Review realme narzo 50 5G, Powerful Buat Online Gamers

Telset.id – realme kembali meramaikan ekosistem HP 5G di Indonesia dengan mendatangkan seri realme Narzo 50 5G. Sesuai namanya, HP yang didedikasikan untuk pecinta game ini bisa berjalan di jaringan 5G berkat dukungan chipset Mediatek Dimensity 810. Yup, dengan teknologi 5G di “tubuhnya”, realme narzo 50 5G yang kami review ini menjanjikan akses data berkecepatan tinggi dengan bandrol harga yang tidak menguras kantong penggunanya.

Lalu bagaimana dengan kualitasnya sebagai HP 5G yang didedikasikan untuk gaming, khususnya di segmen menengah. Well, di review kali ini, kami coba menjajal performa prosesor, virtual RAM, kamera, dan grafis realme narzo 50 5G.

Selain itu, tentu saja memberikan opini terhadap desain dan kenyamanannya saat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Mau tahu hasil review realme Narzo 50 5G? Check this out!

Baca juga: 8 HP 5G Realme Terbaru di Indonesia Mei 2022, Harga Mulai 2 Jutaan

Desain

Meski secara nama hanya dibedakan oleh kata 5G, tapi secara desain, realme narzo 50 5G punya tampilan dan “rasa” yang berbeda dibanding narzo 50. Perbedaan pertama bisa dilihat pada rangka, dimana HP 5G realme ini menggunakan tepian rangka datar dengan ketebalan yang sama disetiap sisinya.

Di tepian rangka sisi kiri, realme menanamkan tombol volume dan slot dual SIM plus memori eksternal (up to 1 TB). Pada bagian atas dibiarkan kosong tanpa tombol, hanya ada satu lubang kecil untuk microphone.

Sedangkan pada sisi kanan, ada tombol power yang sekaligus difungsikan sebagai sensor sidik jari. Sementara pada bagian bawah, terdapat lubang speaker, microphone, jack audio 3.5mm, dan port USB type C.

Beralih ke bagian depan, terbentang layar berukuran 6,5 inci Full HD+ dengan water drop camera dan lubang speaker di bagian atasnya. Sementara pada bagian belakang, tampak penutup bertekstur gradien kevlar berhiaskan tulisan narzo di bagian bawah dan frame kamera yang menyembul keluar dengan bahan mirip kaca. Pada frame tersebut tersemat 2 buah lensa kamera dan sebuah lampu flash.

Lalu bagaimana dengan opini kami terhadap desainnya? Well, kami kurang suka dengan bagian mukanya yang terlalu mainstream. Tapi untuk bagian belakang, elegan adalah kata yang cocok untuk kami sematkan ke realme narzo 50 5G. Di bagian ini, kami nilai realme berhasil membuat narzo 50 5G ini terlihat lebih mewah dari harga.

Lepas dari itu, HP 5G realme yang hadir dalam varian warna Hyper Blue dan Hyper Black ini sudah melalui 320 tes ketahanan untuk membuktikan kalau HP ramping ini memang dirancang agar tahan “banting”.

Beberapa tes yang dilalui seperti pengisian baterai berulang sebanyak 4.000 kali, tombol daya yang ditekan 300.000 kali, tombol volume yang dipencet 150.000 kali, tes pasang dan cabut USB 20.000 kali, temperature shock -40 derajat hingga 75 derajat celcius sampai 150 kali, hingga menyimpan ponsel di suhu dan kelembaban tinggi dalam jangka panjang.

Layar dan Audio

HP 5G terbaru realme ini menggunakan layar IPS berukuran 6,5 inci dengan resolusi 2400×1080 FHD+. Menariknya, selain mampu menampilkan hingga 16,7 juta warna dan memiliki screen-to-body ratio 90,5%, layar narzo 50 5G juga memiliki refresh rate 90Hz dengan kecepatan pengambilan sampel hingga maksimal 180 Hz.

Yup, dengan refresh rate 90Hz, narzo 50 5G bisa memberikan pengalaman yang mulus untuk scrolling aplikasi, termasuk untuk main game Android yang mendukung. Pengalaman tersebut kami rasakan saat mencoba beberapa aplikasi yang mendukung tampilan 90Hz seperti media sosial, browser, dan beberapa game ringan. Sementara untuk aplikasi seperti Youtube, refresh rate 60 Hz sudah lebih dari cukup.

Untuk settingan refresh rate nya sendiri, Anda bisa menyesuaikannya melalui menu display&brightness>screen refresh rate>. Di menu tersebut, Anda bisa mengatur secara manual dengan memilih refresh rate High (90 Hz) untuk tampilan yang smooth, atau standard (60 Hz) untuk menghemat baterai.

Atau Anda bisa memilih opsi auto, dimana HP 5G realme ini secara otomatis akan menyesuaikan refresh rate sesuai kebutuhan aplikasi.

Selain refresh rate, di menu display & brightness, Anda juga bisa mengatur brightness dengan intensitas cahaya hingga 600 nits, eye comfort, color mode, hingga video color enhancer untuk aplikasi yang mendukung (instagram).

Beralih ke audio, HP 5G realme ini dilengkapi dengan stereo speaker yang disematkan di sisi atas dan bawah, satu untuk saluran suara kiri, dan satu lagi untuk kanan. Gabungan saluran suara kiri dan kanan akan menghasilkan efek stereo di mana suara terdengar sedikit berbeda terdengar oleh telinga kiri dan kanan, sehingga menghasilkan pengalaman audio lebih nyata.

Chipset dan Memory

Jika kamu mengikuti perkembangan realme, ini adalah seri narzo pertama yang mendukung jaringan 5G. Nampaknya sesuai dengan hasrat realme yang ingin mempopulerkan smartphone 5G terjangkau di Indonesia sembari mendorong percepatan pengembangannya di Indonesia.

realme narzo 50 5G yang kami review dilengkapi dengan prosesor MediaTek Dimensity 810 5G, mengadopsi proses produksi 6nm yang memadukan dual core Arm Cortex-A76 ‘Big’ dalam CPU octa-core yang beroperasi hingga kecepatan 2.4GHz.

Dibandingkan dengan Dimensity 720 generasi terakhir, kinerja single core CPU Dimensity 810 meningkat sebesar 16% dan frekuensi utama CPU meningkat sebesar 20%.

Sementara untuk GPU, HP 5G realme ini mengandalkan Arm Mali-G57 MC2, yang mendukung teknologi layar dengan kecepatan refresh tinggi untuk memberikan pengalaman layar yang halus.

Sebagai informasi, prosesor MediaTek Dimensity 810 5G juga dilengkapi dengan tiga fitur penting 5G generasi berikutnya. realme narzo 50 5G mendukung 5G+5G dual SIM dual standby dan mode jaringan ganda SA/NSA, yang mencakup hampir seluruh frekuensi yang digunakan oleh standar global. Selain itu, teknologi Dual Network Acceleration memungkinkan pengguna untuk menikmati overlay jaringan Wi-Fi dan 5G.

Spesifikasi utama HP Rp 3 jutaan ini makin terasa maksimal karena realme narzo 50 5G dibekali ROM berkapasitas 128 GB dengan RAM 6 GB yang bisa ditambah secara virtual sampai 5 GB berkat fitur DRE atau Dynamic RAM Expansion.

Memori penyimpanan smartphone ini berjenis UFS 2.2 dengan kecepatan baca dan tulis menengah. Apabila tak puas dengan besaran memori yang ada, tersedia pula slot microSD hingga 1 TB.

Bermodal spesifikasi chipset dan memori tersebut, realme narzo 50 5G berhasil mencatatkan skor antutu sebesar 393419, skor yang kami nilai cukup tinggi untuk smartphone 5G yang dibandrol dengan harga 3 jutaan.

realme UI 3.0 Berbasis Android 12

realme narzo 50 5G yang telah kami review sudah menjalankan realme UI 3.0 berbasis Android 12 yang baru. Sistem operasi ini cukup nyaman untuk digunakan, melebihi realme UI generasi sebelumnya yang berbasiskan Android 11.

Tampilannya lebih bersih, dengan nuansa yang mirip-mirip Android murni. Transisi antar menu, aplikasi, dan fitur juga lebih mulus dibandingkan OS sebelumnya.

Selain bersih, ikon aplikasi bawaan pun tampak lebih berwarna. Apalagi, pengguna diizinkan untuk menyesuaikan warna sistem sesuka hati melalui fitur personalizations. Dengan fitur tersebut, kami dapat mengganti warna sistem UI, wallpaper, always-on display, ukuran font, hingga animasi sensor sidik jari juga bisa di sini.

Soal warna, tersedia beberapa template yang bisa dipilih. Terdapat juga opsi yang memungkinkan sistem untuk memilihkan warna yang sesuai dengan wallpaper. Pengguna pun diizinkan untuk mengatur warna sendiri melalui menu Custom.

Sistem operasi ini juga mengusung sederet fitur baru untuk membantu melindungi privasi dan peningkatan di seluruh sistem untuk membuat smartphone lebih cepat dan lebih lancar dari sebelumnya.

OS ini membuat pengguna dapat membatasi akses terhadap kamera dan mikrofon hanya dengan mengubah toggle khusus pada menu App Permissions.

OS pun akan memberitahu pengguna ketika aplikasi dapat membaca pesan, tulisan, maupun gambar yang disalin pengguna melalui clipboard. Di bagian Privacy Dashboard, pengguna pun dapat melihat aplikasi apa saja yang mendapatkan izin akses penting, seperti lokasi, kamera, mikrofon, dan lainnya.

