Cara Mudah Menggunakan VPN di Android, iOS, dan PC Windows

Telset.id – Cara menggunakan VPN di smartphone dan PC wajib Anda ketahui. Apalagi, ketika Anda ingin mengakses situs maupun aplikasi internet dengan aman tanpa khawatir privasi terganggu.

Virtual Private Network atau VPN merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk mempermudah Anda dalam mengakses situs di internet. Aplikasi ini bisa digunakan melalui smartphone ataupun perangkat desktop.

Aplikasi VPN selama ini selalu dikaitkan dengan perilaku negatif, seperti pornografi atau situs terlarang lainnya. Padahal, aplikasi ini bisa digunakan untuk kegiatan yang lebih positif.

VPN dapat dimanfaatkan untuk mengamankan informasi pribadi serta mengakses informasi yang lebih banyak dari beragam situs internet di dunia.

Apa itu VPN dan Fungsinya 

aplikasi vpn terbaik android

VPN adalah layanan jaringan internet yang mampu mengubah jalur koneksi melalui server IP atau dikenal dengan sebutan “server VPN”. Itulah yang membuat penggunanya dapat mengakses situs secara aman.

Server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi ke situs yang ingin diakses. Alhasil, koneksi tersebut akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu.

{Baca juga: 5 Aplikasi VPN Biar Bisa Download Torrent via The Pirate Bay}

VPN memiliki berbagai fungsi. VPN mampu melindungi pertukaran data yang Anda lakukan dari WiFi atau jaringan publik. Melalui VPN, data bisa lebih aman karena dilindungi oleh server VPN.

VPN juga dapat meningkatkan kecepatan download. Sebab, And sebagai pengguna seperti menggunakan jaringan pribadi dan langsung terkoneksi dengan arus data internet. Kecepatan internet pun semakin tinggi sehingga download jadi lebih cepat.

Terakhir, VPN tentu saja memungkinkan Anda dapat mengakses situs-situs yang diblokir oleh pemerintah. Ketiga fungsi utama dari VPN itulah yang membaut aplikasi semacam ini diminati pengguna internet.

Cara Menggunakan VPN 

Buat Anda yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi VPN di smartphone ataupun PC dan laptop, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya.

Kami akan memberikan panduan mulai dari proses download, aktivasi, sampai mengaktifkan fitur VPN itu sendiri. Yuk simak!

1. Cara Menggunakan VPN untuk Smartphone 

Layanan ini bisa digunakan dengan mudah di smartphone Android atau iOS. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi VPN seperti Turbo VPN di Google Play Store ataupun App Store. Ada juga aplikasi lainnya, seperti 1.1.1.1 ataupun Nord VPN.

Cara Menggunakan VPN Smartphone Android iOS PC Windows

  • Pilih tombol berbentuk wortel di bagian tengah aplikasi untuk mengaktifkan fitur VPN di aplikas. Tunggu beberapa saat sampai proses aktivasi selesai.

Cara Menggunakan VPN

  • Selamat! Aplikasi VPN telah aktif di ponsel Anda. Nantinya akan ada informasi mengenai lokasi server yang Anda gunakan, nomor server IP, dan durasi pemakaian aplikasi VPN.

Cara Menggunakan VPN Smartphone Android iOS PC Windows

  • Untuk menghentikan VPN, silakan klik tanda bulat di bagian kanan bawah aplikasi. Tekan tombol Putuskan Koneksi dan VPN berhenti beroperasi.

Cara Menggunakan VPN

 

{Baca juga: 10 Aplikasi VPN yang Berbahaya di Android}

2. Cara Menggunakan VPN di PC dan Laptop 

VPN juga bisa Anda gunakan ketika mengakses internet atau main game online di PC maupun laptop. Berikut cara menggunakan aplikasi VPN di PC ataupun laptop.

  • Buka web browser dan cari aplikasi VPN di Google Search. Kemudian, pilih aplikasi yang tersedia, seperti Windscribe.

Cara Menggunakan VPN Smartphone Android iOS PC Windows

  • Buka situs dan pilih Windows untuk mengunduh Windscribe di laptop atau PC berbasis Windows 8 dan 10.

Cara Menggunakan VPN PC Laptop

  • Klik Express Install (Recommended) dan Next untuk mengunduh aplikasi Windscribe.

Cara Menggunakan VPN Smartphone Android iOS PC Windows

  • Selesai mengunduh, silakan klik Next dan No agar Anda bisa melakukan registrasi akun Windscribe.

Cara Menggunakan VPN PC Laptop

  •  Tulis nama akun, password, dan alamat email yang masih aktif. Setelah itu klik Create Account.

Cara Menggunakan VPN Smartphone Android iOS PC Windows

{Baca Juga: 10 Aplikasi VPN di Android Terbaik, Gratis dan Bebas Blokir}

  • Cek email Anda untuk konfirmasi dan kembali ke halaman awal untuk melakukan login dengan mengetikkan nama akun beserta password.

Cara Menggunakan VPN PC Laptop

  • Pilih negara untuk lokasi server dan klik tombol On di sebelah kanan. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai akhirnya VPN berhasil aktif.

Cara Menggunakan VPN Smartphone Android iOS PC Windows

Bagaimana, mudah kan? Demikian informasi seputar cara menggunakan aplikasi VPN di smartphone, PC, dan laptop. Selamat mencoba, sob! (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -