Motherboard Apple-1 Bernomor Tulis Tangan Steve Jobs Dilelang Rp 5,7 M

Telset.id, JakartaMotherboard Apple-1 bersejarah dengan nomor yang ditulis tangan oleh Steve Jobs dilelang di RR Auction. Perangkat ini bahkan masih bisa berfungsi secara penuh hingga sekarang.

Motherboard Apple-1 bersejarah tersebut dilelang bersama seluruh aksesoris Apple-1 dengan penawaran yang fantastis seharga USD 375.000 atau setara sekira Rp 5,7 miliar.

Sebelumnya, perangkat itu dijual di pelelangan seharga USD 375.000 pada 2018. Komponen “Byte Shop” gaya Apple-1 tersebut bernomor tulis tangan.

BACA JUGA:

Jobs sendiri yang menulis tangan nomor itu. Menurut laporan Apple Insider, dikutip Telset pada Minggu (4/12/2022), perangkat dikirim sekitar 1976.

“Komputer ini terdaftar sebagai #78 di Apple-1 Registry dan awalnya dijual oleh RR Auction pada 2018,” begitu bunyi keterangan lelang di RR Auction.

“Aspek yang paling luar biasa dari komputer Apple-1 ini adalah didokumentasikan untuk beroperasi secara penuh,” lanjut daftar entri di balai RR Auction.

“Sistem komputer tersebut bisa dioperasikan tanpa kesalahan selama kira-kira delapan jam dalam pengujian komprehensif,” masih menurut entri lelang.

RR Auction mengatakan bahwa video pengujian tersedia berdasarkan permintaan, seperti laporan kondisi teknis komprehensif oleh pemulih Corey Cohen.

Apple-1 yang ditawarkan adalah bagian dari lelang online yang akan berakhir pada 16 Desember 2022. Sejauh ini, penawaran tertingginya USD 219.615.

Apabila dinominalkan menggunakan kurs saat ini, USD 219.615 setara dengan lebih kurang Rp 3,3 miliar, sedangkan perangkat ditaksir laku Rp 5,7 miliar.

RR Auction juga menampilkan brosur Komputer NeXT yang ditandatangani oleh Steve Jobs. Brosur itu diharapkan bisa terjual USD 10.000 atau Rp 153 juta.

Sebelum motherboard Apple-1 yang masih berfungsi penuh dengan nomor yang ditulis tangan oleh Steve Jobs, memorabilia lain Apple lebih dulu masuk lelang.

Terakhir adalah sandal merek Birkenstocks yang pernah bekas dipakai Steve Jobs. Sandal tersebut laku seharga USD 218.750 atau lebih kurang Rp 3,4 miliar.

BACA JUGA:

Sandal Birkenstocks Jobs awalnya diprekirakan “hanya” akan laku seharga USD 80.000 atau sekitar Rp 1,2 miliar dalam momen lelang di Julien’s Auctions.

Faktanya, sandal bekas Jobs tersebut di luar dugaan bisa laku dengan harga fantastis. Sandal suede coklat buatan Birkenstock itu memang benda favorit Jobs. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0