iPhone 12 Tanpa Charger dan Earphone, Netizen Protes

Charger iPhone 12

Telset.id, Jakarta – iPhone 12 diprotes netizen. Di Twitter, banyak netizen protes karena ketika membeli iPhone 12, Apple tidak menyediakan perangkat pendukung seperti adaptor charger dan earphone.

Berdasarkan pantauan Tim Telset.id dari Twitter pada Rabu (14/10/2020) banyak netizen yang memprotes absennya charger dan earphone pada iPhone 12. Misalnya akun @seterahdeh yang protes mengapa tidak ada charger sebagai perangkat pendukungnya.

“gak dapet charger berarti ngecasnya pake casan kodok kali ya,” cuitnya.

Lalu ada juga akun @muhiqballamin yang menyarankan kepada calon pembeli untuk membeli adaptor charger dan earphone terlebih dahulu.

{Baca juga: 7 Meme Kocak iPhone 12, Bingung Cari Charger Pengen Jual Ginjal}

“Fix beli adaptornya aja dulu hpnya belakangan ya itu juga klo kesampaian :),” cuit @muhiqballamin.

Cuitan protes dan sedikit bercanda juga dilontarkan oleh youtuber Alitt Susanto lewat akun @shitlicious. Menurutnya membeli iPhone 12 seperti membeli ponsel batangan karena hanya diberikan ponsel dan kabel saja.

“Di paket penjualannya cuma berisi Hape & Kabel doang. Tanpa charger. Berasa beli hape batangan,” cuit Alitt.

Terakhir ada juga akun @jihyouwuuu yang memprediksi kalau beberapa tahun yang akan datang, iPhone 14 mungkin saja hanya dijual tanpa ada dus kemasan.

“Beli iPhone 12 ga dapet charger sama earphone, ntar beli iPhone 14 ga dapet dus nya cuma HP doang,” cuitnya.

Perlu diketahui bahwa Apple telah memberikan keterangan mengenai alasan mengapa tidak ada charger adaptor dan earphone di iPhone 12.

Tidak adanya dua perangkat tersebut adalah upaya perusahaan untuk membantu mengurangi emisi karbon sebagai bagian dari inisiatif perusahaan ramah lingkungan.

Penjelasan ini disampaikan langsung oleh Lisa Jackson, Apple Vice President of Environment, Policy and Social Initiatives saat peluncuran iPhone 12 yang disiarkan secara online dari Apple Park.

“Seperti yang kami lakukan dengan Apple Watch, kami mencari cara untuk mengurangi limbah dan menggunakan lebih sedikit bahan,” kata Jackson.

“Pelanggan sudah memiliki lebih dari 700 juta headphone Lightning, dan banyak pelanggan telah beralih ke pengalaman nirkabel dengan AirPods, Beats, atau headphone nirkabel lainnya. Dan juga ada lebih dari 2 miliar adaptor daya Apple di dunia, dan itu belum termasuk miliaran adaptor pihak ketiga. Jadi kami menghapus item ini dari kotak iPhone,” jelas Jackson.

{Baca juga: Ternyata Ini Alasan Apple Jual iPhone 12 Tanpa Charger}

Selain bahan mentah, kebijakan tersebut juga mengurangi ukuran kemasan iPhone, yang mengurangi emisi karbon dari rantai logistik Apple.

Berdasarkan laman Apple Store, saat ini mereka menjual EarPods dengan konektor Lightning dengan harga USD 19 atau setara Rp 280 ribuan, sebelumnya dijual dengan harga USD 29. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here