Review Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8: Bodi Solid, Performa Ngegas

Telset.id – Saat ini, laptop menjadi salah satu pilihan yang paling bisa diandalkan oleh orang-orang yang bekerja dengan mobilitas tinggi. Bukan saja karena  performa yang kencang, ini juga bisa dengan mudah dibawa bepergian. Nah, diantara sekian banyak yang bisa menjadi pilihan, ada Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8.

Bukan saja nyaman dibawa bepergian, di atas kertas, laptop terbaru besutan Lenovo ini juga menawarkan spesifikasi kelas atas. Katakan saja prosesor Intel Core i7 seri P generasi ke-12 yang memiliki performa mempuni, ditambah RAM 16GB berjenis baru DDR5 serta penyimpanan SSD NVMe PCIE Gen 4 berkapasitas 512MB.

Di bagian layar, perangkat ini memiliki panel layar IPS berukuran 14 inci dengan resolusi tinggi 2,8K. Layar juga sudah mendukung kecerahan hingga 400 nits, 100% sRGB, dan refresh rate hingga 120Hz.

Dari segi spesifikasi, Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8 jelas mumpuni, namun bagaimana dengan pengalaman yang ditawarin untuk penggunaan sehari-hari? Biar ngga penasaran, yuk ikuti perjalanan Kami bercengkerama langsung dengan laptop ini!

BACA JUGA:

Desain Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8

Review Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8

Secara desain, sebenarnya Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8 yang masuk ke markas Telset tidak terlalu menarik. Setidaknya secara penampilan. Bahkan ini terlihat sama seperti seri Ideapad jika saja tidak ada logo Yoga berwarna silver disana. Bagian atasnya terlihat cukup simple dengan hanya menampilkan logo Lenovo berukuran kecil di bagian kiri dan Yoga yang juga berukuran kecil di bagian kanan

Walaupun desainnya terlihat biasa, namun harus diakui bahwa bagian material sangatlah mengesankan, mengingat ini menggunakan alumunium. Bukan saja membuatnya terlihat kokoh dan solid, penggunaan material ini juga membuatnya terasa sangat premium. 

Review Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8

Saat membuka penutupnya, kita akan disuguhkan keyboard beserta dua speaker yang ada di sisi kanan dan kiri. Pengalaman selama mengetik dengan keyboard ini terasa cukup nyaman dan taktil. Posisi palm rest di laptop juga termasuk pas, nyaman dan bisa meningkatkan pengalaman mengetik agar lebih baik. Oh, keyboar juga sudah dilengkapi LED backlight.

Di bawah keyboard, ada touchpad berukuran besar yang sangat nyaman digunakan. Saat menggeser kursor terasa smooth. Saat dipakai untuk mengklik juga oke, terasa crisp saat klik kanan maupun kiri.

Di bagian bawah, laptop ini memiliki 2 lubang ventilasi yang digunakan untuk mengatur sirkulasi udara. Ada juga 3 bantalan karet untuk menopang laptop ini. 

Untuk kelengkapan port, di bagian kiri ada port HDMI 2.1 yang mendukung layar eksternal hingga resolusi 4K 60hz, dua port USB-C Thunderbolt 4 yang mampu dipakai untuk mentransfer data, Power Delivery 3.0, dan DisplayPort 1.4. Di bagian kanan, ada USB Type-A 3.2 Gen 1, jack Audio, dan tombol Power. Sayangnya, tidak ada slot untuk MicroSD.

Laptop ini memiliki dimensi ukuran 312 x 221 x 14,9 mm dengan bobot seberat 1,3 KG. Berkat kombinasi ketebalan dan berat tersebut laptop ini sangat cocok dibawa kemana-mana. Setidaknya selama proses review berlangsung, Kami menjinjingnya ke berbagai tempat, dan sama sekali tidak merasakan sakit di punggung.

Layar dan Audio Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8

Seperti sudah disebutkan, laptop Lenovo terbaru ini termasuk cukup mumpuni. Itu termasuk di bagian layar, dimana meski hanya mengandalkan panel berjenis IPS, namun ini tetap mampu memberikan pengalaman yang baik.

Lenovo Yoga Slim 6 14AP8 yang kami review punya panel layar IPS berukuran 14 inci dengan resolusi tinggi 2,8K. Layarnya juga sudah mendukung kecerahan hingga 400 nits, 100% sRGB, dan refresh rate hingga 120Hz. Itu belum termasuk sertifikasi Eyesafe Certified 2.0 dan Dolby Vision.

Selama penggunaan, layar mampu menawarkan warna yang cukup vibrant dan vivid, meski tidak segonjreng OLED.  Yoga Slim 6 14AP8 masih menghadirkan warna yang mampu meningkatkan pengalaman saat marathon Netflix, Disney+ hingga sekadar menonton video di YouTube.

Yang paling mengesankan dari bagian layarnya adalah bahwa ini sudah mendukung refresh rate tinggi sehingga pergerakan layar terasa mulus, dan enak dipandang mata, meskipun dalam waktu yang lama. Sertifikasi Eyesafe 2.0 sepertinya benar-benar membuat layar tidak menyakiti mata meskipun  dipandang berjam-jam.

Di bagian layar juga memiliki engsel yang bagus, dimana ini terasa kokoh dan mampu dibuka hanya dengan satu tangan saja. Ini menambah kesan premium dari laptop. Ditambah lagi layarnya bisa dibuka hingga 180 derajat.

Selain itu, yang bagus dari layarnya adalah viewing angle yang luas, membuat konten di layar bisa terlihat jelas meskipun kita berada di sudut yang berbeda.

Sementara itu, dengan dua buah lubang speaker yang sudah dilengkapi teknologi  Dolby Vision Atmos, audio yang dihasilkan laptop menggelegar dan kualitas suaranya terbilang memuaskan dengan clarity yang bagus dan bass yang oke.

Performa Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8

Yoga Slim 6 14AP8 mengandalkan prosesor Intel Core i7-1260P yang punya 12 core, berisikan 4 core performa berkecepatan 2,1Ghz dengan 8 core efisien yang berjalan di 1.5Ghz dan 16 thread. Prosesor ini mampu dipercepat hingga berada di clockspeed 4.7GHz.

Tidak ketinggalan juga, Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8  juga sudah menggunakan RAM DDR5 terbaru berkapasitas 16GB dan penyimpanan SSD NVME PCIe Gen 4 berkapasitas 512MB. Secara spesifikasi, RAM dan penyimpanan memang sudah cukup kencang, sayang kapasitasnya tidak bisa ditambah. Sehingga wajib memiliki penyimpanan eksternal jika penyimpanan laptop ini penuh.

Walau begitu, laptop ini menawarkan performa yang kencang jika diajak untuk bekerja. Selama penggunaan sehari-hari, kami tidak mengalami adanya lag sedikit pun, dengan skenario pekerjaan membuka banyak tab di Chrome, sambil mendengarkan musik. Saat digunakan untuk membuka dokumen di Microsoft Office juga tidak ada masalah.

Lantas bagaimana dengan performa gamingnya? Tanpa menunggu lama, Kami mengajak laptop ini untuk menjalankan game Valorant. Hasilnya, dengan pengaturan grafis High dan resolusi 2.8K 120Hz, Yoga Slim 6 14AP8 bisa menjalankan game di kisaran 50an FPS hingga 70FPS. Ini adalah hasil yang cukup memuaskan mengingat laptop hanya dibekali GPU Intel Iris Xe saja.

Agar lebih jelas, Kami juga melakukan berbagai pengujian sintetis, berikut hasilnya!

PCMark

Review Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8

Dalam pengujian pertama kami menjajal laptop ini di PCMark, dan perangkat mampu menghasilkan skor 5.428. Skor ini termasuk cukup baik dan sesuai dengan performa yang diberikan untuk melakukan pekerjaan harian.

Cinebench R23

Lanjut ke pengujian Cinebench R23, laptop ini mampu menghasilkan skor CPU multi-core sebesar 8.729 poin dan single-core sebanyak 1.386 poin. Dari hasil ini pun menunjukan bahwa prosesor Intel Core i7-1260P mampu diajak melakukan berbagai kebutuhan penggunanya.

CrystalDiskMark

Review Lenovo Yoga Slim 14IAP8

Pengujian terakhir, yakni di CrystalDiskMark, SSD di laptop ini berhasil mendapatkan skor membaca data 3064,13 MB/s dan skor menulis data sebanyak 2656,76 MB/s. Mengingat kemampuannya dalam membuka aplikasi dan menyalin data yang cepat tampaknya pengujian ini juga sejalan dengan pengalaman.

Hal menarik lainnya yang perlu diketahui Dari performa Yoga Slim 6 14AP8 adalah terkait suhu, dimana ini sangat bisa diandalkan. Ya, laptop terbilang adem saat digunakan untuk penggunaan sehari-hari baik itu saat bekerja atau sekadar menonton film di akhir pekan. 

Kamera Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8

Yoga Slim 6 14AP8 dibekali dengan kamera di atas layar dengan resolusi Full HD dan sudah disematkan juga privacy shutter untuk menjaga keamanan dari penggunanya.

Untuk kualitas foto dan video webcam, bukan yang paling istimewa. Bahkan terbilang biasa saja. Noise dari videonya cukup kentara.

Berikut hasil foto dan video dari kamera yang ada di Lenovo Yoga Slim 6 14AP8.

WIN_20240117_13_32_25_Pro

Baterai Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8

Berbekal baterai 65Wh dengan dukungan pengisian daya 65W melalui batok charger USB Type-C, laptop ini masih bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari.

Selama dipakai laptop ini mampu bertahan sekitar 5 jam 30 menit dengan mengatur performa Power Mode di Balanced. Memang ini hasil yang termasuk standar, tetapi mengingat performanya yang kencang kami rasa daya tahan baterainya termasuk bisa diandalkan.

Untuk melakukan pengisian daya, dari sekitar 10% hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit.

Sistem Operasi Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8

Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8 menjalankan sistem operasi Windows 11 Home Single Language dan sudah tersedia juga Microsoft Office Home and Student 2021 dalam paket pembeliannya. 

Selain itu, terdapat juga aplikasi bawaan Lenovo Vantage yang menawarkan berbagai fitur mulai dari pengecekan garansi apakah masih tersedia, keamanan perangkat, hingga pengaturan berbagai komponen lain seperti baterai, audio, layar, beserta kamera. Aplikasi ini cukup membantu jika pengguna ingin menggunakan skenario penggunaan tertentu.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Lenovo Yoga Slim 6 14AP8 sangat bisa diandalkan oleh mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Selain karena ukuran dan bobotnya yang ringkas, perangkat ini juga memiliki performa yang oke, dengan kualitas layar yang juga bagus. Selain itu, dan ini paling penting, bodinya kokoh sehingga terasa kuat saat dipakai berpergian.

Tapi, dibalik berbagai kelebihan tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna, seperti absennya slot Micro-SD hingga tidak adanya opsi penambahan RAM dan penyimpanan internal. Karena hal ini, ada kemungkinan kita akan perlu menambah biaya untuk membeli penyimpanan eksternal atau penyimpanan online serta card reader tambahan.

So, bagi Anda yang membutuhkan laptop sekadar untuk bekerja dan tidak dengan kapasitas penyimpanan yang besar, Yoga Slim 6 14AP8 bisa menjadi pilihan. Namun, jika yang Anda butuhkan adalah sebaliknya – katakan saja Anda membutuhkan penyimpanan besar untuk menyimpan foto atau video berkapasitas besar, sepertinya harus berpikir ulang untuk menjadikan laptop ini sebagai pilihan. Kecuali Anda bersedia merogoh kocek lebih dalam untuk aksesoris tambahan.

Untuk diketahui, Lenovo Yoga Slim 6 14AP8 dijual dengan harga Rp15.999.000 dan dalam paket pembeliannya kita sudah langsung mendapatkan Windows 11 Home Single Language beserta Microsoft Office 2021. [FY/IF]

JARINGAN
KETERSEDIAN
Status Available
BODI
Dimensi 312 x 221 x 14.9 mm (12.28 x 8.7 x 0.59 inches)
Berat 1,3kg
Build Alumunium
Varian Warna Storm Grey
LAYAR
Ukuran Layar IPS 14"
Resolusi Layar 2880 x 1880 Pixel
Protection Eyesafe Certified 2.0
Feature Refresh rate 120Hz, Brightness 400nits, Anti-glare, Dolby Vision, 100%sRGB
PLATFORM
Sistem Operasi Windows 11
Chipset Intel Core i7-1260P
CPU / Prosesor 12 Core (4 P-core + 8 E-core), Base frequency P-core 2.1GHz / E-core 1.5GHz, Max Frequency P-core 4.7GHz / E-core 3.4GHz
GPU / Prosesor Grafis Intel Iris Xe Graphics
MEMORI
Kartu Memori No
RAM 16GB LPDDR5-4800
ROM / Memori Internal 512GB SSD PCIe NVMe®, PCIe 4.0 x4
KAMERA UTAMA
KAMERA DEPAN
Kamera Selfie Webcam Full HD 1080P
Fitur Kamera Depan IR, with privacy shutter, fixed focus, with ToF sensor
Perekaman Video 1080p
SOUND
SOUND Stereo speakers, 2W x2, optimized with Dolby® Atmos®
KONEKTIVITAS
WIFI WiFi 6
Bluetooth Bluetooth 5.1
USB 1x USB-A (USB 5Gbps / USB 3.2 Gen 1), Always On 2x USB-C (Thunderbolt 4 / USB4® 40Gbps), with USB PD 3.0 and DisplayPort™ 1.4
FEATURES
BATERAI
Tipe Baterai
Kapasitas Baterai 65Wh

Kelebihan

  • Bodi ringan
  • Performa kencang
  • Kualitas layar bagus
  • Pengisian daya cepat

Kekurangan

  • Tidak ada slot MicroSD
  • Slot RAM dan penyimpanan terbatas

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Performa
Kamera
Baterai
Sistem Operasi

SUMMARY

Overall, Lenovo Yoga Slim 6 14AP8 ini mampu diandalkan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi karena ukuran dan bobotnya yang ringkas bisa mendukung hal tersebut, performanya juga termasuk kencang, kualitas layar bagus, lalu yang paling penting adalah bodinya kokoh sehingga terasa kuat saat dipakai berpegian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA & SPESIFIKASI
Artikel Terkini
REKOMENDASI
Overall, Lenovo Yoga Slim 6 14AP8 ini mampu diandalkan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi karena ukuran dan bobotnya yang ringkas bisa mendukung hal tersebut, performanya juga termasuk kencang, kualitas layar bagus, lalu yang paling penting adalah bodinya kokoh sehingga terasa kuat saat dipakai berpegian.Review Lenovo Yoga Slim 6 14IAP8: Bodi Solid, Performa Ngegas