KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam, Masyarakat Indonesia Berduka

Telset.id, Jakarta – Kapal selam KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Masyarakat Indonesia pun berduka dan menggaungkan semboyan Wira Ananta Rudira sampai menjadi trending di media sosial Twitter.

Menurut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KRI Nanggala 402 dinyatakan subsunk atau tenggelam pada Sabtu (24/4/2021). Alasannya, karena TNI Angkatan Laut telah menemukan berbagai bukti otentik terkait tenggelamnya kapal selam tersebut.

“Unsur-unsur TNI Angkatan Laut telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala,” jelasnya saat konferensi pers pada Sabtu (24/4/2021), kemarin.

{Baca juga: Masih Hilang Kontak, Warganet Doakan Seluruh Kru KRI Nanggala 402}

Secara spesifik, TNI AL telah menemukan barang-barang seperti alat salat, busa penahan panas, komponen pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, oli untuk melumasi periskop, dan solar.

KRI Nanggala 402 Tenggelam, Wira Ananta Rudira Trending 

Tak pelak, kabar KRI Nanggala 402 yang dinyatakan subsunk atau tenggelam membuat jagat media sosial ramai. Warganet berduka dan mengucapkan semboyan Wira Ananta Rudira di akun Twitter mereka.

Berdasarkan pantuan dari Trends24 pada Minggu (25/4/2021), samboyan tersebut mengisi posisi keenam trending topic Twitter.

KRI Nanggala 402
Wira Ananta Rudira Trending Topic

Sekadar informasi, Wira Ananta Rudira adalah semboyan resmi Satuan Kapal Selam Komandi Armada II. Semboyan ini berasal dari bahasa Sansakerta dan memiliki 3 kata yakni Wira, Ananta, dan Rudira.

Wira sendiri memiliki arti pahlawan atau berani, Ananta artinya tanpa batas, dan Rudira artinya darah. Sedangkan Komandan Sekolah Kapal Selam pertama yaitu Laksma TNI (Purn) RP Poernomo, memiliki makna yang berbeda mengenai Wira Ananta Rudira.

Menurutnya, semboyan tersebut memiliki arti “Tabah Sampai Akhir”. Kedua makna tersebut sama-sama memiliki makna keberanian dan keabadian, sehingga warganet ramai menggaungkan semboyan itu sebagai ucapan belasungkawa.

{Baca juga: Malang Diguncang Gempa Susulan, Warganet Serukan #PrayforMalang}

Salah satu warganet yang mengucapkan semboyan tersebut adalah @dhanypratama. Dirinya meminta kepada warganet lain untuk berdoa untuk 53 prajurit yang berada di KRI Nanggala 402 yang tenggelam.

“Wira Ananta Rudira.. Mari panjatkan doa terbaik untuk 53 prajurit terbaik kita, tenang dan abadi selamanya di samudra, tabah sampai akhir! #prayforkrinanggala402,” ujar @dhanypratama. 

Ada juga akun @hafizhradityo yang mengucapkan terima kasih kepada KRI Nanggala 402 yang telah mengabdi untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Terimakasih atas pengabdian mu #KRINanggala402. Selamat berpatroli untuk selamanya. Wira Ananta Rudira,” cuit @hafizhradityo.

Terakhir, akun @MoelyonovDjalil yang berdoa semoga Allah SWT mengampuni dosa 53 prajurit yang berada di kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam. Dirinya juga berharap agar mereka dapat beristirahat dengan tenang.

{Baca juga: Banjir Bandang Terjang NTT, Warganet Gaungkan #PrayforNTT}

“Innalillahi wainnailaihi rajiun. Rest ini peace. Tabah sampai akhir. Ketabahanmu terbukti, kini lautan memelukmu erat #KRINanggala402 . Semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa mengampuni segala dosa dan menerima amal kebaikan 53 prajurit terbaik di lambungmu,” tulis @MoelyonovDjalil.

Masih banyak ucapan doa dari warganet atas tenggelamnya kapal selam berjuluk “Monser Bawah Laut” tersebut. Doa yang sedalam-dalamnya dari kami untuk seluruh kru kapal selam KRI Nanggala 402. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -