Home NGEHITS Sedotan Unik Ramah Lingkungan Ini Viral di Socmed

Sedotan Unik Ramah Lingkungan Ini Viral di Socmed

Telset.id, Jakarta – Sedotan plastik kini menjadi masalah bagi lingkungan di seluruh negara. Oleh sebab itu, kini orang berlomba-lomba untuk menjadi lebih kreatif mencari alternatif sedotan yang ramah lingkungan.

Seorang pemilik kafe di Pulau Siargao di Filipina telah menjadi viral karena menggunakan sedotan bernama “lukay” untuk menggantikan sedotan plastik. Nama Lukay sebenarnya adalah bahasa gaul lokal untuk daun kelapa atau daun kelapa.

Sedotan Lukay yang pertama kali dipromosikan oleh akun Facebook Cafe Editha yang berolkasi di Dapa. Postingan ini menjadi viral di socmed, dan telah dibagikan lebih dari 25.000 kali.

Sedotan Lukay ini ramah lingkungan karena berasal dari alam, mereka mudah terurai dan tidak membahayakan hewan, terutama kehidupan laut.

{Baca juga: Bahagianya Bocah-bocah Ini Saat “Foto Selfie”, Bikin Terharu}

Sarah Tiu, manajer kafe yang berusia 37 tahun ini mengaku terinspirasi ketika pergi berlibur ke Pulau Corregidor. Di sana ia melihat penduduk setempat di sana menggunakan Lukay untuk membuat sedotan.

“Kami membeli kelapa dan kemudian mereka memotong Lukay, kemudian membuatnya menjadi sedotan. Jadi kami meminta mereka untuk mengajari kami, kami sangat terkesan dengan gagasan itu,” kata Tiu kepada Inquirer.net

Dia mengatakan bahwa kafe itu telah mencoba untuk mengganti sedotan plastik dengan stainless steel dan sedotan kertas tetapi pelanggan mereka tidak menyukainya.

Ketika dia menemukan bahwa ada alternatif lain untuk sedotan plastik, dia memutuskan untuk mencobanya dan minggu lalu, dia mulai menerapkan penggunaan sedotan lukay di Cafe Editha.

Dia memposting foto sedotan yang digunakan dan mengatakan bahwa sedotan ini sangat mudah dibuat.
“Saya harap restoran lain juga akan terinspirasi untuk menggunakan ide cemerlang ini,” tambahnya.

Agar orang lain terinspirasi untuk melakukan hal yang sama dan mengadopsi ide inovatif ini, ia juga memposting tautan ke video YouTube cara membuat sedotan, dan itu terlihat sangat mudah.

{Baca juga: 8 Kejadian Kocak Naik Ojek Online, Nomor 3 Asli Bikin Tepuk Jidat}

Berdasarkan rekaman video, lamgkah pertama daun kelapa bersih dipotong sesuai panjang yang diinginkan. Kemudian, mereka digulung menjadi tabung dan diikat dengan potongan daun yang tersisa sehingga mereka menjadi sedotan.

Sementara itu, netizen sangat senang dengan ide kreatif ini dan memuji kafe tersebut karena melakukan bagian mereka dalam menyelamatkan lingkungan. Namun, beberapa mengatakan, mereka lebih suka minum dari cangkir! [SN/HBS]

 

Sumber :

worldofbuzz.com

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version