Review Asus Zenfone Max Pro M1: Zenfone Max Terbaik!

Layar

Menjadi seri Pro dari Zenfone Max, pastinya banyak keunggulan yang terdapat di dalamnya jika dibandingkan seri Plus atau seri yang standar. Salah satu keunggulannya adalah sektor layar.

Asus Zenfone Max Pro M1 mengusung layar berjenis IPS berukuran 5,99 inch dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2160 piksel) beraspek rasio 18 : 9. Lantas bagaimana kualitasnya?

Selama beberapa hari kami menggunakannya, jujur kami suka dengan kualitas layar Zenfone Max Pro M1. Layarnya mampu dengan cekatan menyesuaikan dengan intensitas cahaya saat kami menggunakannya berkat fitur Adaptive Brightness. Sehingga membuat mata kami nyaman saat mengoperasikannya.

Misalnya saja ketika digunakan di siang hari dengan kondisi cahaya yang cukup terik, layar masih terlihat dengan baik. Sama halnya ketika digunakan di malam hari, terutama sebelum tidur. Mata kami dibuat nyaman dengan intensitas layar yang tak terlalu terang, ditambah dengan adanya mode Night Light.

Karena mengadopsi layar yang besar, berbagai konten pada smartphone pun berhasil ditampilkan dengan sangat baik oleh smartphone.

Bukan cuma ketika digunakan untuk mengakses media sosial, menonton video YouTube atau film hasil download hingga bermain game saja, untuk urusan bekerja sampai melihat slide presentasi, mata kami dimanjakan dengan layarnya yang besar dan berkualitas. Keren!

Kinerja

Asus Zenfone Max Pro M1 kami klaim menjadi seri Zenfone Max yang jauh lebih bertenaga dibandingkan seri lainnya. Sebab, seri Zenfone Max sebelumnya bisa dibilang hanya “modal baterai besar” saja, tapi tidak terlalu memperhatikan sektor chipset yang berperan penting pada kinerja smartphone secara keseluruhan.

Contoh sederhananya adalah Zenfone Max Plus M1. Kami akui jika baterainya tahan untuk diajak seharian beraktivitas. Namun jika digunakan untuk bermain game, khususnya game dengan grafis tinggi. Smartphone tersebut terlihat cukup kewalahan.

Nah kekurangan inilah yang langsung ditebus oleh Zenfone Max Pro M1. Ketika smartphone ini diperkenalkan, Asus langsung mengklaim jika Zenfone Max Pro M1 merupakan smartphone yang enak diajak main game dengan mengusung tagline “Limitless Gaming”.

Asus Zenfone Max Pro M1 ditenagai oleh prosesor octa-core 1.8GHz Snapdragon 636, GPU Adreno 509, tiga varian RAM dan ROM yakni 3GB/32GB, 4GB/64GB, dan 6GB/64GB serta baterai berkapasitas 5,000 mAh.

Kami sendiri menggunakan unit dengan versi 3GB/32GB. Meski menggunakan versi “paling rendah” namun sensasi bertenaga dan nyaman digunakan masih kami rasakan.

Ada alasannya selain memang spesifikasi smartphone tersebut bertenaga, yakni sistem operasi yang digunakan bukan lagi ZenUI berbasis Android, melainkan menggunakan sistem Android murni yang tentunya minim bloatware.

Seperti diketahui, ZenUI mungkin bisa dibilang menjadi salah satu sistem operasi yang memiliki banyak bloatware. Meski sudah dikurangi jumlahnya pada ZenUI 4.0, namun dengan kehadiran bloatware, tentu akan berpengaruh pada performa smartphone secara keseluruhan.

Dengan penggunaan Android murni, User Interface (UI) Zenfone Max Pro M1 juga tampil lebih simple, enak digunakan dan yang terpenting lebih gesit. Apalagi ketika menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan, khususnya ketika menggunakan fitur Split Screen.

Selain itu, sektor baterai di Zenfone Max Pro M1 juga memegang peranan penting. Kapasitasnya yang besar membuat smartphone ini benar-benar dapat menemani aktivitas kami hampir seharian.

Berdasarkan pengujian kami menggunakan aplikasi PCMark, Asus Zenfone Max Pro M1 mampu mencatatkan waktu 14 jam 19 menit dengan baterai tersisa sebanyak 20%.

Sementara ketika digunakan sebagai daily driver kami selama beberapa hari, smartphone ini bisa bertahan 15 jam 4 menit dengan baterai tersisa sebanyak 4% yang diperkirakan masih bisa bertahan selama 41 menit lagi.

Catatan waktu itu sangat mengagumkan karena screen on time (SOT) yang tercatat pada sistem adalah 7 jam 30 menit. SOT sendiri adalah waktu di mana kami menggunakan smartphone ini terus menerus dengan layar yang selalu menyala.

Berkapasitas besar, lantas bagaimana dengan waktu pengisiannya? Nah ini juga yang bisa dibilang menarik dari Zenfone Max Pro M1. Rata-rata, pengisian baterai dari 10% sampai 100% hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam 50 menit, dan itu cukup cepat untuk sebuah smartphone dengan kapasitas baterai besar.

Berpindah dari baterai, kami juga tak melewatkan tahap pengujian untuk mengetahui performa sebenarnya dari smartphone tersebut. Menggunakan AnTuTu Benchmark versi 7, Zenfone Max Pro M1 berhasil mencatatkan skor 115.022.

Skor tersebut terbilang tinggi untuk smartphone mid-end. Bahkan ketika dibandingkan dengan smartphone yang ditenagai prosesor Snapdragon 625 yang biasa digunakan smartphone kelas menengah, Zenfone Max Pro M1 unggul jauh dengan selisih hampir 40 ribu poin.

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, Zenfone Max Pro M1 sudah mumpuni untuk memainkan game dengan grafis tinggi. Tentu, untuk urusan “ringan” seperti berselancar di media sosial dan internet, mengetik, menonton film atau YouTube, dan lainnya, smartphone itu sangat kredibel untuk menjalankannya. Good job Asus!

1
2
3
Previous articleKeren! Universitas di Kanada Ciptakan Bioprinter Portabel Penyembuh Luka
Next articleSuksesor Nokia 5 Segera Diluncurkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here