Desain Android 12 Bocor, Bar Notifikasi Lebih Segar

Telset.id – Android 12 memang belum diumumkan secara resmi oleh Google. Namun, beberapa bocoran terkait fitur dan perubahan yang akan dihadirkan pada Android 12 sudah muncul ke permukaan.

Sama seperti hampir semua versi Android, tentunya ada beberapa perubahan pada bar notifikasi. Meski demikian, perubahan itu hanya berupa perbaikan kecil atau sekadar penyesuaian tata letak saja.

Dilaporkan Android Police, Google baru-baru ini membuat perubahan pada Android 12 developer preview. Perubahan itu berupa tombol tunda notifikasi atau notification snoozing yang lebih mudah diakses pengguna.

Selain itu, Google juga menyesuaikan tata letak notifikasi bertumpuk dari satu aplikasi. Lokasi jumlah notifikasi tersebut kini ditempatkan pada ruang yang lebih baik dan lebih enak dilihat.

Dilansir Telset pada Minggu (25/4/2021), jumlah notifikasi dari satu aplikasi telah dipindahkan letaknya ke bagian sudut kanan atas yang juga digabungkan dengan tombol dropdown dengan latar belakang yang berwarna.

Warna cerah pada tombol dropdown maupun pada logo di notifikasi tampaknya juga telah dipilih oleh sistem untuk menyesuaikan dengan ikon aplikasi (dalam hal ini Gmail).

{Baca juga: Cara Transfer Data ke HP Baru, Bisa untuk Android dan iPhone}

Perubahan ini memang tampak cukup kecil, tapi Google mungkin bermaksud ingin meningkatkan visibilitas dari sistem operasi terbarunya.

Selain itu, perubahan tersebut juga menghemat ruang untuk pratinjau notifikasi. Tetapi seperti yang biasanya terjadi pada developer preview, semuanya mungkin dapat berubah.

Jadi, bocoran desain dan fitur Android 12 ini mungkin juga akan berbeda dengan rilis resminya yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

Fitur Android 12 Lainnya

Sebelumnya, developer preview Android 12 menampilkan sejumlah fitur baru yang ditemukan pada Android Open Source Project (AOSP). Salah satu fitur yang tampil adalah hibernasi aplikasi.

{Baca juga: Fitur Android 12 Terungkap di AOSP, Ada “Sistem Hibernasi”}

Fitur ini akan memasukkan aplikasi yang tidak terpakai untuk membantu mengosongkan penyimpanan. Fitur tersebut juga akan memberi tahu pengguna tentang hibernasi jika terjadi secara otomatis.

Akan tetapi, tidak jelas apakah pengoptimalan tersebut menyertakan kompresi paket aplikasi atau sumber daya aplikasi lain untuk mengosongkan memori penyimpanan yang sudah hampir penuh di smartphone milik pengguna. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0