Pria Ini Bikin Kolam Robotik untuk Berselancar

Telset.id, Jakarta – Para peselancar telah lama memimpikan teknologi yang dapat menciptakan gelombang ombak yang sempurna mirip aslinya. Merasa tertantang, seorang peselancar kondang membuat kolam robotik yang mampu menyuguhkan gelombang ombak nan dahsyat.

Dilansir CNBC, peselancar inovatif itu bernama Kelly Slater. Pemegang gelar juara dunia selancar 11 kali tersebut menciptakan kolam robotik di Lemoore, California, bekerja sama dengan para insinyur dan ilmuwan. Mereka membuat hidrofoil 100 ton yang dirancang secara khusus.

Hidrofoil 100 ton ditarik sehingga membentuk jalur sepanjang kira-kira 640 meter, menghasilkan gelombang ombak setinggi enam kaki yang berlangsung sekitar satu menit. Sistem yang dirancang mampu menghasilkan lebih dari 50 jenis gelombang hanya dengan menekan satu tombol.

“Kami memang lama berambisi menciptakan gelombang buatan seperti gelombang laut,” kata Slater. “Seorang teman telah mencoba berselancar dan memecahkan empat papan selancar. Saya dan teman-teman mengalami luka ringan gara-gara berselancar di sini,” imbuhnya.

World Surf League (WSL), yang mayoritas dimiliki oleh miliarder Dirk Ziff, membeli hasil karya Slater dan para insiyur dua tahun lalu dengan jumlah yang tidak diungkapkan. Di kolam robotik, WSL ingin menggelar kejuaraan berlevel internasional, dengan peserta dari Brasil hingga Jepang.

Tak puas mempunyai satu, WSL dikabarkan membanun satu kolam robotik lagi di Florida. Kolam kedua tersebut diperkirakan mulai beroperasi pada akhir tahun depan. “Kami ingin memperbanyak semacam stadion untuk para peselancar,” kata CEO WSL, Sophie Goldschmidt.

Baca juga: “Manusia Ikan” Suku Bajau Mampu Menyelam 70 Meter

Pembangunan kolam robotik memakan biaya 20 juta dolar Amerika Serikat. Setiap kolam bisa dipakai untuk beradu tangkas 10.000 peselancar dengan tarif 100 dolar Amerika Serikat per orang. Analis menyebut, bisnis kolam robotik cukup seksi karena menghasilkan banyak pemasukan. [SN/HBS]

Sumber: CNBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here