Keren! Kamera Super Cepat Ini Bisa Tangkap Partikel Cahaya

Kamera Tercepat di Dunia

Telset.id, Jakarta – Kamera berkecepatan tinggi yang bisa mengambil 100.000 gambar tiap detik saja sudah membuat kita terkagum-kagum, karena kita bisa melihat objek secara detil. Tapi kamera dengan kecepatan seperti itu masih belum ada apa-apanya dengan kamera buatan para peneliti dari Lund University di Swedia ini.

Dua peneliti dari universitas tersebut, Elias Kristensson dan Andreas Ehn beberapa waktu lalu menciptakan kamera tercepat di dunia bernama FRAME (Frequency Recognition Algorithm for Multiple Exposures) yang bisa mengambil gambar sampai 5 triliun gambar per detiknya.

[Baca juga: Teknologi Ultrasonic akan Gantikan Sistem Pengering Jadul]

Saking cepatnya, bahkan cahaya pun seakan menjadi lambat karena partikel cahaya bisa ditangkap oleh kamera ini. Untuk membuktikannya, kedua peneliti ini mengunggah video berdurasi 3 detik yang memperlihatkan foto cahaya yang berhasil diambil kamera FRAME.

[Baca juga: 35 Tahun Lalu, Virus Pertama Komputer Serang Apple II]

Dikutip dari laman Lund University, tak cuma partikel cahaya yang bisa ditangkap, kedua peneliti itu juga mengharapkan nantinya kamera FRAME ini akan membantu penelitian lainnya yang berkaitan dengan proses super cepat seperti tingkat molekuler dari mesin mobil atau proses teknis lainnya.

Dikabarkan FRAME akan dilepas ke pasaran dalam beberapa tahun ke depan dan sekarang prototype dari kamera tersebut sudah didesain oleh sebuah perusahaan asal Jerman. Wah canggih ya? (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here