telset

Remaja Ini Selamat dari Penculikan Berkat Video TikTok

Telset.id, Jakarta – Seorang remaja perempuan berhasil selamat dari penculikan berkat video di TikTok. Korban menggunakan isyarat tangan yang dilihatnya di TikTok untuk menunjukkan bahwa ia membutuhkan pertolongan. 

Dilansir Telset dari Fox 2 Detroit pada Jumat (12/11/2021), menurut keterangan polisi korban bertemu dengan tersangka James Brick, di North Carolina Amerika Serikat pada pekan lalu. 

James awalnya mau mengantar gadis berusia 16 tahun itu berkeliling Midwest selama 2 hari. Namun saat korban meminta turun dari mobil, korban tidak diperbolehkan. Merasa diculik korban mencari bantuan ke orang lain. 

Caranya dengan memberikan simbol ibu jari yang dimasukkan ke dalam telapak tangan, dan ditutup oleh 4 jari lainnya. Simbol yang dipelajarinya di TikTok dan memiliki makna bahwa dirinya membutuhkan bantuan. 

Baca juga: Polisi Selamatkan Korban Penculikan dengan Bantuan Apple Watch

Korban mengeluarkan simbol bantuan ketika James mengendarai mobil di kawasan I-75 di Kentucky Amerika Serikat. Beruntung ada pengendara lain yang menyadarinya lalu menghubungi 911. 

Polisi melakukan pengejaran dan akhirnya James Brick ditangkap. Setelah melakukan interogasi, pria berusia 61 tahun tersebut didakwa atas tindakan penculikan dan pelecehan seksual. 

Sinyal Bantuan yang Viral di TikTok 

Video penculikan TikTok mengenai simbol bantuan dibuat oleh organisasi Canadian Women Foundation. Simbol yang diberi nama Signal For Help ini dibuat oleh CWF untuk membantu perempuan yang mengalami kekerasan selama pandemi Covid-19. 

Saat ini video viral tersebut sudah ditonton ribuan kali dan sudah banyak video-video lain yang membuat konten yang sama. 

@cdnwomenfdn

#covid19 is making it difficult for people at risk of violence to safely reach out. Learn more: canadianwomen.org/signal-for-help/ #fyp#signalforhelp

♬ original sound – Canadian Women’s Foundation

Menurut  VP of public engagement CWF, Andrea Gunraj tanda tersebut bisa dikeluarkan korban saat melakukan video call kepada teman atau keluarga. 

“Kami tahu bahwa masa krisis selalu cenderung mengarah pada lonjakan kekerasan berbasis gender. Kami juga tahu bahwa dengan pembatasan pandemi, orang mungkin terjebak di rumah dengan pelaku,” kata Andrea. 

Video TikTok Penculikan

Selain itu sinyal bantuan juga dapat digunakan seseorang jika berada di dalam pengawasan penculik atau penjahat. Andrea Gunraj merasa lega karena Signal For Help telah membantu banyak orang termasuk seorang gadis di California selamat dari penculikan. 

Baca juga: Fitur Baru TikTok, Bisa Mute Komentar Saat Live Streaming

“Kami merasa lega bahwa seseorang tidak hanya dapat menggunakan sinyal ketika mereka berada dalam situasi yang sangat berbahaya, tetapi orang-orang tahu bagaimana meresponsnya,” sambung Andrea. 

Semoga saja semakin banyak orang yang memahami sinyal bantuan ini yang ada di konten video TikTok. Tujuannya supaya orang-orang bisa lebih mudah meminta bantuan ketika mengalami tindak kejahatan. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0