewakan, tapi tidak bagus banget juga. Menurut kami hasil jepretannya masih kurang greget, terutama di kondisi kurang cahaya.

Tapi minimal, hasil jepretannya masih cukup oke untuk Anda pamerkan di sosial media. Kekurangan yang dimiliki juga bersifat minor, sehingga bisa dimaklumi.

Overall, menurut kami HP Realme Narzo 20 menyajikan banyak hal menarik yang bisa dinikmati penggunanya dengan rasa puas.

Kelebihan

+ Desain Oke

+ Performa cukup powerful dengan chipset Helio G85

+ Baterai besar 6.000 mAh

+ Harga menarik

Kekurangan

– Feel genggam agak berat

– Layar masih HD+

– Durasi charging lama

TELSET RATING: 8/10 

SPESIFIKASI REALME NARZO 20
Jaringan 2G, 3G, 4G
OS Android 10
Chipset MediaTek Helio G85
GPU Adreno 619
RAM 4 GB
Memori 64 GB/128 GB
Dimensi 165.3 x 76.8 x 9 mm
Layar IPS LCD 6,5 inci resolusi HD+
Kamera Belakang 48 MP + 8 MP + 2 MP
Kamera Depan 8 MP
Baterai 6.000 mAh
Harga Rp 2,1 jutaan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -