Oppo Reno3 Test Performance: Pas Buat Daily Driver!

Oppo Reno3 Performance Test

Telset.id – Oppo Reno3 telah melenggang di tanah air sebagai smartphone kelas menengah dengan kemampuan kamera mumpuni. Dimana pada dapur pacunya Oppo Reno3 ditenagai dengan chipset terbaru besutan MediaTek yaitu Helio P90. Kali ini kami akan mengulas performance test untuk perangkat Oppo Reno3.

Chipset ini memiliki konfigurasi prosesor yaitu Octa-core 2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55. Sedangkan pada sisi GPU-nya, Helio P90 menyematkan prosesor grafis PowerVR GM9446.

Tentunya kita semua penasaran, seperti apa performa yang ditampilkan pada perangkat ini. Kami telah melakukan serangkaian performance test untuk perangkat Oppo Reno3.

Selain chipset MediaTek Helio P90, smartphone ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 8GB serta internal storage 128GB. Tentunya kapasitas memori ini sudah sangat mumpuni dalam menopang perangkat.

Untuk pengujian performa dari Oppo Reno3, seperti biasa kami mengujinya dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, yakni AnTutu, 3DMark dan juga PCMark 2.0.

Sebagai informasi, AnTuTu 8 memberikan simulasi performa smartphone dari empat aspek antara lain CPU, GPU, RAM dan juga User Experience. Sedangkan 3DMark adalah aplikasi benchmarking yang digunakan untuk menguji kinerja grafis (GPU) pada perangkat smartphone.

Kemudian PCMark 2.0 adalah aplikasi benchmarking yang akan menampilkan skor untuk mewakili kinerja smartphone dalam penggunaan sehari-hari. Seperti misalnya browsing, edit foto dan video, texting, serta juga penghitungan.

{Baca juga: Review Oppo Reno3: Kamera Maksimal untuk Semua Mode}

Pada saat pengujian performa Oppo Reno3, kami juga menggunakan mode performance mode pada perangkat. Yang diakses melalui menu Settings > Battery > High Performance Mode.

Kami sengaja mengaktifkan High Performance Mode pada perangkat Oppo Reno3 agar mengetahui kemampuan maksimal dari smartphone ini sendiri.

Di benchmark AnTuTu, Oppo Reno3 mencatatkan skor sebesar 220878. Angka ini tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lain yang menggunakan chipset seperti Snapdragon 720G, Snapdragon 730G atau Helio G90T. Meskipun angka tersebut tentunya juga sudah cukup tinggi untuk kelancaran penggunaan sehari-hari.

Begitu pula dengan benchmark 3DMark Sling Shot yang menampilkan skor grafis pada perangkat. Helio P90 di Oppo Reno3 hanya mampu memberikan angka sebesar 2456. Angka ini masih dibawah beberapa smartphone kelas menengah premium lainnya.

Sementara pada pengujian PCMark 2.0, angka yang dihasilkan cukup baik, yaitu mencapai 9112. Nampaknya, berkat teknologi APU AI Accelerator yang disematkan pada perangkat, skor PCMark yang dihasilkan tampak cukup tinggi.

{Baca juga: Uji Performa Oppo Reno3 Pro: Powerful dengan Helio P95}

Berikutnya: Game Test

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here