Cara Paling Gampang Membuat Spotify Wrapped 2020

Telset.id – Setiap di penghujung tahun, Spotify selalu membuat rangkuman dari kebiasaan penggunanya mendengarkan musik, dengan cara membuat Spotify Wrapped. Nah, di tahun ini, aplikasi musik streaming ini kembali membuat Spotify Wrapped 2020.

Sudah seperti semacam “ritual” bagi pengguna Spotify setiap akhir tahun selalu menanti Spotify Wrapped. Dan pada Desember ini, Spotify Wrapped 2020 akhirnya tersedia, dan sudah bisa diakses untuk disebarkan di media sosial.

{Baca juga: Cara Share Lagu Favorit dari Spotify ke Instagram Stories}

Dikutip Telset dari Cnet, lagu Blinding Lights yang bawakan The Weeknd menjadi salah satu lagu yang paling banyak dimainkan sepanjang tahun 2020 ini, dengan jumlah streaming mencapai 1,6 miliar kali.

Sedangkan untuk podcast, channel Joe Rogan Experience berada di posisi puncak sebagai podcast terpopuler dan paling banyak ditonton. Menyusul di posisi kedua ada TED Talks Daily dan New York Times The Daily.

Fitur Spotify Wrapped sendiri memungkinkan pengguna untuk dapat melihat judul lagu, artis, dan genre musik yang paling sering didengarkan di sepanjang tahun 2020. Di situs ini, Anda juga bisa melihat podcast terpopuler, musik yang paling sering didengar dalam 10 tahun terakhir.

Selain menampilkan statistik musik dan podcast yang paling banyak didengarkan, Spotify juga menyediakan dua playlist khusus yang berisi 100 lagu teratas dan lagu-lagu hits yang terlewatkan pada setahun terakhir.

{Baca juga: Begini Cara Bayar Spotify Premium Pakai GoPay}

Tapi harap diketahui, jika Anda ingin mengakses Spotify Wrapped versi personal hanya tersedia untuk aplikasi Spotify di Android, iOS, dan iPadOS. Sedangkan bagi Anda yang mengakses aplikasi Spotify versi web hanya bisa menikmati Wrapped 2020 secara umum.

Cara Membuat Spotify Wrapped 2020

Spotify Wrapped 2020
Cara membuat Spotify Wrapped 2020

Pada Wrapped 2020 kali ini, Spotify menampilkannya agak sedikit berbeda, yaitu dengan tampilan yang mirip seperti Instagram Stories. Hal ini dilakukan karena mungkin Spotify ingin memperluas fitur Stories yang sedang mereka uji coba.

Slide Spotify Wrapped juga bisa Anda bagikan ke media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dll. Anda bisa mengakses fitur ini via browser di laptop atau PC, smartphone Android dan iOS.

Lantas bagaimana cara membuat Spotify Wrapped 2020? Sangat mudah, berikut ini cara untuk membuat Spotify Wrapped 2020:

  1. Langkah pertama kunjungi website Spotify Wrapped 2020 via browser di perangkat smartphone atau laptop/PC. Kemudian silahkan login.
  2. Jika Anda sudah login, maka Wrapped 2020 akan langsung tersedia. Tapi jika Anda belum login di Spotify, maka akan diminta untuk memasukkan username dan password.
  3. Bagi Anda yang membuka website dari smartphone, Anda akan langsung diarahkan ke aplikasi Spotify. Kalau dibukan dari laptop/PC, Anda hanya akan melihat daftar playlist Your Top Songs 2020, Missed Hits dan On Record.
  4. Setelah membuka aplikasi Spotify, klik ‘Your 2020 Wrapped’ di bagian paling atas. Banner ini juga dapat diakses dengan membuka aplikasi Spotify, kemudian Anda bisa masuk ke tab Search, dan scroll ke bawah hingga melihat kartu ‘2020 Wrapped’.
  5. Selanjutnya akan muncul slide presentasi mirip Instagram Stories. Di stories ini Anda bisa melihat beberapa statistik seperti lagu, album, musisi dan podcast favorit.
  6. Kemudian klik di sisi kanan story untuk melihat slide selanjutnya, dan di sisi kiri untuk melihat slide sebelumnya. Caranya mirip seperti Anda menggunakan Instagram Stories.
  7. Masing-masing slide tadi bisa Anda bagikan ke media sosial yang dipilih, dengan cara  menekan tombol ‘Share this story’ yang ada di bagian bawah slide. Akan ada beberapa media sosial yang bisa Anda pilih untuk membagikan story, seperti Instagram, Twitter, dan lainnya.
  8. Spotify hanya akan membagikan infografis yang ada di masing-masing story, tidak keseluruhan video.

{Baca juga: Cara Putar Lagu Favorit Spotify di Aplikasi Google Maps}

Nah, caranya sangat mudah, bukan. Setelah mengetahui caranya, sekarang waktunya sobat Telset mencoba membuat Spotify Wrapped 2020. Selamat mencoba, sob! [HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -