Google Doodle Tampilan Mangkuk Ayam Jago, Ini Sejarahnya

Telset.id, Jakarta – Google Doodle menampilkan ikon yang menarik hari ini, yaitu mangkuk ayam jago atau ayam jantan. Mangkuk yang sudah banyak dikenal dan dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Seperti biasa, Google Doodle menampilkan ikon yang unik kepada pengguna. Kali ini pada Senin (12/9/2022), Doodle memperlihatkan ikon berupa mangkuk ayam jago yang selama ini dikenal sebagai mangkuk penjual mie ayam, bakso atau bubur ayam.

Sesuai namanya mangkuk ayam jago adalah mangkuk berwarna putih, dan di bagian tengah terdapat desain ayam jago. Lalu di bawahnya warnanya hijau muda dan sedikit hitam. Kemudian di bagian kanan dan kiri mangkuk ada bunga  peony dan daun pisang.

Mangkuk Ayam Jago

Sementara itu, dikutip Telset dari laman resmi Google Doodle apda Senin (12/9/2022) ternyata Google tidak sembarangan menampilkan mangkuk tersebut. Ternyata tepat tanggal 12 September 2013, pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ini sebagai produk asli dari Provinsi Lampang, Thailand.

BACA JUGA:

“Ini berarti hukum perdagangan internasional menegaskan kualitas dan reputasi mangkuk ayam jantan yang dibuat di wilayah tersebut,” tulis Google.

Sebenarnya dalam sejarah, mangkuk ayam jantan awalnya diimpor dari China ke Thailand. Adapun makna ayam jantan melambangkan kerja keras. Sedangkan daun pisang dan binga peony berwarna merah mewakili keberuntungan.

Namun, pada tahun 1957 pengusaha Thailand membuka banyak pabrik peralatan dapur dengan motif ayam jago di provinsi Lampang Thailand. Alasannya karena Lampang penuh dengan mineral tanah liat, sehingga cocok untuk pembuatan keramik.

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan secara massal dengan desain ayam jantan, mangkuk itu menjadi salah satu produk terlaris di kawasan ini. Bahkan lampang sampai di ekspor ke beberapa negara termasuk Indonesia.

“Mangkuk membawa stabilitas keuangan dan kebebasan bagi penduduk setempat Lampang,” sambung Google.

BACA JUGA:

Hingga kini mangkuk masih diproduksi oleh para pengusaha di Lampang. Hanya saja,  sedikit pabrik yang mampu merancang mangkuk ayam jantan sesuai dengan gaya dan bahan tradisional. Maksudnya membuat mangkuk ayam jantan, yang dilukis menggunakan tangan. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0