Warganet Kecam Video Parodi Lagu Indonesia Raya

Telset.id, Jakarta – Warganet mengecam video yang memparodikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Tagar #IndonesiaRaya pun trending di media sosial sebagai bentuk kecaman atas video yang dinilai menghina lagu kebangsaan Indonesia.

Kasus ini bermula saat akun YouTube MY Asean yang diduga berasal dari Malaysia. Akun MY Asean mengunggah video berjudul “Indonesia Raya Instrumental (Parody + Video Lyric)” di YouTube pada dua minggu lalu atau sekitar 14 Desember 2020.

Video berdurasi sekitar 3 menit tersebut menampilkan lirik yang gambar provokatif. Lirik Indonesia Raya diganti dengan kalimat-kalimat ujaran kebencian dan lambang Burung Garuda diganti dengan seekor Ayam.

Selain itu tampak gambar dua orang remaja yang sedang membuang air kecil dan terdapat kalimat “Bhinneka Tunggal Ika” yang ditulis secara terbalik. Video tersebut pun dikecam oleh banyak netizen.

{Baca juga: Menteri Agama Gus Yaqut Ucapkan Selamat Natal, Warganet Terharu}

YouTube sepertinya melakukan tindakan dan sepertinya telah menghapus akun MY Asean dan video tersebut. Kasus ini pun dikecam oleh pemerintah masyarakat Indonesia.

Kemudian pada Senin (28/12/2020) Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta lalu memberikan tanggapan atas kasus video kontroversial tersebut. Melalui Twitter @MYEmbJKT ditulis bahwa Malaysia sedang melakukan investigasi video tersebut.

Screen Shot Video Parodi Lagu Indonesia Raya (Foto : Tribun News)

“Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta menegaskan bahwa otoritas berwenang Malaysia dengan melakukan investigasi atas perkara tersebut,” tulis Kedubes Malaysia.

Selain itu Malaysia juga mengecam segala bentuk provokasi dan tindakan negatif lainnya yang bertujuan untuk merusak hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia.

“Kerajaan Malaysia mengutuk keras semua perlakuan buruk dan provokasi negatif yang berniat untuk merusak hubungan baik Malaysia dan Indonesia” tambahnya.

Warganet Kecam Video Parodi Indonesia Raya 

Warganet lalu mengecam video parodi “Indonesia Raya” melalui tagar #IndonesiaRaya yang akhirnya trending di Twitter. Berdasarkan pantauan Tim Telset dari Trends24 pada Senin (28/12020) tagar #IndonesiaRaya menduduki peringkat kelima trending topic.

Tagar #IndonesiaRaya trending topic di Twitter (Foto : Trends24)

Tagar #IndonesiaRaya trending topic karena ada 412 ribu tweet yang mayoritas berisi kecaman atas video yang menghina lagu Indonesia Raya. Misalnya saja akun @widiaaa_m yang mengecam tindakan penghinaan lagu yang dilakukan akun MY Asean.

“Sakit hati banget sumpah, masalahnya lu make lagu kebangsaan Indonesia terus seenaknya ngubah lirik dgn kata² kek gitu, inget jgn ada yg bales pake cara itu tunjukkin kalo kita bisa ngebela bangsa kita dgn cara yg elegan,” cuit @widiaaa_m.

Selanjutnya ada juga akun @windyrismayant1 yang mengecam video tersebut. Apalagi menurutnya video yang niatnya dibuat untuk parodi sama sekali tidak menghibur namun justru membuat banyak orang terprovokasi.

“Gak ada atitude anj..#IndonesiaRaya 

Kemudian netizen dengan @Muza_y29 mengatakan kepada si pembuat video itu kalau mau viral sebaiknya tidak begitu caranya. “Kalo mau viral jangan gini juga caranya,” tulisnya.

Selanjutnya ada juga akun  @ipunk_shinoda yang meminta kepada pemerintah Indonesia dan Kerajaan Malaysia untuk segera mencari pelaku pembuat video tersebut supaya kemarahan masyarakat Indonesia bisa mereda.

{Baca juga: Warganet Dunia Panjatkan Doa dan Harapan di Hari Natal 2020}

“Tangkap dan selesaikan secepat2nya,agar kemarahan ini tidak smkin besar..usut motivasi dan cari siapa tau ada dalangnya yg sengaja mengadu domba. #Malaysia tunggu pembalasan kami,” cuitnya.

Hingga kini cuitan tentang kecaman dari warganet masih ramai di Twitter. Indonesia pun melalui Kementerian Luar Negeri telah melayangkan protes ke Malaysia. Semoga otoritas Malaysia bisa segera menangkap siapa pelaku pembuat video kontroversial tersebut. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -