Review Asus Zenfone 5: Kerja Gegas, Desain Berkelas

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Kamera

Sektor kamera pada Zenfone 5 bisa dibilang menjadi salah satu pemegang peranan penting, selain bagian desain dan spesifikasi. Asus Zenfone 5 dibekali kamera ganda di bagian belakangnya dengan resolusi 12MP aperture f/1.8 dengan sensor Sony IMX363 berukuran 1/2.55″ untuk kamera utama.

Sementara kamera sekundernya beresolusi 8MP aperture f/2.2 sensor 1/4″ yang dapat menangkap foto wide hingga 120°. Kamera utama Zenfone 5 juga telah dibekali berbagai fitur high-end. Misalnya Optical Image Stabilization (OIS), Electronic Image Stabilization (EIS) dan juga Dual-Pixel autofocus.

Kamera ganda Zenfone 5 sudah disematkan teknologi berbasis AI di dalamnya. Misalnya saja Scene Detection yang memungkinkan kamera mampu mendeteksi 16 tipe scene pengambilan gambar dan menyesuaikan pengaturan kamera sesuai scene tersebut.

Ketika kami mengambil gambar buah-buahan, otomatis kamera menampilkan ikon Food di bagian atas layar dan pengaturan kamera pun berubah otomatis dengan lebih menonjolkan sisi warna pada gambar. Hasilnya? Anda bisa lihat foto di bawah ini.

Warna merah muda dan garis-garis hijau dari buah naga yang kami potret terbilang tajam, namun masih terlihat alami. Detil pada buah pun sangat baik, meski gambar kami perbesar dengan mengetuk layar dua kali, seperti gambar di bawah.

Dengan memanfaatkan AI juga, kami dapat memotret gambar yang berkualitas meski kondisi cahaya bisa dikatakan kurang berkat mode Night View yang otomatis aktif. Terlihat pada gambar di bawah, Meski kami mengambil gambar saat malam hari, namun warna serta detil dari objek foto bisa dibilang bagus.

Saat gambar diperbesar, detil dan warna dari wajah pemain musik, ornamen-ornamen di dalam panggung hingga latar cahaya, terlihat dengan baik dan minim noise yang biasanya dapat mengurangi kualitas foto.

Lantas bagaimana dengan kualitas kamera wide-angle? Jawabannya, sama baiknya. Seperti pada gambar di bawah yang memperlihatkan warna-warni dari payung yang digantung di atap sebuah ruangan terbuka dengan kondisi cahaya yang cukup terik.

Warna dan detil dari payung, kain, dan lainnya terbilang tajam namun cenderung tidak terlalu berlebihan. Ketika kami memperbesar gambar tersebut, kualitasnya memang cukup tertinggal dibandingkan lensa utama, karena terdapat titik-titik noise pada objek foto yang terlihat dengan cukup jelas. Namun warna serta detil objek masih tampak dengan cukup baik.

Pantas saja DxOMark menempatkan Zenfone 5 di posisi ke-12 sebagai smartphone dengan kamera terbaik di bawah iPhone 8 dan di atas Google Pixel generasi pertama. Sebab, kamera ganda Zenfone 5 memang hampir tak ada cela dan sukses memudahkan kami untuk dapat mengambil foto dengan kualitas terbaik.

Untuk kamera depannya, Asus Zenfone 5 memiliki kamera depan beresolusi 8MP aperture f/2.0 dengan ukuran sensor 1/4″. Kualitas kameranya standar saja dan dirasa cukup bagi pengguna yang gemar selfie, apalagi kamera depan Zenfone 5 juga mampu memotret foto dengan efek bokeh.

Hasil foto terlihat cukup tajam dengan efek warna dan intensitas cahaya yang tidak berlebihan. Kami sarankan untuk tidak menggunakan efek Beautify, sebab efek halus dan mulus pada wajah “cukup” berlebihan.

Yang cukup mengherankan adalah ketika kami mengambil gambar selfie saat kondisi cahaya kurang. Sistem seolah meningkatkan intensitas cahaya saat pengambilan gambar, sehingga menghasilkan foto yang terlalu terang seperti foto di bawah ini.

Berikut beberapa foto yang kami ambil menggunakan kamera Asus Zenfone 5:

Kesimpulan

Asus Zenfone 5 dapat dibilang merupakan bukti keseriusan Asus untuk dapat melibas lawan-lawannya di pasar smartphone, khususnya di kelas menengah ke atas. Segala hal yang terdapat pada Zenfone 5 benar-benar dipersiapkan dengan matang oleh Asus dengan satu tujuan yakni menjadi yang terbaik di mata konsumen.

Mungkin harga Rp 4,2 jutaan terbilang mahal bagi masyarakat sekarang ini. Namun menurut kami, harga tersebut sangatlah worth-it untuk Zenfone 5.

Karena smartphone ini merupakan paket lengkap yang menawarkan tak cuma satu sisi saja, tapi segalanya. Desain, kinerja, kamera, sampai teknologi berbasis AI pun sudah ada di Zenfone 5. Good job, Asus! (FHP)

Page: 1 2 3

Leave a Comment