Review Asus Zenfone Max Pro M1: Zenfone Max Terbaik!

Kamera

Di sektor kamera, sebenarnya ada dua konfigurasi yang ditawarkan Asus untuk kamera utama. Untuk versi tertinggi atau yang menggunakan kombinasi RAM dan ROM 6GB/64GB, Zenfone Max Pro M1 disematkan kamera beresolusi masing-masing 16MP + 5MP.

Sementara untuk varian 4GB/64GB dan 3GB/32GB, memiliki kamera beresolusi masing-masing 13MP aperture f/2.2 dan 5MP aperture f/2.4.

Berbeda dibandingkan seri Plus yang punya konfigurasi normal lens dan wide-angle lens, untuk versi Pro, kamera ganda saling bekerja sama agar menghasilkan foto dengan efek bokeh atau potrait mode.

Bagaimana kualitasnya? Jujur menurut kami Asus perlu memperhatikan sektor kamera pada smartphone ini, khususnya di segi software. Sebab, kamera Zenfone Max Pro M1 minim fitur yang bisa dieksplorasi oleh penggunanya.

Sekedar informasi, meski berjalan di atas Android murni, smartphone ini tak menggunakan aplikasi Google Camera ataupun ZenUI Camera sebagai aplikasi kamera bawaan, melainkan Snapdragon Camera.

Memang di dalam aplikasi ada fitur Potrait Mode yang jadi “senjata utama” kamera Zenfone Max Pro M1, tapi untuk hal lain seperti mengatur ISO, exposure, white balance, dan lainnya, terbilang cukup ribet. Well, itu bisa jadi masukan bagi Asus untuk pembaruan sistem smartphone ini ke depannya.

Nah untuk kualitasnya, foto yang dihasilkan sebenarnya biasa saja dan cenderung tidak terlalu menonjolkan sisi warna pada hasil fotonya. Misalnya saja pada foto di bawah ini, warnanya cenderung “tidak keluar” padahal sudah dibantu dengan pencahayaan yang cukup baik.

Untungnya, ada mode HDR yang bisa menutupi kekurangan tersebut. Jujur, kami sangat mengapresiasi dengan adanya mode HDR itu karena ketika kami mengambil objek yang sama dengan mode HDR, barulah warna pada foto tampil dengan cukup sempurna dan terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Mode HDR juga sangat membantu kami ketika mengambil gambar di luar ruangan. Sebab, setiap objek yang tertangkap oleh kamera Zenfone Max Pro M1 memiliki kualitas warna dan detil yang sangat baik.

Sebagai contoh, pada foto di bawah ini yang memperlihatkan suasana di sekitaran Bundaran HI. Warna langit, gedung-gedung, kendaraan bahkan hingga Patung Selamat Datang terlihat dengan baik. Bahkan jika kita perbesar ke bagian Patung Selamat Datang, detilnya masih cukup baik, dengan warna yang hampir persis seperti aslinya.

Sedangkan ketika mengambil gambar di kondisi low-light, hasilnya pun tak bisa dibilang jelek. Asus terbukti telah menutupi kekurangan pada kamera Zenfone Max Plus M1 yang kadang menghasilkan foto dengan “efek kabut” ketika mengambil gambar di kondisi low-light.

Nah untuk bagian terpentingnya yakni mode potrait atau bokeh, Zenfone Max Pro M1 mampu menangkap foto bokeh dengan efek blur antara objek foto dengan background yang cukup rapi. Meski, ada beberapa bagian yang tidak berhasil di-blur-kan, namun overall hasilnya cukup baik.

Sementara untuk kamera depannya, Asus Zenfone Max Pro M1 dibekali kamera beresolusi 8MP aperture f/2.2. Foto yang dihasilkan kamera depan Zenfone Max Pro M1 memiliki kualitas yang biasa saja.

Hal itu wajar, karena smartphone ini bukanlah smartphone yang mengandalkan kamera depan sebagai “senjata utamanya”. Meski begitu, fotonya cukup baik kok, dan cocok untuk diunggah atau dibagikan di mesia sosial.

Berikut hasil foto yang kami ambil menggunakan kamera Asus Zenfone Max Pro M1:

Kesimpulan

Asus Zenfone Max Pro M1 seolah jadi aksi nyata dari Asus untuk membuat seri Zenfone Max terlihat lebih powerful, berkualitas dan tak cuma mengandalkan sisi ketahanan baterai saja.

Ini bisa dibuktikan dengan berbagai keunggulan yang terdapat pada smartphone, seperti layar besar, spesifikasi bertenaga, baterai tahan lama, kamera cukup berkualitas dan build quality yang jempolan.

Dibanderol Rp 2,2 jutaan untuk versi terendahnya, kami rasa Asus Zenfone Max Pro M1 sangatlah worth-it untuk dibeli dan dijadikan daily driver penggunanya. Keren! (FHP/HBS)

1
2
3
Previous articleKeren! Universitas di Kanada Ciptakan Bioprinter Portabel Penyembuh Luka
Next articleSuksesor Nokia 5 Segera Diluncurkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here