Prototipe Komputer Apple-1 yang Dirakit di Garasi Steve Jobs Dilelang

Telset.id, Jakarta – Buat para Apple fanboy yang berkantong tebal, Anda bisa ikut lelang salah satu produk bersejarah Apple berupa prototipe komputer pertama Apple. Balai lelang RR Auction melelang prototipe komputer Apple-1 yang dibuat sendiri Steve Jobs.

Rumah lelang RR Auction akan melelang Apple-1, prototipe komputer pertama yang dirancang dan dirakit sendiri legenda yang juga pendiri Apple, Steve Jobs.

Apple-1 yang dirancang dan dirakit sendiri oleh Jobs dkk pada tahun 1976 itu menjadi potongan sejarah penting bagi Apple. Kesuksesan penjualan komputer pertama Apple itu, telah mengubah arah perusahaan menjadi raksasa teknologi seperti sekarang.

Tawaran tertinggi saat ini untuk prototipe Apple-1 adalah $ 229.755 atau sekitar Rp 3,4 miliar pada Jumat (22/7) sore. Penawaran lelang akan berlangsung hingga 18 Agustus mendatang, yang berarti kemungkinan harga penawaran terakhir akan jauh lebih tinggi pada saat lelang ditutup.

BACA JUGA:

Dalam keterangan yang dirilis balai lelang disebutkan bahwa perangkat yang dirancang Jobs itu “disolder dengan tangan” langsung oleh pendiri Apple lainnya, Steve Wozniak pada tahun 1976.

Perangkat yang disolder langsung dari tangan Wozniak itulah yang dipakai oleh Jobs untuk mempresentasi Apple-1 di hadapan calon klien pertama mereka. Bersama Wozniak, Jobs mendemonstrasikannya kepada pemilik toko komputer lokal bernama Paul Terrell. Dari situlah kejayaan Apple dimulai.

“Beberapa artefak Apple sangat langka dan punya sejarah tinggi, seperti prototipe Apple-1 ini. Perangkat yang dirancang di garasi mobil Jobs dan dikenal sebagai cerita ikonik ‘Apple Garage’, menjadi awal kiprah dua pahlawan tidak terduga mendirikan kerajaannya,” tulis RR Auction dalam deskripsinya tentang Apple-1.

“Selain itu, ini adalah perwujudan sempurna dari simbiosis antara Steve Jobs, Steve Wozniak dan Silicon Valley, sebagai pengusaha brilian, kejeniusan teknologi, dan infrastruktur tempat mereka berkembang,” tulis deskripsi itu menambahkan.

prototipe komputer Apple-1

 

 

RR Auction mencatat bahwa item tersebut diautentikasi oleh pakar komputer Apple-1, Corey Cohen. Papan sirkuit komputer pertama Appl itu cocok dengan foto yang diambil oleh Terrell dan kemudian dicetak di Majalah Time pada tahun 2012 silam.

Namun tidak dijelaskan secara spesifik apakah prototipe komputer pertama Apple itu masih berfungsi atau tidak. Namun banyak yang meragukan komputer jadul itu masih hidup, alias sudah tidak berfungsi lagi.

Perkiraan itu muncul karena terlihat ada sedikit kerusakan akibat tekanan yang mengakibatkan retakan yang cukup lebar di bagian catu daya, di atas D12 hingga ke bagian bawah di sebelah kanan A15.

Meski sudah tidak lagi berfungsi, namun nilai sejarah komputer langka itu masih sangat tinggi. RR Auction memperkirakan harga penawaran terakhir akan menembus angka USD 500.000 atau setara Rp 7, 5 miliar.

BACA JUGA:

Kilas balik sedikit tentang sejarah Apple. Pada tahun 1970-an, duet maut Steve Jobs dan Steve Wozniak merintis sebuah perusahaan dengan menjual PC komputer. Dari situlah, Apple kemudian menjelma menjadi perusahaan teknologi global inovatif dan paling bernilai hingga sekarang.

Perusahaan yang didirikan Jobs dan Wozniak ini sekarang memiliki kapitalisasi pasar hampir USD 2,5 triliun, dan menempati peringkat satu di antara perusahaan paling berharga di dunia. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0