Sejarah Prototipe Apple-1 Milik Steve Jobs Dipertanyakan

Telset.id, Jakarta – Prototipe Apple-1 milik Steve Jobs akan dilelang. Namun, muncul keraguan soal sejarah prototipe komputer itu. Sebagian orang meragukan keaslian dari PC komputer jadul itu. Kenapa?

Prototipe Apple-1 masih dalam proses lelang di RR Auction. Di tengah lelang, klaim dewan mengenai karya Steve Wozniak tersebut mungkin tidak sepenuhnya benar.

Prototipe asli komputer bersejarah itu merupakan sebuah spesimen yang diperkirakan punya nilai mencapai USD 500 ribu atau sekitar Rp7,4 miliar saat lelang usai.

Namun, seperti Telset kutip dari Apple Insider, laporan yang memeriksa riwayat dewan menunjukkan bahwa tidak semua klaim mungkin benar.

BACA JUGA:

Daftar lelang mengklaim, perangkat tersebut diserahkan kepada pemilik anonim saat ini pada awal 1990-an. Namun, komponennya hilang dan terlihat retak-retak.

Klaim menyatakan, perangkat digunakan untuk mendemonstrasikan komputer kepada Paul Terrell, pemilik The Byte Shop, yang setuju membeli sebanyak 50 unit.

Perangkat diklaim pula disolder tangan oleh Wozniak. Akan tetapi, sebuah laporan oleh Mercury News mempertanyakan apakah sejarah versi dewan memang valid.

Berdasarkan beberapa saksi kunci, laporan itu menimbulkan banyak keraguan. Perangkat tersebut bukan disolder tangan oleh Wozniak setelah melihat foto-fotonya.

Wozniak tidak bisa memastikannya. Sebab, foto-foto itu  tidak memberi petunjuk nyata dan menampilkan bagian standar yang digunakan dalam konstruksi papan.

Paul Terrell, pemilik Byte Shop, mengingat pertemuan dengan Wozniak di Homebrew Computer Club pada 1976 ketika perangkat tersebut didemonstrasikan kepadanya.

Namun, ia yakin bahwa papan yang dilelang adalah model produksi dari “pengiriman pertama” sebanyak 50 komputer. Artinya, perangkat itu bukanlah prototipe.

Kurator Apple-1 Registry Achim Baque setuju pihak yang mengklaim bukan dewan pertemuan Homebrew, Baque menganggapnya sebagai prototipe buatan pabrik.

Menurut Corey Cohen, anggota dewan dari Federasi Komputer Vintage, papan itu disolder oleh Woz. Bentuknya unik, mengungkap teknik khusus yang digunakan oleh Woz.

BACA JUGA:

RR Auction sepakat dengan Cohen. Dewan tetap bersikeras bahwa perangkat tersebut asli dengan nilai sejarah tinggi. Lelang akan berlangsung hingga 18 Agustus 2022.

Lelang berlangsung secara daring dengan estimasi nilai untuk perangkat tersebut senilai Rp7,4 miliar. Sampai saat ini, polemik soal sejarah Apple-1 yang dilelang belum tuntas. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0