Pemutar Musik Jadul Sampai Era Milenial, Masih Ingat?

Telset.id, Jakarta – Di era serba digital seperti sekarang, untuk menikmati musik di berbagai tempat bisa lebih mudah karena memiliki banyak pilihan. Mulai dari mendengarkan musik langsung dari memori penyimpanan, hingga menikmatinya lewat streaming musik. Namun jika kita mengingat ke masa lalu, alat pemutar musik yang digunakan telah melewati beberapa evolusi.

Sebelum ada teknologi Internet seperti saat ini, untuk mendengarkan musik saja kita harus membawa perangkat yang tak jarang memiliki berat yang tak main-main. Contohnya saja, pada era 80-an mereka harus membawa radio yang cukup lumayan besar untuk mendengarkan musik. Bisa kebayangkan kan, bagaimana era yang lebih ‘jadul’ lagi?

Ya, mungkin generasi era tahun 60-an tak pernah membayangkan jika saat ini orang bisa mendengarkan musik sambil berjalan ke mana saja dengan hanya menggunakan earphone atau headset via ponsel. Karena di masa mereka, untuk mendengarkan musik harus lewat radio transistor yang besar dan berat.

Dalam tulisan kali ini kami akan mengulas perkembangan perangkat mendengarkan musik dari masa ke masa. Mungkin sebagian dari Anda akan teringat kembali masa-masa remaja saat memakai pemutar musik jadul yang kami bahas dalam tulisan ini.

Nah, silahkan simak ulasan perkembangan pemutar musik dari masa ke masa yang dihimpun Tim Telset.id dari berbagai sumber:

1. Era 1960-an

Tren mendengarkan musik pertama kali dimulai saat radio transistor pertama yang diberi nama tr-1 diluncurkan pada 1954. Perangkat ini sendiri diproduksi dengan pilihan berbagai warna yang disematkan sebuah tunner analog.

Perangkat ini sendiri dinobatkan sebagai teknologi yang merevolusi industri musik kala itu. Naman sayang, penggunaan tr-1 ini sendiri hanya mampu bertahan selama satu dekade saja sebelum harus kalah dengan generasi sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here