Benchmark dan Baterai

Model realme narzo 50 5G yang kami review adalah versi dengan RAM 6 GB dan memori penyimpanan 128 GB yang dibandrol dengan harga Rp 3 jutaan. Untuk menguji performanya, kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark seperti AnTuTu Benchmark versi 9, 3DMark, dan PCMark.

Adapun untuk pengujian baterai, kami menggunakan tes PCMark Work 3.0 Battery Life yang menjalankan berbagai skenario penggunaan hingga baterai hampir habis.

Di AnTuTu Benchmark, smartphone 5G pertama di seri narzo ini meraih skor 390 ribuan poin. Sedangkan untuk PCMark dan 3DMark Wild Life, narzo 50 5G masing-masing mendapatkan mendapatkan nilai 10.368 poin dan 1.333 poin. Skornya tak terlalu memuaskan, tapi juga tidak mengecewakan.

Menariknya, terlihat pada grafik PCMark kalau sistem smartphone memberikan performa 100% pada sepanjang skenario pengujian.

Sementara dalam pengujian baterai narzo 50 5G yang memiliki kapasitas 5000 mAh menggunakan PCMark Work 3.0 Battery Life, screen on time yang didapatkannya mencapai 20 jam 48 menit dengan baterai tersisa 20% (start 84%). Selama itu, ponsel terus menyala dengan menjalankan berbagai proses, seperti pengolahan data, menampilkan video, melakukan video call, multitasking, scrolling, dan sebagainya.

Dengan ketahanan baterai yang luar biasa, tentu saja pengguna dapat memakai ponsel ini sampai seharian tanpa khawatir kehabisan daya baterai di tengah-tengah pekerjaan atau perjalanan.

Tak cuma baterainya saja yang jumbo, fitur fast charging ponsel ini juga cepat berkat kehadiran teknologi 33W Dart Charge. Selain ngebut, realme menjamin keamanan pengisian daya melalui solusi Intelligent Five-core Chip.

Teknologi ini membawa fitur Adapter overload protection, Dart charge condition identification protection, Interface overload protection, Overcurrent-Protection and voltage overload protection, dan Battery fuse protection.

Dari pengujian yang kami lakukan, 33W Dart Charge dapat mengisi baterai 5.000 mAh dari 2% hingga benar-benar penuh dalam waktu 1 jam 15 menit. Klaim realme yang menyebut teknologi fast charging ini dapat mengisi baterai 50% dalam waktu 31 menit bukan sebatas gimmick marketing belaka.

Benar saja, dalam durasi kurang lebih 30 menit, baterai smartphone sudah mencapai 50%. Padahal selama pengecasan berlangsung, ponsel tetap terhubung ke jaringan WiFi dan beberapa aplikasi berjalan di background.

Satu hal yang juga menarik terkait baterai adalah keberadaan teknologi hemat daya Smart 5G. Ini jadi salah satu solusi yang diberikan realme terkait dengan fakta bahwa ponsel 5G akan memiliki konsumsi daya yang lebih banyak, yang dapat mempersingkat masa pakai baterai ponsel. Nah… dengan teknologi Smart 5G, realme narzo 50 5G dapat secara cerdas mengenali lingkungan sinyal di sekitarnya sesuai dengan skenario penggunaan pemakai dan secara cerdas beralih antara 4G dan 5G, yang dapat mengurangi konsumsi daya untuk ponsel hingga 30%.

Selain itu, ada juga Mode Super Power Saving menggunakan pengaturan CPU, penyesuaian lampu latar, dan strategi lainnya serta tindakan hemat daya yang ditargetkan untuk aplikasi tertentu. Sehingga konsumsi daya jadi berkurang, dan masa pakai ponsel dapat diperpanjang. Sleep Standby Optimization, App Quick Freeze, dan Screen Battery Optimization juga bisa digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan daya agar lebih hemat.

Selama kami menggunakan realme narzo 50 5G kami sempat mengalami lowbat di perjalanan namun masih harus bekerja. Alhasil, kami mengaktifkan fitur Super Power Saving Mode dan memilih enam aplikasi penting. Kami mendapat sekitar 2 jam sebelum kami harus mengisi ulang daya.

Selama dua jam kami masih dapat bekerja, berbalas pesan singkat, menelpon hingga memesan transportasi online serta membuka navigasi.

Enam aplikasi tadi bisa kami ganti sesuai kebutuhan. Tidak harus enam aplikasi pilihan, tiga atau empat aplikasi yang benar-benar dibutuhkan pun masih bisa mengaktifkan fitur ini.

