Mengenal Marie Thomas yang Tampil di Google Doodle

Telset.id, Jakarta – Google Doodle menampilkan sosok perempuan yang sedang menggendong bayi. Sosok perempuan tersebut bernama Marie Thomas yang menjadi dokter perempuan pertama di Indonesia.

Google memperingati hari ulang tahun Marie Thomas dengan menghadirkan sosoknya di dalam Google Doodle edisi 17 Februari 2021.

Berdasarkan pantauan Tim Telset dari Google pada Rabu (17/02/2021) Marie Thomas digambarkan sedang mengenakan jas putih serta stetoskop dan sedang menggendong bayi.

{Baca juga: Google Doodle Turut Ramaikan Hari Valentine 2021}

Kemudian jika Anda klik gambar perempuan tersebut Anda akan diarahkan kepada informasi mengenai Dokter Marie. Lantas siapa itu Marie Thomas yang tampil di Google Doodle hari ini?

 

Profil Marie Thomas 

Marie Thomas
Marie Thomas, dokter perempuan pertama di Indonesia (Foto: Istimewa)

Marie Thomas adalah perempuan yang lahir di Likupang, Minahasa Utara pada 17 Februari 1896. Marie Thomas adalah anak dari pasangan Adrian Thomas yang merupakan tentara dan Nicolina Maramis.

Sebagai anak seorang prajurit Marie dan adiknya sering berpindah-pindah sekolah. Misalnya Marie menyelesaikan pendidikannya di Europeesche Lagere School (ELS), sebuah sekolah khusus anak yang beragama Kristen di Manado. Marie Thomas lulus tahun 1911.

Usai lulus Marie berencana ingin melanjutkan pendidikan kedokteran School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) namun mengalami kesulitan.

{Baca juga: Noken Papua Tampil di Google Doodle Sebagai Warisan Budaya Dunia}

Ketika itu perempuan masih dipersulit dengan beberapa hal seperti membayar biaya pendaftaran dan menanggung biaya hidup mereka sendiri, berbeda dengan kaum laki-laki yang sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah.

Beruntung pada tahun 1912 beberapa perempuan Belanda di Batavia mendirikan sebuah yayasan yang bertujuan untuk memberikan bantuan pendidikan bagi perempuan bumiputera yang ingin melanjutkan sekolah di bidang kedokteran.

Dengan nama Studiefonds voor Opleiding van Vrouwelijke Inlandsche Artsen (SOVIA), yayasan ini didirikan oleh oleh Charlotte Jacobs bersama Marie Kooij van Zeggelen dan Elisabeth van Deventer Maas.

Mereka menyediakan beasiswa bukan hanya bagi dokter perempuan, namun juga kepada para siswa sekolah keperawatan. Marie Thomas yang ingin menjadi dokter pun akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa dari SOVIA di tahun yang sama.

Waktu itu, Marie adalah satu-satunya siswa perempuan diantara 180 siswa laki-laki dalam sekolah kedokteran tersebut. Dua tahun kemudian, seorang perempuan bernama Anna Warouw datang ke STOVIA sebagai siswa pendidikan dokter.

Marie menyelesaikan pendidikannya di tahun 1922 dan langsung bekerja sebagai dokter di rumah sakit terbesar di Batavia kala itu, Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ) atau sekarang RS Cipto Mangunkusumo.

Marie adalah dokter perempuan pertama di Indonesia dan merupakan dokter berbakat khususnya dalam bidang ginekologi dan kebidanan. Selain itu, Marie merupakan salah satu dokter yang pertama kali terlibat dalam kebijakan mengontrol kelahiran bayi lewat metode kontrasepsi Intrauterine Device (IUD).

Dilansir dari laman resmi Museum Kebangkitan Nasional pada Rabu (17/02/2021) Marie Thomas juga merupakan tokoh yang ikut mendirikan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang berdiri pada tanggal 24 Juni 1951.

Dokter Marie sendiri telah meninggal di Bukti Tinggi, Sumatra Barat 10 Oktober 1966. Semasa hidup menikah dengan Mohammad Yusuf dan dikarunia 2 anak yakni Sonya dan Eri.

{Baca juga: Google Doodle Rayakan Ultah Seniman Pak Tino Sidin}

Dengan kontribusinya yang besar bagi dunia kedokteran maka tidak heran mengapa Doodle akhirnya menampilkan Marie Thomas hari ini. Selamat ulang tahun Dokter Marie Thomas.

Link: (https://muskitnas.net/2020/06/24/marie-thomas-tokoh-bidan-indonesia-lulusan-stovia/)

(https://www.smpn12jogja.sch.id/2000/07/11/marie-thomas-tokoh-bidan-indonesia-lulusan-stovia/)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -