Pemutar Musik Jadul Sampai Era Milenial, Masih Ingat?

Telset.id, Jakarta – Di era serba digital seperti sekarang, untuk menikmati musik di berbagai tempat bisa lebih mudah karena memiliki banyak pilihan. Mulai dari mendengarkan musik langsung dari memori penyimpanan, hingga menikmatinya lewat streaming musik. Namun jika kita mengingat ke masa lalu, alat pemutar musik yang digunakan telah melewati beberapa evolusi.

Sebelum ada teknologi Internet seperti saat ini, untuk mendengarkan musik saja kita harus membawa perangkat yang tak jarang memiliki berat yang tak main-main. Contohnya saja, pada era 80-an mereka harus membawa radio yang cukup lumayan besar untuk mendengarkan musik. Bisa kebayangkan kan, bagaimana era yang lebih ‘jadul’ lagi?

Ya, mungkin generasi era tahun 60-an tak pernah membayangkan jika saat ini orang bisa mendengarkan musik sambil berjalan ke mana saja dengan hanya menggunakan earphone atau headset via ponsel. Karena di masa mereka, untuk mendengarkan musik harus lewat radio transistor yang besar dan berat.

Dalam tulisan kali ini kami akan mengulas perkembangan perangkat mendengarkan musik dari masa ke masa. Mungkin sebagian dari Anda akan teringat kembali masa-masa remaja saat memakai pemutar musik jadul yang kami bahas dalam tulisan ini.

Nah, silahkan simak ulasan perkembangan pemutar musik dari masa ke masa yang dihimpun Tim Telset.id dari berbagai sumber:

1. Era 1960-an

Tren mendengarkan musik pertama kali dimulai saat radio transistor pertama yang diberi nama tr-1 diluncurkan pada 1954. Perangkat ini sendiri diproduksi dengan pilihan berbagai warna yang disematkan sebuah tunner analog.

Perangkat ini sendiri dinobatkan sebagai teknologi yang merevolusi industri musik kala itu. Naman sayang, penggunaan tr-1 ini sendiri hanya mampu bertahan selama satu dekade saja sebelum harus kalah dengan generasi sebelumnya.

Baca Juga: 10 Aplikasi Musik Terbaik

2. Era 1970-an

Pemutar musik yang booming selanjutnya muncul pada era 1970-an, yakni perangkat walkman. Namun perangkat yang kala itu dicintai adalah perangkat walkman milik Sony yang diluncurkan pada 1979.

Perangkat walkman sendiri membutuhkan perangkat kaset tape yang kala itu banyak dipakai di beberapa perangkat radio. Kelebihan perangkat ini adalah disertainya jack audio untuk dipasangi headphone yang mampu mengeluarkan suara Hi-Fi.

3. Era 1980-an

Pada tahun 1983, Sony bermitra dengan Philips untuk membuat perangkat yang dinamai D-50 atau yang lebih tenar disebut dengan Diskman. Kala itu penggunaan compact disk sudah menggeser penggunaan tape.

Perangkat ini juga digadang-gadang sebagai perangkat pemutar musik digital portabel pertama. Namun sayang, dikarenakan ukurannya yang agak besar dan berat, bayak penggunanya yang meninggalkan perangkat ini.

4. Era 1990-an

Pada awal 1990, Sony dan kembali menggebrak dunia musik dengan memperkenalkan pemutar CD portabel yang lebih kompak. Yang membedakan antara diskman dan generasi terbaru dari pemutar CD portabel yakni kemampuannya untuk menyalin musik secara langsung.

Selain itu, kemampuan audio dari pemutar CD juga jauh lebih baik. Dengan perpaduan ini, maka tak heran pemutar CD menjadi perangkat terlaris pada saat itu.

Baca Juga: Cara Mudah untuk Memutar Musik di Smartwatch Android

5. Era 2.000-an

Tahun 2.000 menjadi awal dari industri musik digital dengan munculnya format musik MP3. Oleh karena itu, mulai banyak perangkat pemutar MP3 yang dijual ke pasaran. Selain itu, pada era ini juga orang sudah bisa menikmati perangkat musik sekelas iPod.

Namun salah satu yang menjadi masalah adalah mulai munculnya kasus pembajakan musik. Oleh karena itu, era ini bisa jadi era kelam bagi industri musik, khususnya bagi para pemusik yang lagunya dibajak.

6. Era Milienial

Dimulai saat ponsel pintar mulai booming dikalangan masyarakat, cara mendengarkan musik pun ikut berubah. Dimulai dari Apple iTunes, musik sudah bisa dinikmati dengan cara streaming.

Selain menghemat ruang penyimpanan ponsel pintar, metodi ini dirasa paling baik bagi kalangan industri musik dikarenakan tingkat pembajakan lagu dinilai bisa ditekan. [NC/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0