telset

Setelah Asimo, Honda Bikin Robot “Rescue”

Telset.id, Jakarta – Robot Asimo dianggap menjadi salah satu robot tercanggih di zaman ini. Tak hanya mampu berinteraksi dengan manusia, Asimo juga bisa melakukan banyak hal, seperti olahraga ataupun berlari. Nah setelah Asimo, kini Honda mengembangkan robot lainnya yang juga tak kalah canggih.

Raksasa otomotif asal Jepang ini dikabarkan membuat robot bernama E2-DR, yang diklaim lebih canggih dari sang kakak, Asimo. Robot E2-DR memiliki kemampuan search and rescue (SAR) yang nantinya mampu menjadi robot tanggap bencana dalam kondisi darurat.

[Baca juga: Bulan Ini, Pertarungan Robot Raksasa akan Digelar]

Robot yang pertama kali dirancang oleh divisi R&D Honda pada 2015 itu saat ini masih berstatus prototype, sehingga robot E2-DR baru memiliki kemampuan untuk memanjat berbagai macam tangga.

Memiliki tinggi 1,68 meter dengan berat mencapai 85 kg, robot E2-DR juga memiliki kemampuan lainnya yakni berjalan melewati berbagai reruntuhan, mampu bertahan ketika terjatuh, bahkan mampu bertahan ketika terus-menerus diguyur air hujan selama 20 menit penuh.

[Baca juga: Wah, Polisi Dubai Rekrut Robot untuk Patroli Jalanan]

Dilansir dari Ubergizmo, karena Honda berusaha untuk terus menjaga berat dari E2-DR agar tetap ideal, karenanya kabel-kabel yang ada di dalam robot menggunakan bahan serat optik dibandingkan menggunakan bahan standar. Selain itu, terdapat juga baterai berjenis lithium-ion berkapasitas 1000 Wh yang mampu memberi tenaga bagi robot hingga 90 menit.

Honda sendiri mengakui jika pekerjaan mereka dalam mengembangkan robot E2-DR masih banyak. Hal itu karena mereka menginginkan robot ini akan mampu membantu umat manusia dalam menangani bencana. (FHP/HBS)

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0