Home Review Review Oppo Enco Buds: TWS dengan Peredam Bising dan Gaming Mode

Review Oppo Enco Buds: TWS dengan Peredam Bising dan Gaming Mode

Oppo Enco Buds

Telset.id – Melalui artikel ini, kami akan membagikan pengalaman setelah mencoba dan melakukan review Oppo Enco Buds. Berdasarkan pengalaman kami, TWS baru besutan Oppo ini mungkin bakal menarik hati Anda.

Tak cuma rutin menggelontorkan smartphone terbaru di Indonesia, Oppo juga tidak ketinggalan menghadirkan sejumlah aksesoris pendukungnya. Salah satu dan yang terbaru, Oppo menghadirkan perangkat TWS yang dinamai Oppo Enco Buds.

TWS besutan Oppo ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Oppo menyematkan banderol harga sekitar Rp 500 ribuan saja.

Yuk langsung saja simak pengalaman kami selama menggunakan earbuds wireless satu ini, serta menjajal beragam fitur yang dimilikinya dalam review Oppo Enco Buds. Enjoy!

Desain

Oppo Enco Buds

Seperti biasa, review Oppo Enco Buds kita mulai dari segi desain. Casenya berbentuk agak lonjong dengan dimensi 67.0 x 40.4 x 27.2 mm. Warna putih membalut sekujur case dan tersemat port USB Type C untuk mengisi daya.

Ada juga sebuah lampu LED kecil yang menjadi penanda TWS dalam kondisi idle dan indikator baterai. Untuk mengaktifkan Oppo Enco Buds, Anda hanya tinggal membuka casing pengisian daya tersebut.

{Baca Juga: Oppo Enco Free2 Bawa Fitur Noise Cancelling, Harga Cuma Sejutaan}

Sementara untuk earbuds-nya berbentuk seperti “kacang” dan tidak memiliki tangkai. Selama kami gunakan, earbuds ini cukup nyaman di telinga meski digunakan dalam waktu yang lama.

Sebab dari pengalaman kami mencoba TWS dan sejenisnya, ada perangkat yang memiliki desain dimana pengguna menjadi kurang nyaman jika menggunakan perangkat tersebut dalam waktu yang lama.

Ditambah lagi, Oppo juga menyertakan karet silikon pengganti dalam tiga berbagai ukuran. Menurut kami ini sangat berguna, sehingga bisa dipilih mana yang sekiranya sesuai dengan kontur dari telinga.

Oppo Enco Buds

Oppo Enco Buds juga memiliki rating tahan debu dan air IP54 untuk memastikan perangkat akan terus beroperasi secara normal. Tetapi perlu dicatat, hanya perangkat earbuds saja yang anti air tetapi casing pengisian dayanya tidak.

Meski sudah tahan debu dan air, kami menyarankan sebaiknya hindari menggunakan earphone dan casing pengisi daya selama olahraga berat untuk mencegah kerusakan akibat keringat.

Pada bagian earbuds ini sudah tertanam speaker, mic di kedua sisi, kontrol berbasis sentuh dan juga pin untuk mengisi daya.

Fitur

Oppo Enco Buds

Untuk menyambungkan Enco Buds dengan smartphone juga sangat mudah. Hanya tinggal membuka case penutup buds, kemudian menyalakan Bluetooth di ponsel. Tak butuh lama ponsel akan menemukan Buds tersebut dan bisa langsung melakukan pairing.

Oppo Enco Buds ini sudah menggunakan Bluetooth 5.2 yang menjanjikan koneksi lebih stabil antar ponsel dan perangkat TWS.

Uniknya lagi, Anda juga bisa jika ingin mengenakan satu earbuds saja. Saat menggunakan satu earbud, sisi earbud lainnya akan terputus dan mati.

{Baca Juga: Oppo Umumkan Enco Free TWS, Earphone Wireless Tahan 25 Jam}

Sebagai informasi tambahan, Oppo Enco Buds kompatibel dengan perangkat berkemampuan Bluetooth 5.2 atau lebih rendah yang menjalankan sistem operasi Android maupun iOS.

TWS besutan Oppo ini memiliki fitur peredam bising berbasis model DNN yang cerdas, yang menggunakan algoritma cerdas untuk membedakan suara manusia dari kebisingan latar belakang.

