Review Huawei Freebuds 3: Dengerin Musik Makin Yahud

Review Huawei Freebuds 3

Telset.id, Jakarta – True wireless stereo (TWS) kini sudah makin jamak ditemui. Beragam produsen teknologi seakan berlomba-lomba menyajikan TWS besutannya sendiri. Nah, kali ini kami akan mengulas hasil review Huawei Freebuds 3. Bagaimana hasilnya?

Sedikit menengok ke belakang, Apple menjadi yang pertama mempelopori desain TWS dengan merilis perangkat AirPods.

Namun saat itu bukannya pujian yang didapat, justru celaan yang mesti diterima Apple kala pertama kali memperkenalkan perangkat AirPods ke hadapan publik.

Desainnya yang saat itu disebut “aneh” dan tak biasa, dianggap sebagai sebuah kekurangan. Tapi bak siklus yang selalu berulang, TWS bikinan Apple malah “mengilhami” lahirnya perangkat berdesain serupa dari merek lainnya.

{Baca juga: Huawei FreeBuds 3, Earphone Wireless untuk Para Gamers}

Salah satunya adalah Huawei yang meluncurkan sebuah TWS yang diberi nama Huawei FreeBuds 3. Fitur Active Noise-Cancelling jadi andalan perangkat satu ini.

Penasaran dengan semburan suara yang dihasilkannya? Yuk simak pengalaman tim Telset.id kala menggunakan Huawei Freebuds 3. Enjoy, Sob!

Desain

Review Huawei Freebuds 3

Huawei FreeBuds 3 memiliki desain yang bisa dibilang sangat mirip dengan AirPods. Secara kasat mata, kedua perangkat ini akan sangat sulit dibedakan.

Perangkat FreeBuds 3 yang kami coba merupakan varian terbaru yakni Huawei FreeBuds 3 Red Edition. Ini yang membuatnya sedikit berbeda dengan AirPods.

Selain karena desainnya sebagai sebuah headset yang tak biasa, balutan warna merah yang eye-catchy ini berpotensi membuat Anda menjadi pusat perhatian.

Oh iya, dalam paket penjualannya, Anda akan mendapatkan sepasang FreeBuds 3, case untuk penyimpanan dan pengisian daya, serta sebuah kabel USB Type C.

TWS ini mengadopsi desain open-fit yang dirancang secara ergonomis untuk memberikan kenyamanan maksimal, dan memastikan tidak akan mudah terlepas dari telinga saat digunakan.

{Baca juga: 3 Produk Modis Huawei Mejeng di “Tech Meets Fashion”}

Bagian earbuds-nya juga didesain dengan menggunakan bahasa desain yang mereka sebut Dolphin Bionic. Desain semacam ini menghasilkan suara yang terfokus di telinga pengguna.

Pada bagian bawah earbuds terdapat sebuah lapisan berwarna perak yang merupakan tempat dari mikrofon. Earbuds ini juga sudah mendukung kontrol berbasis sentuhan baik di bagian kiri dan juga kanan.

Kami pribadi cukup puas dengan desain earbuds yang disuguhkan oleh Huawei. Desain earbuds membuatnya terpasang sangat pas di telinga dan sama sekali tidak mudah terlepas meskipun digunakan sembari berjalan.

Sementara case penyimpannya yang juga berfungsi sebagai tempat pengisian daya memiliki warna yang senada dengan earbuds. Pada bagian case ini terdapat sebuah slot USB Type C, lampu indikator, serta sebuah tombol yang berfungsi untuk pairing FreeBuds 3 dengan smartphone.

Spesifikasi

Review Huawei Freebuds 3

Huawei Freebuds 3 ditenagai oleh prosesor Kirin A1, mendukung sistem transmisi sinkron dual-channel untuk mengurangi latensi, dan diklaim dapat menghasilkan audio yang mendalam dan tersinkronisasi saat bermain game atau menonton video.

Dilengkapi dengan BT-BLE dual-mode Bluetooth 5.1 SoC, teknologi transmisi Dual Channel Huawei Isochronous. dan prosesor audio 356 MHz.

