Apple-1 Steve Jobs Laku Rp 10 Miliar di Lelang Online

Telset.id, Jakarta – Apple-1 yang diklaim sebagai milik Steve Jobs telah laku terjual USD 677.196 atau sekitar Rp 10 miliar di lelang online RR Auction. Komputer Apple generasi pertama itu sempat menjadi berita kontroversial karena diragukan keasliannya.

Apple-1 Steve Jobs awalnya ditaksir bakal laku terjual USD 500 ribu atau lebih kurang Rp 7,4 miliar. Nyatanya, prototipe tersebut malah laku di atas ekspektasi.

Prototipe Apple-1 langka yang dikatakan dimiliki secara pribadi oleh Steve Jobs mencapai blok lelang pada akhir Juli 2022 lalu. Penawaran ditutup 18 Agustus 2022.

Menurut RR Auction yang berbasis di Boston, Inggris, prototipe Apple-1 dijual seharga USD 677.196. Memorabilia lain Apple juga terjual selama proses pelelangan.

BACA JUGA:

Di dalamnya termasuk iPhone generasi pertama yang disegel di dalam kotak. Dilansir Apple Insider, ada pula kartu bebas pajak yang ditandatangani Steve Jobs.

Komputer Apple-1 yang dikatakan sebagai milik pribadi Steve Jobs sebelumnya dimiliki oleh pemilik The Byte Shop, Paul Terrell. Ia lantas merelakannya dilelang.

Pada awal Agustus 2022, asal mula prototipe mesin Apple itu dipertanyakan. Sebuah laporan dari Mercury News mengutip beberapa keterangan saksi kunci.

Dari sejumlah saksi kunci, terdapat nama pendiri Apple, Steve Wozniak. Wozniak bahkan meragukan sejarah sebenarnya Apple-1 yang katanya milik Steve Jobs.

Dalam sebuah pernyataan, RR Auction menolak klaim tersebut. Mereka menyatakan bahwa papan yang dijual di lelang cocok dengan gambar Polaroid pada 1976.

Gambar itu diabadikan oleh Terrell. Wakil presiden eksekutif di RR Auction, Bobby Livingston, coba menjelaskan mengenai kegaduhan soal perangkat tersebut.

“Setelah meninjau gambar, kami berdua sepakat bahwa Paul Terrell memotret prototipe Apple-1 ini saat masih beroperasi penuh di Byte Shop,” begitu tegas Bobby.

Dalam email ke RR Auction, Achim Baque yang mengelola registri Apple-1, juga mendukung gagasan bahwa perangkat adalah yang diberikan kepada Terrell oleh Jobs.

BACA JUGA:

“Saya tidak ragu bahwa benda itu adalah prototipe yang diberikan kepada Paul Terrell. Saya memiliki salinan Polaroid yang sangat detail dari berbagai sisi,’ paparnya.

Seperti Telset kutip dari Apple Insider, pemenang Prototipe Apple-1 adalah seorang kolektor di San Francisco Bay Area yang memilih untuk tetap anonim. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0