Fitur kontrol berbasis sentuhnya juga cukup responsif. Kami sama sekali tak merasa kesulitan saat menggunakan kontrol ini. Setiap sentuhan memberikan action yang berbeda pula.

Oppo Enco Buds

Seperti ketuk sekali untuk menjeda musik yang sedang diputar, ketuk dua kali untuk mengganti lagu selanjutnya, ketuk tiga kali untuk mengaktifkan mode game, serta sentuh dan tahan untuk menyesuaikan volume.

Oh iya, Oppo Enco Buds juga memiliki gaming mode. Dengan mengaktifkan fitur ini, latensinya akan menjadi sangat rendah di 80ms. Fitur ini sangat berguna ketika Anda menggunakan TWS ini untuk bermain game.

{Baca Juga: Oppo Enco W51 Dirilis, Cek Harga dan Fiturnya di Sini}

Saat kami bandingkan dengan mode normal untuk bermain game, berbedaannya memang cukup terasa. Sebab saat kami bermain game mengenakan TWS ini dalam mode normal terasa delay dari gerakan dalam game dengan suara yang dihasilkan.

Berbeda kejadian saat gaming mode diaktifkan. Sama sekali tidak terasa adanya jeda. Gerakan dan juga suara berjalan seirama tanpa ada jeda, seperti menggunakan earphone dengan kabel.

Dengan hadirnya mode ini menambah fungsionalitas dari TWS. Tidak hanya bisa untuk telepon dan mendengarkan musik, tetapi juga tetap bisa digunakan untuk bermain game.

Kualitas Suara

Oppo Enco Buds

Berbicara mengenai kualitas suara, kami puas dengan dentuman suara yang dihasilkan. Audio yang dihasilkan terdengar jernih dan bulat.

Suara bass yang dihasilkan juga tidak terlalu dominan, demikian juga treble yang nyaman didengarkan telinga.

Selain itu, Anda tidak perlu selalu berada dekat di ponsel Anda ketika mendengarkan musik. Enco Buds menawarkan jarak antar ponsel dan earbud hingga 10 meter.

{Baca Juga: Kolaborasi dengan Disney, Oppo Luncurkan Enco W11 Toy Story}

Fitur untuk peredaman bisingnya juga dapat bekerja dengan baik. Kami bisa dengan santai menikmati alunan lagu tanpa terganggu dengan kondisi bising di sekitar.

Sedikit disayangkan tidak adanya pengaturan equalizer, sehingga kita hanya bisa menerima pengaturan suara default. Apabila ada pengaturan equalizer, tentu kita bisa mengatur suara sesuai dengan preferensi masing-masing.

Daya Tahan Baterai

Berbicara mengenai daya tahan baterainya, masa pakai baterai yang lama berarti pengguna juga tidak perlu repot mengisi dayanya terus menerus.

{Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Keunggulan yang Ditawarkan Oppo Enco W11}

Oppo Enco Buds memiliki daya tahan baterai yang tahan lama hingga 24 jam. Selain itu, pengisian daya selama 15 menit memungkinkan Anda memutar musik selama satu jam.

Dengan pengisian daya selama 15 menit, Anda bisa mendengarkan musik selama 1 jam non stop. Sementara untuk pengisian penuh saat menggunakan wadah pengisi daya menghabiskan waktu selama 2,5 jam saja.

Kesimpulan

Oppo Enco Buds

Dengan merogoh kocek sebesar Rp 500 ribuan, Oppo Enco Buds bisa memberikan pengalaman penggunaan TWS yang menyenangkan. Apalagi dengan adanya fitur gaming mode yang bisa digunakan oleh para gamers.

Untuk mendengarkan musik juga tentu bukan perkara sulit bagi Enco Buds. Kualitasnya suaranya juga lumayan, ditambah dengan adanya fitur untuk meredam kebisingan.

Sedikit kekurangan hanya terletak pada ketiadaan pengaturan equalizer, yang membuat pengguna hanya bisa mendengarkan lagu dalam pengaturan suara default.

Overall, menurut kami Oppo Enco Buds bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang ingin memiliki TWS berkualitas dengan harga terjangkau. (HR)

Kelebihan

+ Kualitas suara lumayan

+ Desain Oke

+ Gaming Mode

+ Ada fitur peredam bising

+ Tahan debu dan air IP54

Kekurangan

– Tidak ada pengaturan equalizer

TELSET RATING: 8/10

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version