All Noise Cancelling (ANC) menjadi fitur utama yang ditawarkan dari TWS satu ini. Fitur tersebut dapat mengurangi kebisingan secara real-time. Selain itu, fitur ini juga dapat mengurangi kebisingan dari latar belakang walaupun dalam kondisi bergerak.

Asyiknya lagi, fitur ini dapat dinyalakan dengan sangat mudah hanya dengan mengetuk dua kali di bagian earbud sebelah kiri.

{Baca Juga: Layarnya Berlubang, Inikah Desain “Nyentrik” Huawei P40 Pro?}

Tersemat juga sebuah fitur yang disebut Bone Voice ID. Teknologi ini dapat membantu membedakan antara suara pengguna selama panggilan dan kebisingan latar belakang dengan mengambil getaran dari pergerakan mulut pengguna.

Performa

Untuk mengintegrasikan perangkat FreeBuds 3 dengan smartphone, Anda terlebih dahulu diharuskan mengunduh aplikasi Huawei AI Life. Oh iya, Anda tidak harus menggunakan smartphone Huawei kok untuk bisa menggunakan perangkat FreeBuds ini. Bisa juga smartphone dari brand lainnya.

Proses pairing-nya mengandalkan konektivitas bluetooth dan menurut kami berlangsung cukup cepat. Mungkin hanya perlu sedikit penyesuaian untuk pengguna baru.

Perangkat ini pun tak mudah terlepas sehingga Anda tidak perlu khawatir FreeBuds 3 akan gampang terjatuh. Tetapi kami mulai merasa agak tidak nyaman saat menggunakan perangkat ini dalam waktu lama.

Pasalnya kami merasa bagian telinga terasa agak sedikit sakit. Entah karena tidak adanya bantalan karet pada bagian earbuds, atau kontur telinga yang tidak sesuai dengan perangkat FreeBuds 3.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

FreeBuds 3 memiliki kontrol suara di kedua sisinya. Kiri untukmengaktifkan atau menonaktifkan noise cancelling, sisi kanan untuk berganti ke track berikutnya.

Fungsi kontrol sentuh ini juga ternyata bisa diganti loh, Sob! Selain kedua fungsi tadi, Anda juga dapat menggantinya dengan fungsi lain seperti pause lagu, atau memanggil digital assistant.

Kualitas suara yang disajikannya terbilang mantap. Dentuman bass cukup terasa empuk di telinga. Beragam instrumen yang ada dalam lagu terdengar begitu jelas di telinga.

Kenikmatan mendengarkan lagu makin terasa saat fitur noise cancelling diaktifkan. Suara-suara “mengganggu” dari luar dapat diblokir dan Anda dapat menikmati lantunan lagu dengan syahdu.

Sedikit yang mungkin jadi kekurangannya, Huawei tidak menyertakan equalizer untuk mengatur kualitas suara. Juga saat berada dekat perangkat nirkabel lain, suaranya akan sedikit terganggu.

Kekurangan lain yang kami temukan adalah saat FreeBuds 3 digunakan untuk bermain game online. Terjadi delay antara suara in-game dengan suara yang masuk ke perangkat FreeBuds 3.

Oh iya, untuk pengisian dayanya membutuhkan waktu dari 0 sampai 70 persen hanya dalam waktu 30 menit saja. Sedangkan untuk pengisian hingga penuh menghabiskan waktu sekitar 60 menit.

Kesimpulan

Overall, kami cukup puas dengan performa yang disajikan Huawei FreeBuds 3. Kualitas suaranya layak diacungi jempol, ditambah lagi saat fitur noise cancelling diaktifkan. Mendengarkan lagu jadi makin yahud.

Meski demikian, perangkat TWS ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang dapat dibilang tidak murah juga. Huawei FreeBuds 3 dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan. Tapi menurut kami, harga dan kualitas yang ditawarkan cukup sesuai.

Apapun itu, keputusan kembali kepada Anda. Pilih TWS dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan yang paling penting, sesuai kocek yang Anda miliki. (HR)

Kelebihan:

  • Warna eye-catchy
  • Audio berkualitas
  • Ada Noise Cancelling
  • Baterai tahan lama
  • Pengisian daya relatif cepat

Kekurangan:

  • Desain mirip Apple AirPods
  • Kurang nyaman dipakai dalam waktu lama

TELSET RATING: 8/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here