Gaming

realme narzo 50 5G membawa fitur Games dengan tampilan yang lebih simple namun fungsional. Di Games, terdapat beberapa fitur yang bisa diakses langsung saat kami bermain game, hanya dengan swipe sudut layar kiri ke tengah saja.

Ada fitur Game Focus Mode yang membuat jalannya permainan tak terganggu dengan berbagai notifikasi yang muncul. Kemudian ada opsi untuk menampilkan FPS counter yang melayang di bagian atas, dan lain sebagainya.

Secara kemampuan, bermain game berat Android seperti Marvel Future Revolution dan PES 2021 berjalan dengan lancar tanpa kendala di smartphone ini. Memang, untuk urusan grafis tak bisa diatur “rata kanan”. Namun setidaknya HP harga Rp 3 jutaan ini sudah mencukupi hasrat para gamer untuk bermain game favorit mereka secara lancar.

Apalagi sekadar dipakai main game ringan seperti Subway Surfers, Plants vs Zombie, Temple Run, sampai Super Mario Run, refresh rate tinggi akan aktif dan memberikan pengalaman gaming yang mulus serta responsif.

Main game dalam waktu yang lama juga betah, karena bodi ponsel tidak mengeluarkan hawa panas berlebih saat bermain game Android berat. Tangan kami tetap nyaman bermain game di posisi landscape maupun portrait.

Kamera

Pada bagian belakang body, realme narzo 50 5G menanamkan dua buah kamera. Pertama, kamera dengan sensor 48 MP yang memiliki bukaan lensa F1.8, Field of View (FOV) 79.8°, dan kombinasi lensa 6P (ada 6 elemen lensa).

Sensor kamera realme Narzo 50 5G ini digunakan hampir untuk semua keperluan fotografi. Sementara sensor 2MP dengan B&W Portrait lens, FOV 89.1°, dan kombinasi 3 elemen lensa (3P) digunakan untuk “mempercantik” foto portrait.

Sebagai gambaran, jika kita memilih opsi portrait lalu mengambil gambar dengan posisi lensa kamera 2MP ditutup, maka tidak ada efek blur. Tapi jika kita membiarkan kedua lensa terbuka, maka background foto akan terlihat blur. Lazimnya menggunakan kamera DSLR dengan lensa di buka maksimal.

Sebagai informasi, kamera realme narzo 50 5G menyediakan opsi Night, Street, Video (max 1080p), Photo (flash, HDR, AI), Portrait, 48MP, Pro, Panorama, Slo-Mo, Time-Lapse dan Text Scanner.

Satu yang menjadi catatan kami adalah mode Night yang kami nilai cukup bisa menjadi solusi untuk foto di malam hari atau di kondisi minim cahaya. Cara kamera realme narzo 50 5G mirip dengan memperlama shutter speed, tapi bedanya gambar yang dihasilkan tidak lantas menjadi blur jika objek bergerak.

Meskipun saat gambar diambil, pengguna mesti menahan diri di posisi steady untuk beberapa saat.

Overall, kami nilai kualitas jepretan kamera realme narzo 50 5G cukup bisa diandalkan. Terlepas dari kekurangan bahwa realme narzo 50 5G hanya bisa merekam video dengan kualitas 1080p. But hey, seberapa penting sih merekam video dengan kualitas 4K melalui HP.

Beralih ke kamera depan, realme menyediakan kamera 8MP yang dilengkapi dengan bukaan lensa F2.1 dengan kombinasi 5 elemen lensa (5P). Kamera ini juga mendukung AI Beauty Mode, mode potret, dan sebagainya.

Harga dan Spesifikasi

realme narzo 50 5G yang diluncurkan secara resmi pada tanggal 24 Mei 2022 ini dibandrol dengan harga Rp 3.299.000,-. Selama masa pre-order pada tanggal 24-27 Mei 2022, narzo 50 5G dibandrol dengan harga spesial Rp 2.999.000. Berikut adalah spesifikasi lengkapnya.

SPESIFIKASI REALME NARZO 50 5G

  • Rilis: Mei 2022 (Indonesia)
  • Network: 2G, 3G, 4G, 5G
  • OS: Android 12, Realme UI 3.0
  • Chipset: MediaTek MT6833P Dimensity 810 5G (6 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.4 GHz & 6×2.0 GHz)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • RAM: 4 GB/ 6 GB
  • Memori: 128 GB
  • Dimensi: 163.8 x 75.1 x 8.1 mm, 190 g
  • Layar: 6,6 inci IPS LCD 1080 x 2408 pixels, 90Hz, 600 nits
  • Kamera Utama: 48MP, f/1.8 (wide), 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.0, 26mm (wide)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W (Dart Charge)
  • Warna: Hyper Blue, Hyper Black
  • Harga: Rp 3.299.000 (6GB/128GB)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0